Palapa-04

balik ke Palapa-03>>|lanjut ke Palapa-05>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 05/07/2011 at 23:09  Comments (78)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/palapa-04/trackback/

RSS feed for comments on this post.

78 KomentarTinggalkan komentar

  1. Palapa-04 wus dibuka wit mau bengi, kok durung ana sing nginguk..hiks.

    Sugeng siang……….
    Selamat siang……..

    • Sugeng siang Ki Is
      he he he ….
      lha kulo kok nggih mboten kepikiran nginguk gandok SP-04.

      • Merlu …..
        Rontal nJih wis diwedar wit engko bengi kok durung ana sing ngunduh ….

        • Nderek Absen Sonten sakwingkinge Ki Widura….

          • jan-jane kulo mpun nrobos wet wau ENJING ki,
            ananging mboten saged mlebu….mendal terus

            nomer siDJi (mumpung rung ono sing menKaku)
            sugeng ndalu “keluarga GS sedaya”

  2. waaah ki is udah buka duluan…!!

  3. Walah dalah wis tekan 4 jebulnya😀
    Numpang absen …

  4. Sugeng siang Ki Is..

    Dari semalaman dan pagi aku klik di palapa-4 di atas cover, nyambungnya ke palapa-3..

    • Nderek absen wingkinge Ki Antram sing Ra-ne wis ilang.
      Sugeng sonten Ki Martana

      • Sugeng ndalu, Ki Djojosm..

        RA nipun taksih wonten, nanging wangsul malih wonten wingking.. Nek mboten wonten RA nipun, mangkeh kewaos : Anatm

        • Ketok’e wis meguru karo Ki PA bab ilmu pa-ngeles-an

          • kulo taksih les-lesan niki..bar matun jagung saamban-paran

    • wew om martono coba la klik tu lanjut ke Palapa-05>>
      pastila metu Maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria Anda. hi hi😛
      emang tu kemarin balik ke palapa 3, tapi kini ga lagi kan pak is tu kini cepat tanggap en sigap

      • tiba’e dudu aku tok…sing ngeklik mendal
        mbalik,

      • Trims Nyi Dewi.. sudah balik normal lagi.. klik-klik kan nya..
        Termasuk kalau diklik, tidak ada yg memenuhi kriteria – juga berarti normal…

  5. hal.2

    perMAIsuri Raden Adipati Ario Aroengbinang isih
    katon CLing, kinyis2…mikir2 kiro2 bedo pirang
    tahun yooo ??

    lapor pak IS, pak Satpam :
    cantrik isih nutaskE maca rontal palapa-03, belom
    sampe SINI…!!??

    laporan selesai…matur nuwun,

    • sing rondho sopo yooo…??

  6. Di hal. 2 tertulis Raden Aroenbinang dan istri …1930

    Mungkin maksud Ki Ismoyo ….(titik-titik) di atas, aslinya berisi kata-kata sbb:

    1. keempat
    2. muda
    3. dll

    • yang jelas bukan, “…nya Ki Anatram” to
      he he he …, mblayu…..

      • ..apalagi : …nya Ki Satpam??… ora mungkin
        ikut mbablas…ah..

        • Dan isteriyang ke …1930

          • uakehe… opo kuwat..?

  7. Gak ana sing rondha babar blas…..
    piyantun LA ya gak ketok
    he he he …

    • taksih sare.. lha niku ‘dengkure’ keprungu saking mriki…

      • Mojok disini yo ora ketok …..
        Nyanggong rontal-04

        • sing lungguh nang pojok niku biasanE,
          kekeselen bar rondho2…ihiks ??

          • melu rondo ehhh ronda ahhhh
            mudah mudahan Ki widura nyangu rontal -04
            heheheh

          • mesti ‘suku’ nipun ngethuk-ngethuk.. soale bar rondho…

  8. sugeng enjang “kadang GS sedaya”

    sugeng makaryo…tetep semangat

    • kupon ANTRIan 25….

      • girik nomer 500…

        • SUgeng Siang para Sanak kadang…..
          Ki AryaYU…jatah girik tak sih mboten…kulo nyuwun…badhe padhos minyak tanah kedhah ngangge niku lho…

          • girik rupiah punopo dollar njih ki….SORE ki LD,

  9. Assalamu’alaikum, selamat siang…

    • Wa’alaikumsalam nON….selamat SORE,

  10. Mojok dewekan lan nggayemi kelapa_04

  11. Palapa-04 doc…..he-hee3x, maknyus tenan

  12. Sugeng siap siap nindakake kebaikan malam jumah.. kados yasinan, pengaosan, dzikir, nyinau kitab, sembahyang ndalu, iktikaf, mesu diri…

    • meneLUSUPkan diri…..he-he3x,

      enjang pak AM

      • menengGELAMkan duri…..he-he3x,

        enjang pak Gun

  13. Sugeng malem Jum’atan siap-siap nindakake “sunnah Rasul”
    ee. durung Isya ding.

  14. Nuwun
    Sugêng dalu

    //Sampun radi sawêtawis dangu mbotên sêba hing padêpokan.//

    Para kadang, akhir-akhir ini beberapa museum, tempat menyimpan benda-benda purbakala, benda cagar budaya, benda-benda pusaka kraton Nusantara Lama; tidak luput dari ulah tangan-tangan jail.

    Sudah banyak barang-barang berharga peninggalan para leluhur masa lalu, dijarah, hilang dari walangkannya. Tidak kurang benda-benda pusaka kraton, baik berupa keris, tombak, pedang, maupun patung, baik yang terbuat dari emas, perak, perunggu, ataupun batu, raib dari tempat penyimpanannya.

    Rasanya mustahil, benda-benda tersebut, yang disimpan dengan pengamanan yang cukup memadai, masih bisa hilang. pasti bukan dilakukan oleh seorang pencuri biasa, hal ini pasti dilakukan oleh sekelompok orang yang professional, keahlian mereka mendisfungsikan sistim pengamanan, merusak jaringan CCTV, membuka almari display, mengambil barang yang dicuri, paling sedikit mereka harus memiliki pengetahuan yang sangat canggih tentang hal itu, dan minimal dilakukan lebih dari 3 orang, lebih-lebih mereka tidak meninggalkan jejak sedikit pun.

    Sungguh prihatin sekali, kalau sebuah badong yang terbuat dari emas, kurang lebih 22 karat. buatan empu diduga pada abad ke-12 (masa Mataram Lama) raib begitu saja.

    Mohon doa restu dari sanak kadang, terhadap tugas ini, untuk dapat menemukan kembali benda-benda pusaka termasuk keris dan sebagainya itu, dan mengembalikan ke walangkan gedung pusaka negara.

    [Koq seperti lakon Mahesa Jenar mencari Kyai Nagasasra dan Kyai Sabuk Inten ya]

    Adapun dongeng tentang badong. dan sejenisnya adalah sebagai berikut:

    BADONG, CUPENG DAN JEMPANG

    Cacatan: Gambar/ Foto contoh Badong, Cupeng dan Jempang saya kirimkan via email ke Ki Panji, sebagai pelengkap dongeng ini ke pelangisingosari@gmail.com

    BADONG

    Badong merupakan perhiasan untuk wanita bangsawan atau tokoh yang dihormati. Penggunaannya diletakkan di luar kain, tepat di depan alat kelamin wanita.

    Badong adalah simbol bagi wanita yang telah menikah dan dipakai pada saat suami mereka sedang berperang atau sedang berada di luar rumah.

    Badong juga digunakan oleh para pertapa atau pendeta wanita. Maksudnya untuk melawan godaan agar selamanya tidak melakukan hubungan intim dengan lawan jenis.

    Badong berbahan emas pernah ditemukan di daerah Madiun, kemungkinan berasal dari masa Majapahit sekitar abad ke-14/15. Artefaknya bisa dilihat di Museum Nasional Jakarta. Yang unik, permukaan badong dihiasi relief cerita Sri Tanjung, seorang wanita suci yang dituduh berselingkuh oleh suaminya, Sidapaksa, dan kemudian dibunuh. Namun suatu saat Dewi Durga datang menolong Sri Tanjung dengan memberikan seekor “gajamina” (ikan gajah) untuk menyeberangi sungai dunia bawah menuju surga sebagai imbalan atas kesucian dirinya.

    CUPENG

    Fungsinya adalah sebagai penutup kelamin anak wanita. Bentuknya seperti hati dan pemasangannya diikat dengan benang pada perut si anak. Salah satu artefak yang terkenal berbahan emas 22 karat, berukuran tinggi 6,5 cm dan lebar 5,8 cm. Kini artefak tersebut menjadi koleksi Museum Nasional Jakarta.

    Melihat bahannya, kemungkinan cupeng itu digunakan oleh orang terpandang. Cupeng itu penuh ukiran, pinggiran cupeng berhiaskan motif tapak jalak, bagian tengah bermotif bunga teratai dikelilingi deretan bunga bertajuk empat helai dalam bentuk belah ketupat. Bagian tengah bunga tadi bermatakan jakut merah. (Koleksi Museum Nasional Jilid III, 1985/1986).

    Menurut tradisi lama, cupeng harus dipakai oleh anak wanita yang berusia dua hingga lima tahun. Atau digunakan ketika anak mulai berjalan sampai anak mulai pandai mengenakan sarung sendiri. Mereka percaya, cupeng merupakan penangkal roh jahat. Pada pemakaian pertama, benang yang dikalungkan terlebih dulu diberikan mantera atau jampi-jampi oleh seorang dukun.

    JEMPANG

    Mirip dengan cupeng dan badong adalah jempang. Artefak ini ditemukan di Gowa, Sulawesi Selatan. Jempang juga merupakan penutup kemaluan wanita, merupakan pakaian sehari-hari untuk gadis-gadis muda dari kalangan bangsawan. Ketiga artefak adalah peninggalan masa lalu yang salah satu fungsinya untuk penangkal perselingkuhan. Jadi selain sebagai benda budaya, juga menunjukkan bahwa kaum wanita sudah mendapat perhatian khusus sejak lama.

    Sumber:

    1. Majalah Arkeologi — “Cupeng dan Badong Penangkal Perslingkuhan” oleh Djulianto Susanto, arkeologo di Jakarta

    2. Foto Museum Nasional Jakarta.

    Nuwun

    punåkawan bayuaji

    • hadu….

      kurang ajar betul maling itu…..
      hmm……, kalau yang nyuri itu suruhan kolektor masih lumayan
      lha kalau kemudian badong itu kemudian dilebur menjadi gelang, kalung, dll, ya gawat…..

      Yuk…, kita ikut milang-miling.
      Tetapi…, kemana ya…..

      • Menurut Telik Sandi LA, Badong diselundupkan keluar oleh seorang Mentrik yang patah hati. Cupeng disembunyikan oleh Cantrik dalam yang isterinya baru punya anak perempuan, sedangkan Jempang diambil oleh cantrik yang baru dadi manten – mencegah isterinya selingkuh. He he he …….

        Kurang ajar ….

        • 🙂 Itu hasil penyidikan telik sandi atau hasil penerawangan ?🙂

          Sugêng dalu Ki

        • Kabar terbaru, Jempang telah dimodifikasi oleh priyagung LA dan dapat di gembok…

          • kabar terKINI

            fungsi “JEMPANG” sebagai penangkal perselingkuhan,
            dimodiF lagi sama priyagung LA….!!!

            “buat tandON pipis si wanita selama perjalanan keliling”

          • dikawal….si Jempang jago Betawi…

  15. Gembok-e pilih TSA approved, supaya di Bandara bisa dibuka – tutup oleh petugas Air Port.

  16. Huu-huu–huu tega tenan maling warisan leluhur…iki…ora gelem kalah karo maling ..maling duit negara….?
    pasti dilakukan orang dalam ?

    DIBAWAH SINAR BULAN PURNAMA

    Dibawah sinar bulan purnama
    Air laut berkilauan
    Berayun-ayun ombak mengalir
    Ke pantai senda gurau

    Di bawah sinar bulan purnama
    Hati duka jadi senang
    jauh malam dari petang
    ……
    Beribubintang taburan
    Menghiasi langit hijau
    menambah cantiknya alam dunia
    Serta murni pemandangan

    Dibawah sinar bulan purnama
    Hati sedih tak terasa
    Si miskinpun yang hidup sengsara
    Semalam itu bersuka

    • esuk-esuk disuguhi ki Suro tembang kenangan,

      sugeng enjang “keluarga GagakSeta sedaya”

      • Keroncongan dewi murni.. mathuk mantep.. sugeng menjelang siang, sugeng kera mas..

        • bukan susu murni kan Ki ?

          Kr. DEWI MURNI

          Dewi murni berkembangkan sutra ungu
          Melambai meriak rasa
          Semerbak memenuhi
          Angkasa beralih biru

          Di baliknya awan
          membayang pelangi beraneka warna
          Untuk menyambut dewi murni
          Turun madi ditelaga dewa

          Sekuntum bunga semua
          Serempak mekar menyebar wangi
          Menantikan hyang dewi murni
          Meniti pelangi turun mandi

    • Assalamu’alaikum, selamat pagi menjelang jum’atan..
      Ki Suro, perasaan warna langit biru dech…
      kalau siang) lagian kalau malam bukan-e langit-e warna gelap yo??

    • Ada yang tercecer…….

      DIBAWAH SINAR BULAN PURNAMA

      Dibawah sinar bulan purnama
      Air laut berkilauan
      Berayun-ayun ombak mengalir
      Ke pantai senda gurau

      Di bawah sinar bulan purnama
      Hati duka jadi senang
      GITAR BERBUNYI RIANG GEMBIRA
      jauh malam dari petang
      ……
      Beribubintang taburan
      Menghiasi langit hijau/BIRU/GELAP
      menambah cantiknya alam dunia
      Serta murni pemandangan

      Dibawah sinar bulan purnama
      Hati sedih tak terasa
      Si miskinpun yang hidup sengsara
      Semalam itu bersuka

      • nambahi dewek xixixi

  17. Selamat siang, numpang absen.
    Wah lamaaa nggak nginguk gandok tibae wis ketinggalan uadoh banget.
    Sugeng siang ki Ismoyo
    Salam buat sanak kadang semua..

    • sugeng rawuh ki Wiek….cantrik sampe pangling,

      • ha ha ha
        kulo njih pangling kok saiki wis bergelar arya.
        arya arya wae ki YP

  18. Selamat singa..

    Di gandhok sebelumnya, di GS Family, bisa diklik kanan save as..
    Di gandhok ini, bisa diklik di Aroengbinang Family, klik kanan terus save as…..html…

    • hikss,….sugeng siang meLOROT sore ki Menggung,

      • Sugeng malem meLOROT apanya ya.. Ki Menggung Arya Daram

  19. pas 60

  20. Ki Sanak ……
    Selamat siang,

    mohon maaf, ada sedikit urusan…jika bisa palapa-04 diusahaken wedar nanti malem, namun jika pulang sudah malem dan ndak sempat scanning, diwedar besok malem minggu sekaligus dengan palapa-05, mohon maklum….nuwun.

    • kasinggihan Ki Is
      santai kemawon ki, menawi sayah nggih istirahat kemawon, mangke gerah malih. rontal wedar minggu ngajeng nggih mboten punapa-punapa.
      he he he …, mblayu……

      • leres ature pak SATPAM…..pak ISMOYO santai kemawon
        mangke scanning rontal PALAPA njenengan paketkE ning
        email cantrik :

        “cantrik2GS@pakISnitiprontal.com”…..matur nuwun,

      • horee…., dapat nomor cantik…
        comment no 19691, berarti beberapa rontal lagi tembus 20.000 komen
        siipp………………

        • hikss, pak SATPAM kleru ngawe klamBI…..!!??

          • lho…*%#@$%*#@

          • 😀

        • Dapet bonus apa untuk komen ke 20 rb pak Satpam?
          Hikss

  21. sugeng tindak pak IS….semoga lanCAR di perjalanan,

    besok malem….cantrik taksih SABAR ngenteni,

    • TTDJ Ki Is.. gak usah kesusu.. pelan-pelan saja…

  22. Sugeng dalu.
    mudah-mudahan semua sehat,
    perjalanan Ki Ismoyo lancar dan selamat. Amin

  23. Matur Suwun Mas Is ….
    Sampun ngunduh rontal-04 dibalik CUPENG

    Ngunduh-e ya rada ISIN …… takut nyenggol ………….. hiks ….

  24. Matur nuwun Ki Is, cupeng sampun dipendet kanti resmi,
    mboten sisah ngrusak gembok.
    Sugeng Enjang,
    Sugeng liburan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: