mmgk-18

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4

Telah Terbit on 10/04/2011 at 10:54  Comments (341)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/mmgk-18/trackback/

RSS feed for comments on this post.

341 KomentarTinggalkan komentar

  1. Rondaaaa ….
    sepiii yo

  2. Sugêng ing madyå ratri

    Syukur mangayubagyå, ada gandhok baru NSSI.
    Biar rame, mohon izin untuk selanjutnya dongeng arkeologi & antropologi diwedar di Gandhok NSSI, agar sanak kadang tidak kêponthal-ponthal, mblayu kesana kemari. Cukup di satu gandhok saja.

    Insya Allah Dongeng Surya Majapahit akan terus diwedar, dan mohon doa restunya, dongeng akan berlajut ke Demak (latar belakang NSSI), Jepara, Pajang hingga Mataram Islam.
    Mekatên Ki Panji Satriå Pamêdar

    Nuwun
    untuk Ki Bayuaji

    punåkawan

  3. On 11/04/2011 at 18:48 djojosm said:

    @ Ki Anatram
    Niki kula nembe maos saking kolom jalan-jalan Yahoo.com

    Film trilogi “The Lord of the Rings”, yang meraih 17 Oscar, menjadikan …..

    —–

    Sugeng Enjing Ki Is..dan sanak kadang sedoyo.

    Menyambung cerita Ki Djojosm di atas, memang begitu, Ki. Andalan dari negeri ini selain produk pertanian (buah apel, kiwi, daging, susu /fontera) adalah pariwisata.

    Salah satunya adalah bekas lokasi pembuatan Lord of the Ring tersebut. Bahkan Ian Brodie menulis buku guide lokasi pembuatan lengkap dengan cerita di tiap lokasi, dilengkapi dengan koordinatnya.

    Mau berkemah? informasi lokasi-lokasi berkemah di tiap2 tempat wisata lengkap. Mau tramping, menyusuri hutan berhari2, atau sekedar jalan 1-2 jam, peta walking track tersedia komplit.

    Bahaya? satu-satunya bahaya yg memungkinkan hanya perubahan cuaca.. Di sini relatif aman, tidak ada binatang buas, ular, kalajengking juga tidak ada.. Satu-satunya binatang yg dianggap hama hanya possum (semacam kelinci/marmut) yg suka merusak tanah, mebuat lubang-lubang)..

    Oh, satu lagi, selain di negara ini menjadi lokasi pembuatan filem Xena, yg menjadi terkenal adalah The Last Samurai..! Gunung Fuji yg terlihat di filem itu, bukanlah gunung fuji yg di jepang tetapi Gunung Taranaki yg berlokasi di dekat New Plymouth, beberapa jam dari Wellington.

    Nuwun..

    • Trilogi “Lord of the Corn Field” akan segera wedar…

      be carefull !

      • Sequel 1. The fellowship with …(pendekatan dan orientasi)..
        Sequel 2. Two fellowgirls..(lebih dekat)..
        Sequel 3. The returning of the girls (ceweke kecewa, terus njaluk mulih, bubar).. hi hi..

        • sequele digawe loop back

          Jika sequel 3 selesai, Maka kembali ke Sequel 1 dgn Object berbeda

          • Siqiel siji..engkle
            Siqiel loro..siap2
            Siqiel telu…??

          • ki pandan kreatif njih🙂

          • tp nulis carefulna kebanyakan ‘l’🙂

          • ato maksudna full care ( nasi kare sakpiring full )🙂

          • met dahar siang njih ki🙂

          • ‘lord of the corn field’ … siiiiip ditungguin🙂 tp ‘c’ na jgn diganti yg laen loh🙂🙂

    • Apakah yang Ki Anatram maksud The Last Samurai (2003) yang dibintangi Tom Cruise?
      Honestly ki film ini adalah film dengan bintang- bintang kesukaan saya. Terutama Ken Watanabe dan Tentu saja Koyuki Kato yang memerankan Taka. Adegan percintaan antara Nathan dengan Taka sangat lembut dan menyentuh perasaan. Saya paling tidak sebulan sekali mengulang memutar film ini terutama adegan yang saya sukai. Difilm ini Koyuki Kato dengan sangat baik telah memerankan Taka yang kehilangan suami karena terbunuh oleh Nathan dalam suatu pertempuran. Tragisnya atas perintah jendral Katsumoto (kakak Taka), Taka harus merawat Nathan Algren yang telah membunuh suaminya. Dan perasaan cinta ahirnya bersemi diantara mereka.
      Saya merekomendasikan kepada Jeng Ken Padmi untuk mirsani film ini. Mangga

      • nek nganti durung nonton……juan kebangeten
        kulo mpun 3x ki….

        • seperti minum obat….

      • menapa pelemipun kangge 20thn ke atas ta eyang? … kok dalem mboten dipun suggest😦

        • sing dipun eling2 kok naming mba padmi ta?😦

          • Lho..Mita kan masih tatut…..

          • emang ada saru2 na gitu?

          • Gak ada tuh..
            yang ada cuma
            adegan percintaan
            doank…

          • napa tatut?

          • Lho..yang
            tatut kan mita….

          • bizna abis adegan percintaan trus diterusin adegan persaruan😦

          • ya kalo gak
            mau diterusin..
            ya
            ntar
            distop
            dulu…..

          • ya udah stop

          • o
            t
            e

    • ki anatram pernah ke wellington? … apa penduduknya welling welling ta?🙂 … duuuh kacian cewe2 na dinakali terus🙂 …. ki pandan mo buka corn field disana ga ? … situasi kondusif loh🙂🙂

      • wellington..the windy city..

        • ntar masuk angin dunk?🙂

          • ya dikeluarin lagi dunk..

          • iiiih bauuuu🙂🙂

          • tapi sedep

          • iiiih mana ada yg sedep?😦

          • Ada donk..
            yang
            baunya
            kaya
            trasi
            pan
            sedep
            hayoooo

          • iiiih jor sek😦

      • konon banyak ulo wellingnya juga..

        • weee kata ki anatram disana ga ada ular … yg banyak tuh orang2 tua yg memberi ‘welling’ pada anak cucunya agar tidak ikut2an welling kaya ki atrakdj🙂

          • kadang2 ada wellangnya juga lho…

          • laki2 hidung wellang?🙂

          • klo disini ada wellang kadung🙂 … lutu deh, suka ajrut2an🙂

          • He..??
            ajrut2an ?
            hayooo
            mita
            saru !……

          • weeeee itu loh bhs indnya belalang sembah, kan suka ajrut2an😦

          • iya.. saru tu

          • yeeee engga dunk😦

          • masak anak kecil dah tau saru?😦

  4. Sugeng Enjing Ki Is..
    Siap menanti rontal..
    Sugeng makaryo…

  5. Selamat pagi…menunggu malam

    • Selamat pagi….menunggu sarapan nasi tepong

      • sarapan e wong osing, Kang?

        • Leres Ki…sakjane enak di nggo nyorean…

  6. Insya Alloh nanti Malam diusahakan bisa wedar.

    Nuwun..

    • Alhamdulillah…

      • Alhamdulillah…

        • Alhamdulillah…

          • Alhamdulillah…

          • Alhamdulillah…

    • Poro Bebahu dalan Poro Kadang Sutresno ingkang dahat kinurmatan,
      Karena wedaran masih lama maka kesempatan ini dapat kita gunakan buat baca referensinya di Dongeng Atrhopologinya Ki Bayuaji.
      Mohon maaf kalau saya bersikap kritis dalam posting2 saya, bukan sama sekali karena saya merasa lebih benar atau lebih pandai dari pengarangnya, bukaaaan sama sekali, ………
      Oh masih jauh beribukilometer panggang dari api, ….
      Saya bersikap kritis, biar bacaan yang sudah menarik bisa lebih menarik lagi kalo kita landasi dengan pengetahuan yang benar, dan alhamdulillah memang tersedia di Padhepokan berkat budi Ki Bayuaji.
      Dan nampaknya Ki S Djatilaksana menggunakan acuan Negara Kertagama dan Pararaton, walaupun terkadang meleset seperti yang dikatakan Ki Bayuaji.
      Ada lagi yang tidak pas, ….. apa iya anak2 jaman mojopahit sudah nyanyi : Pumpung padang rembulane, pumpung jembar kalangane. Bukankah ini bagian dari lagu Lir Ilir karya Sunan Kalijaga. Seperti kita ketahui Sunan Kalijaga hidup pada masa kerajaan Demak, setelah runtuhnya Mojopahit.
      Nuwun.

      • setuju🙂

  7. Alhamdulillah juga bisa sambang padepokan lagi setelah 3 hari 4 malam ada gangguan petir. He..he dasar gaptek ternyata modem dimakan petir nggak merasa.
    Sugeng enjang Poro Kadang sedoyo

  8. Nuwun,

    Ki Ismoyo: “amargi ewuh cangkulan….. Audit Bea & Cukai ugi Audit Accounting kangge persiapan SPT Tahunan WP-Badan.”.

    Membaca tulisan Ki Is, Ki Is adalah Pejabat yang mengelola Keuangan Negara. (Nyuwun sèwu menawi klèntu).

    Alhamdulillah Ki Ismoyo di tengah-tengah kesibukannya Keuangan Negara, masih berkesempatan “mengelola” Padepokan GS.

    Sebagai pejabat pengelola keuangan negara atau di zaman Majapahit disebut mangilala drwya haji, yakni salah satu Tanda.

    Di Majapahit para pegawai pemerintahan disebut tanda, adapun mangilala drwya haji adalah pengelola kekayaan raja, maksudnya pejabat pemungut pajak negara.

    Banyak prasasti yang membicarakan tentang tugas mangilala drwya haji, salah satunya adalah mendata penetapan sima atau daerah perdikan, yaitu daerah bebas pajak.

    Prasasti yang menyebutkan tentang daerah bebas pajak, kalau zaman sekarang dapat disebut sebagai Surat Keterangan Bebas Pajak (PPh atau PPN tergantung jenis pajaknya).

    Kepada Ki Ismoyo dan sanak kadang yang bertugas sebagai mangilala drwya haji inilah, 80 % “pêndaringan” Republik Indonesia bergantung.

    Sekedar ilustrasi bahwa realisasi penerimaan negara berupa pajak berdasarkan data per Januari 2011; hingga akhir 2010 baru mencapai Rp 649,042 triliun atau 98,1 persen dari target yang ditetapkan dalam APBNP 2010 sebesar Rp 661,4 triliun (untuk catatan, bahwa Rp. 700 triliun, menurut saya adalah angka yang logis dapat dicapai).

    Sugêng tindak makaryå Ki.

    Nuwun

    punåkawan

    • angka logis : Rp.700 T

      pertanyaannya : berapakah angka biologisnya ???

      • Kêrsanipun Ki Pandanalas berapa Ki

  9. @Ki Bayuaji Ingkang Dahat Kinurmatan,
    Ternyata pertanyaan saya sudah saya temukan Ki Arya Tadah alias Pu Krewes di Buku Dongeng Anthropology panjenengan di Rontal No.8 bab Tata Pemerintahan Majapahit, seperti cuplikannya dibawah ini.

    Berikut Nama Nama Patih Majapahit menurut Kitab Pararaton :
    1) Mahapatih Nambi 1294 – 1316.
    2) Mahapatih Dyah Halayuda (Mahapati) 1316 – 1323.
    3) Mahapatih Arya Tadah (Empu Krewes) 1323 – 1334.
    4) Mahapatih Gajah Mada 1334 – 1364
    5) Mahapatih Gajah Enggon 1367 – 1394.
    6) Mahapatih Gajah Manguri 1394 – 1398.
    7) Mahapatih Gajah Lembana 1398 – 1410.
    8) Mahapatih Tuan Tanaka 1410 – 1430

    Dan Ki S Djatilaksana juga sudah menyebutkan tokohn ini yang mewakili Raja menghadiri Perayaan di Kahuripan (Adu Banteng vs manusia) dengan jabatan Mentri. (Hal 52, akhir alinea 2, Rontal MMGK-17).
    Pemberontakan Dharmaputera yang dipimpin Kuti terjadi pada Tahun 1319, berarti terjadi pada saat Aluyuda menjabat sebagai Maha Patih.
    Baiklah kita tunggu saja bagaimana kelanjutannya di MMGK. Jadi semakin menarik nih!

    Nuwun.

  10. Habis macul mampir ke padepokan ternyata masih sepi😦

    • kok mboten dahar rumiyin ta?🙂

    • Haduuu, ……. tiwasan kulo bengak-bengok babagan Mahapati kalih nembang
      Lir-Iliripun Sn Kalijogo panjenengan anggep sepi? Sing rame menawi wonten Mita Puranti nggih Ki?
      Haduuu,….
      Nggih empun kulo tek nyilem krihin, ……. bleb bleb bleb, ….. nyusul Ki Maheso Kompor.

      • puranti tu artina apa eyang?

        • mungkin hampir sama dengan…..kiranti

          • weee mita dah sholat lg tuuu🙂

          • lho emangnya kemarin-2 mbak mita gak sholat?!

          • kan lg ga boleh😦

          • napa gak boleh?

          • iiih nanya mama dik satpam deh😦

          • eh kmrn wkt tak balang sandal tu kena ga?🙂🙂

          • dah jauh….

          • tak balang lg mau ?🙂

        • putri ragil ingkang dianti-anti ? … tp mita sulung tu?😦

          • ya tinggal diganti..pusunti..gitu

          • iiih jeleeek😦

          • Lha apa lho….yo wis diganti..
            pasutri…

          • weee kan lom nikah🙂

          • katanya
            pengin
            nikah
            muda…..

          • iyaaa pengeeen, tp beluuuuuum😦😦

  11. sugeng siang

    • monggo manuk..eh..masuk Ki Bancak…

      Sugeng siang ugi..

    • bancak menika artinipun menapa njih?

      • artine ngeban karo macak..eh..nuwun sewu Ki Bancak …seharusnya Ki Bancak yang menjawab….

      • bancak kuwi maem bareng2 sak tampah….
        koyo pas mitoni kae lho..terus rebutan ayam..
        tapi nek neng nggonku rodho aneh, sing nggo rebutan mung ayam rung werno : ayam kampung + ayam kampus

        • oooh dalem westani ban becak🙂 …wikikiki … haduuu nyuwun pangapunteen njih, naming gojeg lhee🙂

          • FB mu MIT ….

            pls add me : Sang Pengembara

          • wiii, takut klo diajak mengembara, … ntar ga pulang2 deh …🙂

          • hmmm….

            just a friend…
            ga kurang..ga lebih

          • ngobrol disini aja, malah bisa lebih dari fren🙂

          • speechless

          • napa sih hrs di fb?

          • Pengen lebih intm keknya iku Ni Mit…

          • eh pertanyaanku kok ga dijawab ki alghors?

          • pertanyaan po?

          • yo wis… YM wae

  12. Sugeng siang.
    Kadang sedoyo.
    Ki Pandanalas, yen maem bareng-bareng wonten tampah namine “bancakan”Ki. Biasane yen ten daerah Solo yen pas dino wiyosan (kelahiran) biasanipun selapan sepindah, sego gudangan (urapan) kaliyan tigan rebus terus digagi-bagi mawi pincuk (piring daun pisang).

    • injih leres ki, kolo wau naming bade gojeg kok🙂

  13. 304…sore-sore HADIR

    MITa wes pinter ngeLES, tetep semangaat ki PA

    • ki Menggung…aku meh sambat sopo maneh coba…
      (sak jane gampang golekane, mung aku pengin MITA sing ngasih tau…ben “SREG”)

      • dont give up hope..stay strong..!

        • kata ki wi, ki pa tu stay strong forever loh🙂

          • maju TERUS pantang MUTUNG….dukung kiPA

    • weee sapa yg pinter ngeles? … kan mita bukan bu guru? … mang ki yupram mo les apa? matematika?🙂

      • ato les mitamatika ? … itu jurus tuk membuat mita mati langkah🙂 dari perguruan pedang rangkap🙂

        • yg nyiptain bude pandan wangi tuk jaga2 klo mita jadi murid nakal, ntar dimatiin pk jurus ini🙂

          • hehehe….siCUCU kakek KARTO memang
            pinter,

            ada crita MIT, jaman isih eNOM pernah
            cantrik ditawari konco akrab :

            “mau kerja ringan hasilE gede” tanya
            konco cantrik.
            “kerja apa-an….leGAL ??” pura2 ALIM

            “ya leGAL….mau gak” desak si konco.

            “yo wes mau, memang kerja apa-an…??”
            sambel tersenyum si konco bilang bgini
            “ngeLESi pelurunE marinir latihan nembak”

            asem-asem…kecut,

  14. 307…sore-sore HADIR

    • HADIR sore sore ping 703..

      • klo ki anatram di yuselan lg sekolah apa kerja? apa ngajar?

  15. sore…
    kalo-kalo ada kejutann…..!!!

  16. ki alghors, di mesir tu ngapain? … sekolah? … dmn? fakultas apa? … apa ngajar?

    • Delok neng info FBku ae Ni wis lengkap neng kana…

      • iiih kok spt ki pandan, suka di fb, … disini aja, biar yg laen jg ikutan tau🙂

        • sebagian besar cantrik-mentrik sini sdh ada FB dan tergabung d group ADBM…wis ribuan lho…

          • Kecuali Ni Mit yg gak mau gabung loh…

  17. 330…wayah sepi bocah…
    HADIR

    • 331…wayah sepi-sepian…
      HADIR

      • matur nuwun

        • monggo ki sampun cemawis bancakanipun, ndang dipun rahabi, supados ingkang kagungan kerso, reno ing penggalih

          • njih ki,

            matur nuwun ki Panembahan,

  18. Matur nuwun Ki Ismoyo, ……… walau sibuk masih nyempetin memenuhi janji lho!
    Nuwun.

  19. Matur nuwun Ki Ismmoyo

    • Tumut matur nuwun Ki Ismoyo.

  20. mohon ijin ngunduh
    terima kasih ki ismoyo

  21. Matur nuwun Ki Langsung ngunduh wonten emperan.
    Untungipun mboten jawah dados mboten teles.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: