mmgk-01

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4

Telah Terbit on 16/03/2011 at 18:42  Comments (160)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/mmgk-01/trackback/

RSS feed for comments on this post.

160 KomentarTinggalkan komentar

  1. gandhok anyar dikomentari dewe siik…hiks.

    Selamat pagi Ki Sanak semua,

    Mudah-mudah bisa menjadi pelipur lara dengan berakhirnya hlhlp-118 yang tidak happy ending.

    Namun berharap kesabaran Ki Sanak semua, memberi waktu istirahat Ki Arema, P. Satpam, dan saya sendiri sedang mempersiapkan gawean cangkulan, wp-op, wp badan.

    Mudah-mudah tidak mengecewakan sanak kadang semua.

    nuwun

    • Selamat Pagi Ki Panembahan…kulo nomer setunggal njihh..

      • Nomer loro !!….Selamat pagi Ki Panembahan….

        • He..he..he..ngapunten Ki Is, kulo mlebu metu senthong mboten kulonuwun..sakniki dikancingi neng senthong….Kulonuwun Ki Is..kulo absent !..hikss

          • Hikss…kulo njih nderek kulonuwun Ki Is….absent !

          • hadu,loro2ne mlebu
            sentong anyar…!!!

            slamat ki Menggung
            anda berDUA pemain utamaE…

          • ABsent ki,

          • Siap !

          • k
            r
            a
            a
            a
            k

          • Dusel Mriki,

          • B
            u
            u
            k
            ..

    • Nuwun
      Sugêng énjang

      Wooo, Ki Is ternyata disibukkan gawean akhir Maret 2011.

      Berapa SPT Tahunan PPh OP Badan & PPh Ps 21 yang masuk Ki.
      Sudah berapa Ki PPh Pasal 29 Tahun 2010 ?
      Mudah-mudahan tercapai rencananya Ki.

      Selamat nglumpukké artå kanggo Nêgårå.
      Suatu tugas yang tidak ringan, sering dicemooh orang, bahkan dibenci (disayang calon mertua dan mertua)…hiks.., orang-orang juga ada yang sinis, menduga macam-macam, meskipun ada tapi tidak semua abdi negara di lingkungan itu berbuat nista.

      Ingat 80% lebih kocek republik ini bersumber dari nglumpukké artå ini.

      Selamat berjuang Ki.

      Ketika di zamannya Prabu Airlangga (jika saya baca dari kesibukan gawean Ki Ismoyo, tentang WP OP WP Badan), maka Ki Ismoyo ini adalah seorang mangilala drwya haji (Pejabat Negara Pengelola Kekayaan Kerajaan), lebih khusus lagi pejabat yang mengelola upeti-upeti (sekarang: pajak) dari masyarakat, di KPP mana Ki? (Pratama? / Madya?).

      Nuwun

      punåkawan

  2. test-test,

    nyuwun pirso ki Panembahan…tiap selesai
    kirim koment, cantrik kok terpental ning
    gandok “RASANYA kok lama…”

    apa cantrik keno AJI2 selimut kabut-kabur
    “AJIANe ki Menggung KartojUDO”

    • Itu ajian Rasa Sayang !

      kontal kantil kontal !

      • Benul !…eh..betul !!

        tinimbang ajian gundal gandul gundul….xixixi

        • satu LAGI ki Panembahan,

          sentong gres “Manggala Majapahit Gajah Kencana”
          mampret-maCET, arep koment gak bisa ki…??

          buku TAMU ning ngarep lawang diGEMBOL sama
          ki Menggung mlebu Gandok…..!!

          he3x, mbelink puoool

          • lha mesti ae ki Gundul
            kalah…cobo mau pake
            ajian ini.

            “dhulat-dhulit petes”
            pasti imBANG.

          • He..he..heee..!

          • Hi..hi..hiii..!

  3. selamat siang ki Panembahan, ki Menggung KartojUDO
    ki Atrakdj, ki Guntur…kadang GSeta sedoyoooooooo

    cantrik SABAR kok ki, sabar menunggu ki Panembahan
    WEDAR rontal…!!!

    • Selamet siang Ki Menggung YP…

      • Selamet siang Ki Menggung GD…

  4. Sudah dibuka gandhok baru, terlihat cantrik kembar..

    • Leres Ki…Ki Menggung YP…

      • Leres Ki…Ki Menggung GD…

        • Hiks..
          punapa bedanipun Ki Atrak kaliyan Ki Karto lan Ki Gundul kalawan Ki Tumenggung…he he he

          • Bedo rasukane Ki…sami jaler-e….

          • Njihh Ki..leres, bedo rasukane .…sami jaler-e….

          • leres rasukane ki..sami bedo

          • sami
            bedo

            bedo
            sami

            hiks
            dola
            nan..

            aahh
            koyo
            mbi-
            yen..

          • t
            a
            k

            t
            a
            m
            b
            a
            h
            i

            m
            e
            n
            e
            h

          • c
            i
            l
            i
            k
            k
            e
            c
            e
            p
            i
            t

          • Weh..Ki Pandan…piyambakan Ki….?

          • weh..
            ki PA

            weh..
            ki PA

            weh..
            ki PA

          • a
            s
            i
            k

            i
            s
            o

            c
            i
            l
            i
            k

            c
            i
            l
            i
            k
            a
            n

          • c
            i
            l
            i
            k

            k
            e
            c
            e
            p
            i
            t

  5. Selamat siang ki Is,
    hadir ngancani ki Menggung berdua dempet loro.

    • He..?…dempet koq dikancani..isin ah !

      • Njih Ki…lingsem rak an…

        • ha ha ha, ampun isin ki kathah rencange.

          • ki Wiek sakwise ngirim
            koment, opo yo menTAL
            ning gandok sebelah…

          • Njih..jelas mental tho Ki…wong nganti pirso ono sing dempet..xixixi

          • He..?..malah kathah rencange.?..blaik !

      • He..?…lagi dempet koq ditiliki..isin ah!

        • sami ki, mental ke “rsanya kok lama”
          biasanya ke menggung seneng yg lama???
          apa skrg beda, hiiiks.

          • kulo taksih seneng suwe
            ki…cuma patnerE sambat

            hadu, suweNE…xixixi

          • xixixixixi..!!

          • kwek..kwek..kwek
            susah hidup susah matinya
            ato
            gampang hidup susah matinya???

          • Asal jangan susah hidup gampang matinya…..xixixi

          • susah hidup gampang mati : lilin ndok jero akuarium

          • baru
            mau hidup

            halah
            lemes
            lagii

          • Ha..ha..haaaa….!

  6. Hadir menanti rontal…

    • isih nunggu pak MODIN ki…kaliyan
      tumpeng nasi kuning keng PBaru.

  7. Mentrik2e durung reti dalan mrene….

    • Lha mbok njih dituntun dalan bayine..eh..dalan mrene-ne tho Ki….ben ruamee…

      • he-eh….disrundul mrene ki,

        • he-eh….disruntul mrene ki,

          • Gawe petunjuk jalan ae Ki,men ra do kesasar keokeokeo…

          • hadu, papane digawe
            ki Menggung KartoJD
            memehan ki…hehehe

  8. Halah kegeret mrene iki. Kulo absen rumiyin nggih ki.

  9. Ki Arema…
    Doa kami selalu menyertaimu…
    Semoga Ki Arema senantiasa diberi kemudahan oleh Allah untuk menggapai cita-cita…..
    Wafaqakumullah………………………………………

    http://pelangisingosari.wordpress.com/sugeng-tanggap-warsa-ki-arema/

    • Amin ya robbal alamin..

  10. Akhirnya saya putuskan untuk tidak membaca buku Pdls, dan saya hentikan sejak jilid yang ke 116.
    Saya lebih suka memiliki asa untuk membaca MMGK saja, dan nanti kalo emosi ini sudah terkontrol baru menyelesaikan bacaan Pedeeles 116-118.
    Kapan itu? Tanyalah rumput yang bergoyang.

    • Akhirnya saya putuskan untuk tidak membaca buku Pdls, dan saya hentikan sejak jilid yang ke 45.
      Saya lebih suka memiliki asa untuk membaca MMGK saja, dan nanti kalo emosi ini sudah terkontrol baru menyelesaikan bacaan Pedeeles 45-118.
      Kapan itu? Tanyalah rumput tetangga yang suka bergoyang.

    • Nopo dereng wonten tondo2 rumput jagung yg bergoyang Ki Pdls?

      • kedah mangintip teng kebonne tonggo ki…

        • Lah saiki ngintipe ganti nang kebon tho keokeokeo…

          • Paling yang sudah, bumi yang bergoyang…

  11. Lha panjenengan rak caket kalih kebon Padhepokan Gajahseto to?
    Ini bukan ogrokan lho! Mosok sama Ki Panembahan ngogrok, nanti kesiku, …. he he he.

  12. Hore ,,,, hore ,,,, hore …
    saya terlambat lagi

    bbrr……..rr…..
    adem…., baru mencungul dari dasar kolam Ranu Sengkaling.

    hadu….
    Ki Kartojudo, Ki Atrakdj, Ku Yudha Pramana, Ki Gundul corat-coret paraf dimana-mana. Kok mboten dipun ajak Ki Pandu lan Ki Cantrik Yudha, kersane tambah rame.
    he he …, mblayu….

    Ngapunten Ki Is, kulo mboten nderek rondha
    badhe nyilem malih.

    blep… blep… blep…

    • siap “nDAN”….malem ini eyang Gembleh
      kebagian njogo RONTAL karawitan…hiks

      kleru nulis,

      • siap “pak nDAN”….malem ini
        eyang Gembleh kebagian njogo
        RONTAL kawiwitan…hiks-hiks

        nulis kleru,

        • sSSSStttt, aja rame2 disik,
          taksih nengga instruksi saking
          KUMENDANE.

  13. Sampun Ngunduh, Ki Is ….
    Panah sanderan sampun dugi …

    • Ki Wid,

      Taksih ijo kok sampun diunduh??

  14. wah pakde Wid mulai mbujuk-i

  15. Ngisi buku daptar hadir di rontal kawitan.

  16. Nuwun
    Sugeng dalu

    Katur Ki Ismoyo, sugêng mangayubagyå babaran gandhok énggal Manggala Majapahit Gajah Kencana di Gagak Seta’s – 2

    Insya Allah mengiringi wedaran Ki Dalang SD Liong (di Gagakseta-2) tersebut, dongeng Surya Majapahit akan mengunjungi sanak kadang, yang untuk sementara ‘mengungul’ di “akhir” dongeng HLHLP 118, yang pada akhirnya dongeng Surya Majapahit akan digandhokkan juga di Dongeng Arkeologi & Antropologi (http://pelangisingosari.wordpress.com/dongeng-arkeologi-antropologi/).

    (Berita Terakhir — HLHLP 118 — On 15 Maret 2011 at 22:42 Arema said:
    Untuk Ki Bayu aji, secara berkala akan dibuatkan gandok untuk menampung cerita sebelum dipindah ke gandoknya sendiri.)

    Gandhok yang sudah disiapkan oleh Rakryan Mahésa Aréma yang dikelola oleh Aryå Mpu Panji Satriå Pamêdar.

    Nampaknya Rakryan Mahésa Aréma masih mencari wedaran ”kelanjutan” HLHLP 118, HLHLP 119 ????. Boleh jadi NSSI seperti yang diusulkan oleh beberapa sanak kadang.

    Tapi apa benar HLHLP 118 adalah seri terakhir PdLS? Apa memang sudah tancêp kayon ???.

    Ada kekecewaan yang sempat mencuat ke permukaan karena dongeng HLHLP yang “tancêp kayon”. Ini yang sempat saya baca beberapa komentar sanak kadang, bahkan ada yang “tega” dan “bersumpah-palapa” tidak akan membaca HLHLP jilid tertentu sebelum Nusantara……. (Lho kok seperti Gajah Mada).

    Tapi saya berpendapat kita endapkan saja dahulu ruwêt-rêntênging, lan kisruhnya hati, dan rasa kuciwa itu.

    Bagaimanapun juga Dalang Ki Begawan SH Mintardja telah memberikan sesuatu yang terbaik, salah satunya yang terpenting adalah nguri-nguri kabudayan negeri sendiri.

    Katur dumatêng Ki Mahesa Aréma dalah Ki Panji Satriå Pamêdar. Ki Ismoyo, dalah sâdåyå pangêmbating padépokan pêlangisingosari.

    Ucapan terima kasih yang tak terhingga, atas kerja keras, kesabaran, ketekunan, juga keprigêlan, bahwa Panjênêngan semua telah menyajikan rontal-rontal pusaka Sang Begawan SH Mintardja untuk sanak kadang padepokan.

    Terlebih lagi telah menyediakan gandhok khusus bagi saya untuk medar Dongeng Arkeologi & Antropologi. Matur nuwun sangêt, matur nuwun ingkang tanpå upami.

    Saya hanya berharap semoga dongeng arkeologi & antropologi yang saya wedar dapat memberikan manfaat kebaikan kepada sanak kadang.

    Doa dan harapan saya, semoga Tuhan Yang Maha Pemberi Berkah, menempatkan amal kerja Ki Mahesa Aréma, Ki Panji Satriå Pamêdar. Ki Ismoyo, dalah sâdåyå pangêmbating padépokan pêlangisingosari, yang mewujudkan, mengelola dan melestarikan padepokan tercinta ini sebagai amal kebaikan, yang ganjarannya berupa pahala kebajikan yang mbanyu mili tak terputus.

    Kepada sanak kadang di padepokan pelangisingosari, adbm, gagakseta, semoga Tuhan senantiasa memberikan keselamatan, rahmat dan berkahNya kepada pårå sanak kadang semua. Ridha Allah menyertai kita. Aamin.

    Insya Allah waosan Surya Majapahit Seri Gajah Mada (dongeng: seorang bêkêl, seorang prajurit rendahan yang kemudian menanjak naik menjadi Mahamantri Mukya Rakryan Mahapatih Amangkubhumi, dan Sumpah Tan Ayun Amuktia Palapa), Sira Gajah Mada yang berkehendak menyatukan Nusantara di dalam naungan Negara Kesatuan Kerajaan Majapahit (NKKM), akan diwedar.

    Nuwun

    cantrik bayuaji

    • ngestoaken ki,…ana tutuge, ana candhake

  17. Kula nuwun….

    • Nuwun Kula…

      • Ki Al ghors langsung mefet disini…

        • Lah piye ki, dak enteni neng Jalan Simpang, jebul Melawat ke Barat dewean

          • Tambah neh men semangkin mevet keokeokeo…

          • Sing di fefet durung kroso..

          • fefet ferus samfe kefefet

          • fefet fetean dadine

    • Siiipp….!

      • Pastinya…siip deh !..

  18. pelmisi saya antli dengan sabal dan subul

    • Silakan antli dengan teltib dan sofan, Ki Leak..

  19. Isis 1 I 0 for MU

    • 2 : 1 MU

  20. Sugeng enjing,
    Ternyata….
    mmgk-01 nanti malem ya…..
    ikit nguri-nguri tanggap warsa Ki Arema.
    monggo sedoyo,… mencungul malih nanti malem.

    • bareng njih ki, kulo nunut…!!

  21. Ada yg tau gak, bagian belakang pohon yg mana ya … ?

    • ..O..itu sama dengan istilah mbonceng Ki..

      • Betul Ki…mbonceng itu bisa didepan tapi juga bisa dibelakang..

        • contohnya..si A mbonceng si B….sebenarnya si A itu yang didepan ato yang dibelakang ?

        • …O…kalo ditengah namanya
          apa ki Menggung.

          • Ah…kalo itu sih mbo…pong !

          • jarene sing wis pengalaman, bagian belakang tuh yg berbau pesing…

            tapi kata orang2 tua, bagian yg pesing itu di depan….

            piye jal … ?

          • Wah…nek nyobo membuktikan…saged bengoren…

          • jarene maneh : passe malah ngarep-tengah …

            dadi binun aku

          • sanes
            ning
            teng-
            ah…

            kleru
            niku.

          • s
            i
            n
            g

            b
            e
            n
            u
            l

            n
            i
            n
            g

            t
            e
            n
            g
            a
            h

            t
            e
            n
            g
            a
            h

          • seTAU kulo dua2nya
            betul ki….!!????

            betol2 bikin pEsing
            kepala.

          • Sing bener…..tergantung keinginan…

          • lah pengin ngarep-mburi-ndukur-tengah-ngisor…

          • Aku juga pesing moconya
            he..he..

          • nyuwun sewu…

            ki Wiek koq sing pesing motonya

          • k
            e
            c
            i
            p
            r
            a
            t
            a
            n

            k
            i

  22. Tok … tok … tok …
    (Tekeeekk … hush …)
    Orang lagi ketuk pintu!

    Nanti malam jam berapa, nJih Ki Is?
    Kulo bade mbeto S-Krim Baskin Robin …
    (Damelan Alas Roban)

    • Lho…katanya panah as..eh..sendarennya dah sampek…koq masih nunggu jam ?

      • Ssst, duwek-e ki Rangga tekluk ki…
        ya mesti ae ra sampek-sampek,

        • ..O..pendek ta…gak po2 sing penting lemu..xixixi

        • Foreplay rumiyen … Ki … sing suwe … nganti jam-e tit!

          • ha-lah, bisa2 munCRAt
            diluARAN….xixixixixi

  23. selamat PAGI kadang GSETA,

    iseng2 baca rubrik sebuah rontal terbitan
    negri sendiri :

    REDAM stresss…..paling gampang dan mudah
    kayak apa seh ??

    • nikah ki….

      • jaman saiki gede BANDAne ki…coba
        tanya kiPandan-mbak padmi.

        • kalo gitu,

          MENJALIN HUBUNGAN….!!!

          • ehm…ehm…
            sugeng siang ki

          • hikss,…ehm…ehm

            sugeng siang ugi ki,

        • kulo dereng DONK …

          • sami ki, kulo njih
            binggung….??

            kalo dibuka DONK….
            kulo taksih rd DONK

          • he he he, ruwet njih ki???
            nyuwun palilane Panembahan mawon. wantun??

          • he3x diwedar
            DONK…!!

            mangke bengi
            kiWiek…..
            nyecanE rung
            bar, keri se
            titik.

  24. karena klik dan komen sudah banyak, maka yang empunya gandok berkenan dihati, kitab bakal diwedar sebentar lagi

    • Sssst, pak MODIN isih ngancani pak pengHULU
      belom bisa keSINI ki,…kata ki Leak “SABAL”

  25. wah padahal uba rampe kenduri wedar enggal, kalih tanggap yuswa Ki Arema , pun kit wau siap je, ajrih mangke nek selak mambet

    • katur ki Arema…

      Sugeng nanggap warso, matur suwun tumpenganipun…

  26. matur suwun sanget Ki, sampun dipun unduh

  27. matur nuwun Panembahan GSeta,

    KADO ULTAH ki SENOPATI AREMA kulo
    sruput rumiyin….!!

    ki PA, ki Bancak…mangga balapan
    MOCO rontal keng ki ISMOYO,

    sugeng dalu,

  28. Matur Nuwun Ki Panembahan,
    Rontal perdana sampun kula pendet.

  29. Matur sembah nuwun Ki Ismoyo,
    mmgk 01 sampun kulo undhuh sinaosa maosipun taksih mbenjing dinten Senin dalu. Sakmeniko badhe toto-toto rumiyin, mbenjing enjing bidhal dateng Denpasar Bali. Sugeng dalu, pareng……

  30. telima kasih telsedot demgam sukses, met ULTAH ki Alema

  31. Nuwun
    Sugêng dalu

    Matur nuwun rontal sampun katampi

    Sebagai bacaan pendamping MMGK-01 ini månggå Ki Sanak kaaturan pinarak ing:

    http://pelangisingosari.wordpress.com/seri-surya-majapahit/7/

    Waosan kaping-5:
    RADEN WIJAYA, DYAH SANGGRĀMAWIJAYĀ ŚRI MAHARAJĀ KĔRTARĀJASĀ JAYĀWARDHANĀ (1293 – 1309) (Parwa ka-3).
    Pemberontakan.
    [Peristiwa penting yang terjadi dalam masa pemerintahan Śri Maharajâ Kêrtarâjasâ Jayâwardhanâ]

    Nuwun

    cantrik bayuaji

  32. Dikutip dari Dailymail, Rabu (16/3/2011) pemotretan berubah menjadi bencana ketika Fox menaruh ular Boa itu di sekitar payudaranya. Tiba-tiba si ular menggigit payudara Fox. Melihat kejadian itu para kru pun berusaha menarik ular yang mencengkram payudara Fox dan baru setelah beberapa detik si ular itu pun bisa terlepas.
    Fox pun akhirnya dilarikan ke rumah sakit namun malangnya si ular justru mati keracunan setelah menelan silikon di dada fox. Diduga bahan kimia silikon tersebut membuat tubuh ular keracunan.

    Pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa ini :
    1. Hindari menggigit payudara
    2. Kalau terpaksa, yakinkan bebas silikon

  33. Sugeng dalu Ki Ismoyo
    Sugeng dalu sanak-kadang padepokan Gagakseta dan Pelangisingosari

    Hadu….. (pinjam istilah P. satpam)
    Baru berani buka gandok yang dibuat oleh Ki ismoyo. Sama seperti akan membaca rontal terakhir (HLHLP-118). Baca – tidak – baca – tidak…… Kalau rontalnya, akhirnya dibaca. Sedang gandok tersebut akhirnya tidak berani membaca, karena memang belum waktunya membaca. Dan memang ada pesan dari Ki Truno yang supaya membaca tanggal 17. Kebetulan pas banyak setoran yang harus dibayar, sehingga harus melekan sampai larut malam. Sebelum tidur, menyempatkan diri mambuka gandok dan membaca semua pesannya. Sayang, karena tengah malam belum berani motong tumpeng yang dikirim oleh Ki ismoyo. Hikss…..

    Terima kasih atas ucapan ulang tahun dan doa yang dikirimkan kepada kami. Amin…., semoga doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Jika doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT, semoga juga terpancar kepada sanah kadang semua.
    Terimakasih atas puisi yang meyentuh hati dari Ki ismoyo. Amin…. Khusus bagi pesan-pesan Ki Truno Podang, mudah-mudahan saya bisa memenuhi ktiteria tersebut. Rasanya memang ada yang belum, tetapi mudah-mudahan saya bisa memenuhinya.

    Ulang Tahun…..

    Apa sebenarnya maksa dari Ulang Tahun tersebut? Bagi anak-anak kecil mungkin sesuai yang menyenangkan, anaknya senang karena ada pesta dan dapat hadiah, orang tuanya senang karena anaknya sudah mulai besar dan pintar (barangkali) dan teman-temannya senang karena diundang makan-makan. Tetapi, bagi orang-orang yang sudah seusia saya, apakah harus merasa senang? Ibarat matahari, jika edarnya sudah mulai “lingsir” ke barat, pertanda sebentar lagi akan tenggelam. Jika matahari, sore tenggelam dan pagi akan muncul kembali. Lha kalau manusia, pada saat tenggelam ya sudah, menunggu “bel berbunyi” dipanggil yang Maha Pencipta pada saatnya nanti. Waktu sudah semakin mendekat. Mungkin seperti pesakitan yang menunggu palu Hakim. Hi…., ngeri rasanya…, apakah bekal yang akan kita bawa sudah cukup?

    Namun…, sombong rasanya kalau kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan berbagai macam nikmat yang sudah kita nikmati dalam setahun terakhir, dan berharap mudah-mudahan masih diberi kesempatan untuk setahun berikutnya.

    Ki sanak

    Saya dan keluarga, sekali lagi mengucapkan terimakasih atas perhatiannya, silaturahmi di dunia maya ini memang terasa indahnya. Saya kira tidak ada yang basa-basi seperti yang ada di dunia nyata. Saling memberi, saling mengingatkan, saling memberi informasi, saling bergojeg dan saling-saling yang lainnya. Semoga silaturahmi kita ini tidak terputus.

    Nuwun

    • lho….
      lha kok kliru nganggo seragame P. Satpam
      hikss, ngirim paket saka padepokan malah keliru seragam
      ngapunten…

      • Seragame kleru seragam e LPI.. hiks..

    • Ulang tahun memang tidak didapat dalam nash yang secara langsung melarang atau menganjurkannya. Hanya jika dilaksanakan berisi aktivitas perbuatan seperti pesta dan sebagainya masuk dalam kategori “tasyabuh” Apalagi jika menghabiskan biaya cukup besar.

      Mencegah sesuatu yang dikhawatirkan akan berakibat buruk, misalnya menjadi kebiasaan dan keharusan disebut “Sadd Az-Zari’ah.”

      Tanggap warsa orang-orang seperti saya, Ki Bayuaji, dan Ki Arema dan sanak kadang yang sudah diatas limpul, kiranya tidak dalam format seperti itu.

      Disini kita sekedar saling mengingatkan bahwa umur sudah makin bertambah dan kesempatan untuk dipanggil pulang Allah SWT sudah semakin dekat. Sebagaimana diuraikan oleh Ki Bayuaji, ngeri memang membayangkan hal tersebut apabila bekal tidak atau belum cukup.

      Untuk itu MARI KITA BERCERMIN.

      Mengingat-ingat perjalanan hidup yang sudah kita lalui :
      – Sudah berapa tahunkah usia kita saat ini?
      – Apa saja yang sudah kita lakukan sampai saat ini?
      – Sudahkah kita menginvestasikan amalan baik kita untuk hari esok yang lebih abadi?
      – Sudahkah kita menjalankan semua kewajiban yang Alloh tetapkan?
      – Seberapa sering kita melanggar larangan-Nya?
      – Bagaimana shalat kita selama ini?
      – Bagaimana puasa kita selama ini?
      – Bagaimana zakat, infaq, dan sedekah kita selama ini?
      – Bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap orang tua, keluarga, saudara, tetangga, teman, anak yatim, fakir miskin, dan sebagainya?

      ATAU :
      – Dosa apa yang kita lakukan hari ini?
      – Dosa apa yang kita lakukan hari kemarin?
      – Dosa apa yang kita lakukan minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu? Atau selama usia kita ini? Dan sudahkah kita memohon ampun atas dosa-dosa tersebut?

      Mencoba menghisab amalan kita sendiri. Seandainya ajal menjemput hari ini atau besok atau mungkin minggu depan, sudah siapkah? Sudah cukup bekalkah?

      Jika mengingat hal tersebut, badan terasa lemas, hati bergetar, karena tidak yakin apak kita telah siap menghadap panggilan Yang Maha Kuasa.

      Lantas, apa yang harus kita lakukan? Berdiam diri menyesali diri?

      melu P.Satpam…..ana tutuge

  34. Matur nuwun ki Ismoyo.

  35. Panembahan Ismoyo engkang kawulo tresnani…

    kapan gendhak kekalih badhe dipun binukak ?

    He he he Ki Pandan,
    Menawi medar kitab….engkang kawula tresnani….hiks.

    Lha kersanipun?….mbikak enggal punapa alon-alon mawon?…he he he.

    • mmm…mmm…nganu Ki….pripun njih anggen kulo badhe matur engkang sekeco……..

      nek ki Arema meniko asring nguncali pecel madiun sak krupuk pulinipun……hiksss

  36. kulo nuwun ki Ismoyo, badhe nderek ngisi daftar hadir taksih wonten tempat menopo mboten nggih ki … nuwun sewu radi telat meniko … salam

    • maturnuwun sanget ki Is, saampun nderek ngunduh rontalipun …

      Sugeng rawuh Ki Laz,

      He he he… taksih wiyar Ki, sumonggo…yen boten kelintu… rak sampun wonten panah sendaren.

      • Maturnuwun sampun ngunduh…deg-degan mulai njlimeti rontal anyar..

  37. telat ora apa-apa sing penting hadir…hadu…

  38. Aku yo telat rek
    Ikut ngisi formulir daftar ulang
    Meski terlambat, selamat ulang tahun ki Arema !!!!
    semoga bahagia selalu🙂

    Pinarak Ki Sarip……

  39. Hadu….tambah malih cantrik ingkang ketinggalan jaran eh…jaman, lagi wae ngerti yen Ki Ismoyo bukak gandok anyar, matur suwun Ki, nderek ngunduh kitab…

    Mangga….dipun sekecaaken Ki Laskar Sabrang Lor.

  40. ikut ngisi absensi
    sing penting sowan sik

    Pun aturi pinarak Ki Emprith……..

  41. Nuwun sewu Ki Ismoyo,
    Telat sowan.
    Matur nuwun sanpun ngunduh.

  42. Kulo nembe sowan Sinuwun…

  43. Jebulane poro kadang padhepokan podho ono kene lehe nggoleki nganti tekan ngendi-ngendi nganti senen kemis ambeganku ,sugeng pepanggihan malih kaliyan kulo pun Mangku .

  44. Matur nuwun ki Is teko langsung nggembol rontal

    • Monggo Ki Haryo.

  45. Kelamiid..kulaa bumbu lading…nderek slonjor Panembahan…ngentosi K4ng Tommy napa Ki Ajar Gurawa…mbok bilih rena ing penggalih mbabar kitab mawi waosan retype…hi3..ketinggalan jaman nggih Ki…?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: