mmgk-38

balik ke mmgk-37>>|lanjut ke mmgk-39>>

Laman: 1 2

Telah Terbit on 18/05/2011 at 07:42  Comments (106)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/mmgk-38/trackback/

RSS feed for comments on this post.

106 KomentarTinggalkan komentar

  1. Salam selamat pagi semua

    • Matur suwun Ki P.Satpam rontal mmgk-38 ne…

      • Matur suwun kangge miss IPUN,,,,

      • lha-lho…saestu wes ketemu to ki,

        • Njeh mpun…
          Tp dereng diwaos keburu adzan subuh😀
          Monggo…

          • looh adzan subuh kok jam 8.30 ta? … eh iyo dink, subuh di mesir🙂 … eh ki alghors klo di indonesia jam 7 pagi, di mesir jam brp?

          • jam 02.00 ni…

        • Lha wong nganggo kocomoto ireng … yo ora kethok ….

          • betul…betul…betul !!!

            tak Copot sek…lha saiki
            wes kaethok,

          • Barang blawuk …pucet …

            doc wis tak kremus..

          • betul…betul…betul !!!

            tak Copot sek…lha saiki
            wes ra kathokan,

  2. Plok … plok … plok ….

  3. numero tigo

    • Kemana wungkul atuh kang? Pripun kabare kang PA?

  4. nyosssss….

    • nyesssss….

      • Nyuuuuuuuuuussssss….

        • Nyiiiiiiiiiiissssss….. kinyis..

          • Nyiiiiiiiiiii…..!!

          • iseh rabu malah celuk2 nyai ne..

          • coz beda rumah beda kota, jd datengna ya kamis malam jumat … pas🙂🙂

  5. 17

  6. Nuwun
    Sugêng énjang

    Lori Pabrik Gula………

    Sepur angkut tebu atau di ndesaku disebut Lori Tebu, punya “sejarah” yang sangat mengesankan bagi cantrik bayuaji.

    Nggandol lori???, sudah pasti, tapi ngak hanya nggandol, ikut jadi ‘masinis’ juga pernah. Lho…….

    Kurang lebih tahun 1960an, putrå kakungnya siwå (pakdé), bekerja sebagai masinis lori tebu di Pabrik Gula Jatiroto, bayuaji (waktu itu masih bocah cilik) ikutan berdiri di ruang masinis, kerjaannya narik tali katup pluit kereta (bunyinya tuiiiit…tuiittt……); atau ikutan memasukkan bahan bakar berupa ampas tebu (bagasee, atau lazim disebut bagas, hasil samping dari proses ekstraksi/pemerahan cairan tebu) ke dalam tungku kereta, ya panas banget ……………….. akhirnya copot klambi othé-othé.

    Soal “ndudut” tebu, diuber-uber opas tebu (petugas pabrik gula dengan seragam drill khaki, pake topi laken, bawa pentungan mengendarai sepeda mengawal rangkaian lori tebu dari kebun ke pabrik gula), wah seru banget, ubêr-ubêran nrabas kêbon tebu, nyemplung kalèn, sang opas bêngok-bêngok…………………

    Senangnya mengingat “sejarah” masa lalu. Musim giling yang pasti rame, setiap hari menghambur aroma wangi cairan tebu yang dimasak jadi gula.

    Rame karena ada pasar malem. Bersama teman-teman membuat mainan dari kembang tebu yang disebut glêgês. Di daerah Jember, Rogojampi, Jatiroto, Panji, Olean, Wringinanom, Asembagus; dan umumnya di wilayah timur Jawa Timur glêgês disebut oncong.

    Glêgês yang berwarna kuning panjang seperti lidi tapi besar, sebesar jari kelingking, dapat dibuat macam-macam mainan.

    PG Jatiroto pada waktu masa penjajahan merupakan pabrik gula terbesar yang menghasilkan gula bagi kepentingan penjajah Belanda. Terdapat prasasti bahwa Ratu Wilhelmina pernah berkunjung ke Jatiroto (waktu itu namanya PG Ranupakis) pada saat produksi gula meningkat.

    Tetapi sangat disayangkan hampir semua pabrik gula di wilayah timur Jawa Timur sudah berusia sangat tua, sebagai cacatan PG Jatiroto berdiri tahun 1910, dan kini produksinya semakin menurun, berkaitan pula kebon tebu telah banyak berubah menjadi ‘kebon hotel’ dan ‘kebon mall’.

    Itulah sedikit ‘sejarah’ masa kecil dulu.

    Nuwun

    cantrik bayuaji

    • he he he …
      sepertinya sik juga ya

      saya juga sering membayangkan tentang “nyolong” tebu yangcsering diceritakan Ki Arema.
      Beliau pernah ditangkap mandor tebu dan ditahan di Pabrik Gula Redjo Agung Madiun setengah hari bersama teman-temannya. Untungnya, kakak Ki Arema seorang lurah di desanya sehingga bisa dibebaskan.
      Tetapi, dengan akal “licik”nya, beliau dan teman-temannya selalu membawa (dengan paksa) anak P. Mandor, sehingga sewaktu di”uber” jika ketahuan, anak P. Mandor (yang memang paling kecil) ketangkap duluan. He he he …, akhirnya yang lain gak jadi diuber.

      Menurut beliau, tebu jaman dulu tidak sama dengan tebu jaman sekarang. Tebu jaman dulu lebih besar, lebih empuk dan lebih manis. Untuk memilih tebu yang sudah tua, batang tebu ditusuk dengan pisau. Jika batangnya retak membujur dengan suara “thek” maka tebu tersebut sudah siap untuk dipotong (dicolong).

      cerita yang lain persis yang diceritakan Ki Bayu. Mungkin kenakalan anak jaman dulu begitu ya. he he he….

      dan…, lori yang dahulu dipakai untuk mengangkut tebu sudah diganti dengan truk. Padahal, kalau dipikir tentu lebih murah (transportasinya) jika dibandingkan dengan truk. Satu loko berbahan bakar bagas atau kayu bisa mengangkut berpuluh-puluh gerbong lori, sehingga bisa menghemat BBM. Kenapa tidak dikembangkan lagi nya? embuh ah…..

      • wuiiih ternyata ki arema nuaaakal buuaanget ya🙂

        • Mita,
          Nanti kalau nikah ….
          minta naik montik saja?
          Nggak tahu kan istilah “Montik”?
          Coba tanya sama nGGer satpam … Apa itu ….

          Terus camilane Tebu Tape … uuennaakk ..

          • montik niku napa dik satpam? … dewi montik?🙂

          • napa niku Montik, dereng natos didongengi kalih Ki Arema.

            Sleko dipun liwati sepur kluthuk. Mbok menawi Pak De rumiyin asring nggandol sepur kluthuk nggih.

            ne tebu tape, capet-capet kadosipun sampun dipun dongengi.
            o…, nggih niku, tebu sing sampun dipun simpen sewulan, sampun “nape”, ning rasane dos pundi nggih.

            Tebu dipun simpen ngandapipun damen (jerami padi) supados mboten kepanggih menawi wonten gledahan.

            he he he …
            tuit…., jess…jess…
            tuit…., jess…jess…
            jo ja jan..jo ja jan..jo ja jan..

          • iiih itu ortuna peliiit yah?🙂🙂

            klo anaknya pakde warung pas maen sepur2an suaranya gini : ja jan no, ja jan no🙂🙂

          • kawulo tasih sempet ngalami kados ki arema amargi keleresan griyo kawulo celak rel sepur

          • Nek kulo..sanes sepur lori tapi sepur klutuk…sinambi maem gedang..eh..jambu klutuk

          • klutuk niku napa sejenis iklan ta?🙂

          • Klutuk
            itu
            sejenis ayam
            jago..
            jago
            klutuk

          • wikiki🙂 pitike sopo sing swarane klutuk klutuk🙂

          • ayamna lg puasa yah? perutna pek bunyi🙂

          • He..he
            kalo
            bunyi
            ya namanya bukan
            klutuk
            tapi
            klutut
            ….
            kluar entu*….

          • iih mulai jorsek lg deh😦

          • yo wis
            maaf🙂

          • ki wid, dik satpam ga tau montik😦

          • Aku dewe yo ra reti montik koq Mit..lha nek montir ngerti..montir mobil,montir pelem,montir mabur…

          • wikiki🙂 montir mabur? … klo mabure montir ya jatuuuh dunk … kaya pesawat cina ajah🙂

          • eh ki wid, montik tu maksudna montor antik yah ?

          • papa punya fiat 500D thn 64🙂

          • kaya mr bean🙂

          • tp bkn mini cooper

      • looh napa dik satpam mikirna jauh2? itu biar dipikirin kamarintah aja🙂 dik satpam mikirin rontal aja ya ,,, biar fokus, … jadi biar cepet, terutama untuk nssi na, keburu widuri larak lirik arya😦😦

  7. hadir langsung dapat rejeki nyalawadi neng regol..
    matur nuwun

  8. Sugeng Enjang, suwun rontalipun. Kangmas SAtpam penuh cinta, nyantholaken rontal kaliyan hati.

  9. ini sekedar guyonan, tiada maksud memakai nama
    sanak kadang padepokan…apabila ada kemiripan
    itu bukan suatu kesengajaAN,

    “BEO ki Menggung KARTOjudo”

    rumah kost Putri ki Menggung Karto memang terlihat BEDA, di teras rumah terdapat burung Beo yang lucu
    dan pintar, suka menyapa para Mahasiswi yang pulang dari Kampus. Kadang muncul kalimat yang lucu-lucu dari mulut si Beo. Misalnya :

    “salamat pagi”…”capeek…deh”, “lha kok loyo…”
    “oooey…ada tamuuu” ato “lagi dapet ya…” maksudE
    kiriman, bukan tamu yang suka dateng sebulan sekali

    Suatu saat tanpa disangka-sangka ketika 3 penghuni Asrama sekamar berangkat kuliah dan melintas di depan sangkar si Beo….tiba2 :
    “Biru – putih – ijo”.

    Spontan 3 mahasiswi tadi kaget dan saling pandang,
    “Lho si beo kok tahu warna CD kita ya….?”

    “Wah jangan2 dia suka ngintip kita?” celetuk salah seorang mahasiswi.
    “Biarin deh…paling itu cuma kebetulan aja”

    Keesokan harinya ketika 3 mahasiswi itu melintas lagi di depan si Beo…tiba-tiba :
    “Hitam – coklat – putih”

    Sontak kembali 3 mahasiswi tadi kaget dan saling pandang,
    “Lho kok si Beo tahu lagi ya warna CD kita…?”

    “Ya udah…besok kita tes…kalau kita gak pakai CD dia bisa tahu gak…?”

    Kembali keesokan harinya, ketiga mahasiswi tadi sengaja tidak menggunakan CD berangkat ke kampus,
    pelan-pelan melintas di depan si Beo…malah sempat
    berhenti sampe 5 menit.

    “Ssst…lihat tuh si Beo nampak kebingungan melihat kita” celetuk salah seorang.

    Tanpa disangka tiba-tiba si Beo bersuara…!!?? he5x
    sensor aaah, nanti ki Menggung nesu.

    • brintik..brintik..Ki Gundul..

      • nyusss… eh… bukan…!! sensor…

        • “Beo disini omong … blonde .. curley … ruwet …

          • hehehe dasar pak DheWid…
            11-12 ma Ki Kartoj nech…

          • minus siji berarti?

          • Ki Anatram, mana emailnya?
            katanya mau YM an ma akyu…

  10. sugeng siang

    rabu bar liburan jepit, kok dalan2 macet banget
    semangat kerjo juga kok loyo .. ngantuk
    untung ono obat … rontal

    suwun Mas Satpam

  11. Sugeng enjing Menjelang Siang Ki Sanak….
    Nderek Absen sakwetawis mboten saged sowan….

    • Sugeng siang Ki

      sepi banget yak, opo isih podo liburan

  12. Assalamu’alaikum, ngik-nguk sebentar…
    pha kabar semuanya….
    langsung mblayu…hikss…
    See U all…

  13. Assalamualaikum.
    Nyomot rontal terus mblayu kata Miss nona.
    Ee ora ono kata-kata nyomot rontal ding.
    Sugeng dalu ki Sanak sedoyo

  14. Sugeng sonten…

    Seorang perawan desa masuk LIFT hendak ke lantai 3.
    Di lantai 1, masuk gadis yang sangat harum baunya.
    Perawan : “Baunya harum sekali….”
    Gadis 1 : “Merk BVLGARY 2 juta perbotol.” Katanya pamer kepada Nenek.
    Perawan” Haa ?tergaga mendengar harganya..dalam hati berkata dapat kambing 2.
    Di lantai 2, masuk lagi seorang gadis yang harum juga baunya.
    Perawan berkata lagi : “Baunya harum sekali….”
    Gadis 2: “Merk GUCCI 3,5 juta perbotol.”
    Perawan ” Haa ? semakin tergaga mendengar harganya..dalam hati berkata dapat pedet 1
    Dilantai 3 perawan desa keluar lift sambil mengeluarkan bau yang tidak sedap (MA’AF, kentut), membuat ke 2 gadis hampir pingsan karena baunya yang dahsyat….
    Sambil tersenyum perawan berkata ; “singkong, 3 ribu sekilo.”

    • lucu buanget………..

      sambil menikmati pusingnya, dua cewek membatin,
      wah cuma dapat piyik satu, tanpa telor pula.

  15. Matur nuwun, sampun kulo undhuh.

  16. 2000!

  17. Wah waktu ketemu saya sang perawan nggak bau apa-2 tu (karena saya memang tidak mencium) ..lho !!!!

  18. Sugeng enjang.

  19. Sugeng enjang

  20. pagi…!!!!
    ibukota cerah, enderung panas..

  21. kok beLOM….

    • kok beLOM….selamat pagi

      • kok beLOM….mandi

        • kok beLOM….pada pake klambi

          he-he3x, pagi ki Menggung
          esuk2 mampir padepokan kok
          ya bisa bareng2 kembaran-E

          apa janJIAN,

          • beLOM….kok

          • Halah Ki YuPram ngomong Dewek-an…
            kog BELOM … dibalang sendal xixixi

  22. Ssst, ki KARTO kulo pamit sebentar…si BEO ngajak
    muter2 ning bendungan sebelah,

    mangga,

    • He..?!..BEO-ne panjenengan muter2?..blaik
      …sing ngati2 teng mbendungan Ki..monggo

      • Xixixi…
        muter2 nang bendungan opo mblumbang Ki YuPram?

        • We la repot yen nang ndalan bolak-balik omong abang.. ijo.. blonde…

          Beo ne dikon ngemut permen wae…

          • Hikss…koyone beo niku mboten saged ngemut Ki….

        • Sanes muter-i mblumbang Jeng Miss Nona…Ki Yupram badhe muter kates…eh..bendungan karang kates !…

  23. KALAU BOSS MELAKUKAN SIDAK

    Seorang bos tiba2 melakukan sidak ke pabriknya untuk melihat kinerja pegawainya.

    Di pabrik ia menemukan seorang pria muda sehat dan segar yg tengah bersandar santai-santai, sementara di ruangan semua pegawai sibuk bekerja.

    Si bos segera menghampiri pria yg sedang berdiri santai itu dan bertanya, “Berapa gajimu sebulan?”

    Dengan sedikit gugup pria itu menatap si bos dan menjawab,” hm…Rp2 juta pak, emangnya kenapa?”

    Si bos lalu mengeluarkan dompetnya dan mengambil lembaran pecahan 100 rilbuan lalu menyerahkannya kpd pria itu sambil berkata,” Ini gajimu 3 bulan kedepan, pesangon. Cepat keluar, pergi dari sini. Jangan balik lag!”

    Dengan gugup dan setengah takut pria itu segera meninggalkan tempat itu tanpa banyak bicara.

    Lalu dg muka yg berwibawa si bos mendekati pegawai lain yg sejak tadi menyaksikan adegan tsb. “Itulah nasib pekerja yang santai-santai di pabrik saya. Saya berhentikan saat ini juga. Tidak ada tawar-menawar. Kalian semua MENGERTI ??? OK, adakah yang tahu dari divisi mana pemuda itu?” tanyanya.

    Suasana jadi hening sampai akhirnya seorang staf menjawab dg sedikit ketakutan, “Ia tidak bekerja disini pak, ia adalah pengantar pizza yg mengantar pesanan dan sedang menunggu bayaran dari saya…”

    • “kalau begitu….
      mana pizza saya..!” kata si Bos
      he he he ….
      selamat siang miss

      • Weh bisa dapet berapa loyang tuch…
        selamat siang juga PakLik

    • Bha ha ha, ……….. lutuuuuu pisan. Boleh juga kita main kesono, di mana alamatnya Miss? Nem yuto gitu lho!

      • Hehehe Ki TruPod berarti punya sambilan jadi tukang jualan Pizza juga yach…

        • aku paling suka pizza goreng….opo maneh bahane soko pizza ambon

          • nek pizza ranjang pripun?

          • langsung pipipipipizzzz…aa…aaah?

    • waah lutuuuu🙂 ini contoh cerita lucu tp ga saru🙂

      • makasih ya mba nona🙂

        • yg ini bisa diceritain ke opa🙂

  24. sugeng siang..
    sugeng dahar..
    sugeng dateng pundi nggih??
    dititipi tuku maem kok malah ngilang..lak dadi kuru aku..hiks..

    • Halo mbak Nunil..wah kangen aku ..koq dangu mboten sambang Jeng..

    • waduh…., eman banget tu kalau bulik Nunik jadi kuru

      he he …
      sugeng siang bulik

      • Padahal yang jadi guru..bulik Ni Ken Padmi…..

        • kuru bukan guru
          maksudnya itu kuru(gan daging)

          hadu…!!! (dibalang sandal)
          ampun bulik….!!! (lari sambil menutup kepala

          • ..O..🙂

          • dik satpam, ga baeek loh nyek-nyekan secara fisik gitu😦😦😦

          • 😦
            ngapunten

            lha miku pun “trade mark”ipun Bu lik Nunik je.

        • padahal Bulik Padmi ora kuru…bocahe seh melek

          • Lho buguru nggak kuru siang…?

          • laah trus yg ngajar jam siang sapa dunk?

  25. Sugêng sontên

    Andungkap surup. Angsluping suryå sang bagaskårå. Om awignam astu namas sidam. Mugi linupútnå ing rêridhu.

  26. Selamat malam, coba nginguk gandok.
    ternyata masih sepi.
    Sugeng ndalu Panembahan
    Malam Ki YP, Ki Karto, Ki PA dan ki/nyi/ni sanak semua.

  27. selamat malam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: