Dongeng Punakawan

On 13/12/2013 at 08:33 punakawan said: 

Nuwun,

Menjelang sholat Jum’at, Punåkawan sowan, kanthi nggêmbol rontal:

NAMAKU IZRAIL, TUGASKU MENGEMBALIKAN RUH SEGALA MAKHLUK KEPADA SANG MAHA KHALIK.

Namaku Izrail, yang tiba-tiba datang tak diundang menjemputmu.

Aku ada, makhluk lainnya juga ada, semata-mata karena limpahan rahmat dan kasih sayangNya, sehingga ketika Dia mendeklarasikan KekekalanNya dan KemandirianNya yang Absolut maka Dia berkata: “Aku adalah Tersembunyi, Aku dikenal.”

Aku ciptakan makhluk, maka denganKu makhluk akan mengenalKu, dengan Rahmat dan Kasih SayangKu, Makhluk akan sampai padaKu”.

Dia ucapkan kalimat suci Bismillahir al-Rahmaan al-Rahiim, sebagai Rahmat dan Kasih Sayang yang Dia limpahkan tanpa pandang bulu, sebagai bagian dari Perbendaharaan DiriNya yang tak akan ternilai oleh semua makhlukNya, tak akan terbalaskan kecuali oleh rahmat dan hidayahNya sendiri.

Maka, dalam pemeliharaan Asma AgungNya, Allah, Ar-Rahmaan dan ar-Rahiim, Dengan lingkupan DiriNya Yang Maha Hidup dan Maha Mematikan.

Dia firmankan Kehendak dan KekuasaanNya “Jadilah!” dan muncullah cahaya KemegahanNya sebagai Nur Muhammad, hakikat citra awal mula CahayaNya yang sempurna; penyaksi keesaan DiriNya Yang Maha Esa, kemudian aku mengetahui bahwa melaluinya aku akan mengenalNya.

Dalam pusaran wawu, Hasrat dan Keinginan DiriNya berputar melawan detak Sang Waktu, Nur Muhammad adalah CahayaNya yang tidak tercitrakan di alam nyata; kecuali bagi mereka yang memiliki ketaatan dan ketundukan, sebagai hambaNya, bashirah dari KemahalembutanNya, dengan qolbu penyaksi yang Mukminin, dan mereka yang menempatkan dirinya sebagai bagian dariNya sebagai al-Mukmin.

Ketika Nur Muhammad menyinari zarah tanpa massa, yang kelak ditakdirkan menjadi al-Haba, maka dalam kuatnya pusaran wawu, Thaaha adalah ketetapan dari Asma-asmaNya yang dinyatakanNya menjadi ketetapan.

DisebutkanNya sebuah kata : Shaad, menjadi citra-citra gerak dan rasa perubahan inderawi, imajinal, dan kehidupan. Cahayanya semburat fondasi semesta meluas cepat. Diatas cahayanya sebagai Nur Muhammad, Cahaya DiriNya adalah Cahaya Diatas Cahaya, yang menjadi lem perekat realitas dengan CintaNya.

Lalu disabdakanNya:

Thaasin. Dari firmanNya itu Kehendak dan KekuasaanNya maujud, dalam diri yang menghamba hanya padaNya dengan ikhlasNya maka terciptalah minyak zaitun yang diberkahi, yang kilau kemilaunya mampu menerangi, kendati tanpa disentuh api:

Gusti Pangéranirå iku papadhanging langit lan bumi; sanépané papadhangÉ kåyå déné cagak kang ing dhuwuré ånå damaré; damar iku ånå ing sajroning gêdhah, gêdhahé iku kåyå déné lintang kang gumêbyar, diurubaké såkå wit Zaitun kang binarkahan, ora Wétanan lan ora Kulonan, kåyå-kåyå lêngané iku amadhangi sanajan ora kagêpok ing latu – cahyå sadhuwuring cahyå. Panjênêngané iku anuntun marang papadhangÉ såpå kang dadi kaparêngÉ, sartå Gustimu iku adamêl sanépå-sanépå tumrap pårå manuså, lan Pajênêngané iku Angudanèni marang samubarang.
[QS. An Nur – Cahyå – (24) : 35]

[Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahayaNya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.]
[QS. An Nur – Cahaya – (24) : 35]

Nur, utawi papadhang, punikå ingkang amêdharakên barang-barang ingkang sumingid. Wondéné milå ing ngriki Allah sinêbut papadhanging langit lan bumi, punikå jalaran inggih Panjênênganipun punikå ingkang amêdharakên såhå ingkang nitahakên langit lan bumi wau.

Pratélan punikå kasambêtan ing sanépaning papadhangipun Pangéran, ingkang manawi kacundhukakên kaliyan ayat-ayat sambêtipun ingkang gagandhèngan, têrang-gamblang suraosipun, nanging manawi gagandhènganipun wau botên dipun wigatosakên, lastantun namung dados cangkriman kémawon.

Ing dalêm sanépå candhakipun, Islam kasanépakakên kados déné papadhanging Pangéran; papadhang ingkang kapasang wontên ing cagak ingkang inggil, ngantos saindhênging jagad kasunaran ing cahyanipun: papadhang ingkang karêkså, sarånå kapasang wontên ing salêbêting gêdhah, murih sumiliring samirånå botên sagêd mêjahi papadhang wau, papadhang ingkang cahyanipun sumunar-sumunar anêlahi, ngantos gêdhah ingkang dipun anggé wadhah wau kados déné lintang ingkang gumêbyar cahyanipun.

Kêdah dipun pèngêti bilih asring kapangandikakakên wontên ing Quran Suci, agami Islam punikå kasêbut papadhanging Pangéran: “Dhèwèké pådhå karêp arêp nyirêp papadhangé Pangéran kalawan lisan-lisanê, nanging Pangéran ora marêngaké, kajåbå malah anyampurnakaké papadhangÉ sanadyan pårå manusa kang kataman bêndhu lan pêpêtêng pådhå gêthing” (9: 32, 61: 8).

Dados ingkang kapangandikakakên ing sanépå papadhanging Pangéran, punikå Islam. Zaitun ingkang binarkahan, tuking papalang wau, punikå ing ngriki minångkå pasêmonipun agami Islam, botên prabédå kalawan Tin punikå dados pasêmonipun agami Yahudi.

Zaitun ingkang binarkahan, ingkang minångkå dados pasêmonipun agami Islam, punikå botên kagolong Wétanan lan botên kagolong Kilènan. Makatên ugi agami Islam, ingkang kêdah sukå papadhang dhatêng wétan lan kilèn, punikå inggih botên mligi kagolong wétan utawi kilèn.

Sajakipun ingkang dipun karsakakên punikå gathukipun dados satunggal wétan lan kilèn wontên ing dalêm Islam, inggih punikå piwêcå ingkang sapunikanipun mèh kêlampahan, wiwit mangêrtosipun kilèn dhatêng kayêktèning piwulangipun agami Islam.

Tîn lan Zaitun punikå pasêmonipun saréngat ingkang katurunakên ing rêdi Sinå tuwin saréngat ingkang katurunakên ing kithå suci Makkah.

Ayat kakalih candhakipun nyêthakakên bab prakawis punikå. Kêdah dipun pèngêti bilih Kanjêng Nabi Muhammad katandhing kaliyan Kanjêng Nabi Musa punikå sampun kasêbutakên wontên ing dhawuh-dhawuh ingkang tumurun ing jaman wiwitan sangêt, kadostå dhawuh punikå tuwin dhawuh ing 52: 1-6 lan 73: 15.

Sadåyå pårå mufassir Bibêl sami angakêni, bilih wit Tîn punikå dados pasêmonipun saréngat Yahudi, sartå inggih punikå maksudipun Kanjêng Nabi ‘Isa nglaknati wit Tîn ingkang lajêng dados aking punikå.

Yèn ta botên mêngku têgês makatên punikå, lalampahan wau nåmå lalampahan ingkang botên sagêd dipun têrangakên kajêngipun.

Kacariyosakên wontên ing Matius. 21 : 19, bilih ing satunggaling dintên, wanci énjing uthuk-uthuk, Kanjêng Nabi ‘Isa rawuh saking Bêtani; nalikå punikå panjênênganipun kêraos ngêlih, mila lajêng marêpêki satunggaling wit Tîn pêrlu badhé mêtiki wohipun.

Nalikå panjênênganipun mirså bilih wit wau botên wontên punåpå-punapanipun kajawi namung ronipun, panjênênganipun lajêng nglaknati wit wau, sami sanalikå wit wau lajêng garing.

Dalasan pårå mufassir Bibêl sami angakêni, bilih lêkasipun Kanjêng Nabi ‘Isa wau atêgês anggènipun angêmohi pårå titiyang Yahudi.

Pancèn tindakipun Kanjêng Nabi ‘Isa wau mêngku têgês, bilih påra titiyang Yahudi punikå sêrupi kaliyan wit Tîn, wontên godhongipun nanging botên wontên wohipun; malah dalasan ronipun wau pisan, ingkang tumrap pårå titiyang Yahudi dados pasêmoning pandamêlipun lahir bångså pangibadah, ing sapunikå inggih garing.

Anggènipun angêmohi titiyang Yahudi wau kasêbutakên langkung cêthå déning Kanjêng Nabi ‘Isa wontên ing dalêm sanépanipun pakêbonan anggur (Matius. 21: 33), ingkang pinungkasan ing dhawuh:
Karatoning Allah bakal pinundhut såkå ing kowé, banjur kaparingaké marang sawijining bångså kang angêtokaké wohé” (Matius. 21: 43).

Dhawuh sabdanipun Quran Suci mangandikani kulå sami, bilih “bångså kang angêtokaké wohé” wau kaum Muslimin.

Prayogi dipun têrangakên pisan bilih Nabi Yêrêmiyah ugi nyanépakakên bångså Yahudi kados déné woh Tîn kalih wakul, woh Tîn ingkang saé atêgês pårå tulus ing antawisipun bångså Yahudi, woh Tîn ingkang awon atêgês pårå duråkå (Yêr. Bab 24).

Wondéné wit Zaitun, sampun gênah sawênèh tafsir Bébêl mastani manawi ugi dados pasêmonipun bangsa Yahudi. Nanging Quran Suci wontên ing ngriki ngagêm wit Zaitun wau dados pasêmonipun saréngatipun Kanjêng Nabi Muhammad SAW.

Sartå bab punika wontên ing satunggaling dhawuh ingkang tumurunipun langkung kantun dipun têrangakên såhå dipun cêthakakên “sanépané papadhangé kåyå déné cagak kang ing dhuwuré ånå damaré, damar iku ånå ing sajroning gêdah, gêdahé iki kåyå déné lintang kang gumêbyar, diurubaké asal såkå ing wit zaitun kang binarkahan, ora wétanan lan ora kulonan” (24: 35).

Ing ngriki kalayan têrang Islam kawarnå kadi déné wit Zaitun, awit saking punikå lisahipun inggih kêdah kaanggêp dados pasêmonipun Islam.

Tatandhingan punikå anêdahakên, bilih anggêr-anggêr (saréngat) ingkang katurunakên ing rêdi Sinå punikå sampun pêjah, kados déné wit Tîn ing sanépanipun Kanjêng Nabi ‘Isa, nanging papadhang anyar, ingkang kaurubakên saking wit Zaitun ingkang binarkahan, botên sagêd pêjah ing salami-laminipun, jalaran papadhang wau botên kagolong Wétan lan botên kagolong Kilèn, wangsul kakarsakakên kanggé sadåyå manuså tumrap sadåyå jaman, wangsul saréngat Musa kawatêsan ing wêkdal lan panggènan.

Dados ing dhawuh punikå wontên isyarah utawi sasmitå bab kautusipun Kanjêng Nabi kanggé ing sajagad.

***

Kilau kemilau cahaya minyak Zaitun adalah Simetri Kegaiban MutlakNya yang pecah mandiri dengan rupa dan bentuk, rasa dan gerak huruf WaWu, melahirkan CintaNya dengan Niat dan HasratNya semata.

Sebuah suara kemudian menggema dalam ruang waktu ciptaan Suara Jiwa yang menjadi rahasia bashirah keEsaan DiriNya Yang Maha Esa. Dari Kegaiban MutlakNya, Rahmat dan Kasih SayangNya melimpah tumpah, di sudut-sudut Ruang dan Waktu yang menghamba padaNya. Kesadaran Jiwa semesta tumbuh, mengembang, menguncup, mengembang, dan tumbuh lagi dalam DiriNya yang Maha Hidup dan Maha Mematikan, al-IradahNya goncangkan kegaiban al-QudrahNya menjalar menjadi denyut hasrat yang maujud dari niatNya untuk dikenal.

Gemulainya menari dan menjulur mencapai batas-batas semua ketetapan al-Haba hadir sebagai debu awal mula dalam semburat cahaya Nur Muhammad yang meneranginya. “Jadilah!” lelehan minyak Zaitun itu seperti minyak tak tembus cahaya, lantas kehendakNya terkonfirmasikan sebagai plasma awal mula yang meledak-ledak dengan sendirinya, ciptakan gelombang Dentuman Awal Mula (Big-Bang), yang lontarkan al-Haba jadi debu-debu materi pemula, potensi-potensinya meluaskan ruang awal-mula dalam ketakberhinggaan Sang Waktu yang mengada menjadi fondasi alam nyata; darinya muncul salah satu kaumku yang mampu menjangkau setiap sudut-sudut semesta; membangun superspace, struktur ruang-waktu alam semesta awal mula.

Dari Nur Muhammad, maujud salah satu kaumku mengikat semua maujud al-Haba menjadi semua makhluk, baik sendiri-sendiri sebagai gelembung-gelembung kuantum, maupun sintesa dari banyak zarah menjadi Quarkcitarasa-citarasa

Quark, dikenal sebagai materi elementer terkecil dalam fisika teoritis yang hanya dapat dimengerti dengan citarasa-citarasa keatas, kebawah, menyenangkan, dan ungkapan metafisi lainnya.

Sebagaimana dijelaskan dalam model standar pada fisika partikel, bersama-sama dengan lepton dipercaya sebagai partikel elementer yang membentuk materi. Kombinasi beberapa quark membentuk jenis partikel yang disebut hadron, di alam terdapat dua macam hadron yaitu meson dan baryon.

Partikel berjenis meson terdiri dari dua buah quark, partikel berjenis baryon terdiri dari tiga jenis quark dan baru-baru ini ditemukan adalah pentaquark yang terdiri dari lima buah quark.

Partikel-partikel seperti proton dan neutron termasuk ke dalam jenis baryon, sedangkan elektron bukan tersusun atas quark melainkan sudah merupakan sebuah partikel elementer yang termasuk dalam jenis lepton.

Terdapat enam jenis quark yang berbeda yang dibedakan berdasarkan “rasa”-nya, yaitu up, down, charm, strange, top and bottom (naik, turun, pesona, aneh, atas dan bawah.)

Antipartikel quark disebut antiquark. Dalam teori kromodinamika kuantum masing-masing quark: up, down, charm, strange, top and bottom itu, memiliki tiga buah “warna” yaitu merah, hijau dan biru (MHB, RGB) di mana sebuah partikel hanya bisa dibentuk oleh paduan “warna” netral.

Quark — citarasa-citarasa — yang hanya bisa diraba dan dirasa dengan tiga warna menjadi inti-inti dan atom-atom awal mula yang melahirkan nafas rahmatNya dengan PengetahuanNya dan kehambaan makhlukNya, kilatan KekuasaanNya menerangi dengan firmanNya Alif-Laam-Raa (QS 2:1), membangun ikatan-ikatan Rahmat bagi Seluruh Alam menjadi molekul-molekul, gen-gen, sel-sel, jaringan-jaringan, organ-organ, obyek-obyek, menjadi semesta dengan galaksi-galaksi, bintang-bintang, planet-planet, batuan-batuan, gunung-gunung, mata air, samudera, lautan, danau, dan sungai, tumbuhan, binatang, manusia, dan menjadi bagian demi bagian dirimu yang lahir dan yang batin adalah Arasy KerahasiaanNya yang tak boleh kamu ucapkan tanpa seijinNya. Kaummu, tercipta dari proses setelah milyaran tahun Kun Fa Yakuun berjalan dalam ketentuan azali sebagai yang terukur, dengan syarat keseimbangan yang menjadi citra Kemahabijaksanaan DiriNya yang tanpa cacat, Penguasa Jagad Raya, sampai kaummu mampu mengenaliNya dari niat dan hasratNya untuk dikenal dengan rasa, gerak, simbol-simbol, bilangan-bilangan, huruf-huruf, dan kata-kata bermakna.

Dari setiap sudut yang tercitrakan olehmu, bagian-bagian awal mula dirimu yang berserakan di muka Bumi kukumpulkan dengan sayap-sayapku. Itulah tanah lempung dari seluruh penjuru bumi, yang pernah kuambil dulu.

Kemudian, Dia tiupkan Ruh dari cahayaNya dengan perintahNya. Dia berfirman ketika itu, Alif Laam Mim Ra (Qs 13:1) Cahayamu. Dia ciptakan dengan penuh rahmat, kasih sayang dan kemuliaanNya Dengan menganugerahkan PengetahuanNya. Maka “Jadilah!”, kaummu yang mengemban semua amanat kesempurnaan citraNya;

Amanat yang tak sanggup diemban kaumku, amanat yang tak sanggup diemban oleh semua makhluk kecuali kaummu.

Adam yang diciptakan sebagai manusia sempurna pertama, adalah moyangmu, yang memahami asmaa-aKullahaa, yang menjadi khalifah pertama mengemban amanat itu. Dialah yang mendapatkan sebutan khusus sebagai:

insaana fii ahsaani taqwiim

manuså ing dalêm bêcik-bêciking dumadi

[manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.]

[QS. At Tin – Ara, Êlo – (95) : 4].

Kamu mungkin heran, kalau aku sendiri sebenarnya mahluk yang sangat tak kasat mata. Serpihan al-Haba dan Nur Muhammad adalah bahan bakuku, yang terhalus ciptakan diriku.

Disaat tertentu, kaumku jadi sangat nyata dan bisa berbentuk apa saja. Persis seperti cahaya yang memantul atau bayang-bayang yang timbul dari setiap makhluk dibawah cahaya.

Karena aku dekat dengan esensi dirimu, maka penampakkanku sebenarnya sangat tergantung pada apapun yang menggerakkan tindakanmu, motivasimu, dan niat-niatmu.

Bagi kaum sejenisku, bentuk tak berarti apa-apa. Selama milyaran tahun, Dia telah menetapkan masing-masing dari kami dengan urusan-urusan yang khusus dan tertentu.

Dia telah berfirman, Thaahaa (QS 20:1) Sebagai ketetapan untuk mengungkapkan maghfirahNya dengan PengetahuanNya. Semua itu, dinyatakanNya untuk menyingkapkan segala sesuatu dari Asma-asmaNya, Sifat-sifatNya, PerbuatanNya, Inti DzatNya yang menjadi ketentuanNya.

Kami adalah kaum spesialis, dengan perintah-perintahNya, yang tak bisa kami bantah. Kami menyertai setiap gerak-gerik segala makhluk selain kaum kami. Karena tugas kami memang begitu.

Kami awasi segala perilaku dan tindak tanduk kaummu, kesesatanmu, kemuliaanmu. Kami bukan memata-matai, tetapi sekedar mencatat atau tugas-tugas khusus lainnya.

Semuanya kami catat sesuai dengan yang kami ketahui. Tapi lebih tepatnya menjadi saksi atas proses kesempurnaanmu, dengan rahmat, anugerah, kasih sayang, hikmah, kemahaadilan dan kemahabijaksaanNya.

Dia telah berfirman dengan kelembutan sebelum semuanya ditampilkan dengan Basmalah, Kaf ha ya Ain Shaad (Qs 19:1), dan Kelembutan itu adalah “yatalaththaf” (Qs 18:19), yang memunculkan Rahmat dan Kasih Sayangnya ketika Kun fa Yakuun (Qs 36:82), dicetuskan sebagai perintah penciptaan dengan ketentuan yang pasti terjadi (QS 69:1)

Tugas yang kuemban entah sampai kapan, aku sendiri tidak pernah diberi tahu. Seperti aku misalnya. Tugasku sangat spesifik untuk mengembalikan ruh segala mahluk kembali kepadaNya.

Setelah itu, ya sudah, petugas yang lain dari jenisku akan meneruskan proses itu. Begitu saja setiap saat dari waktu ke waktu. Monoton memang.

Tapi entah kenapa aku senang-senang saja menjalankan titahNya itu. Bagiku menjalankan perintahNya bukan sekedar tugas atau perintah. Tapi menggairahkan unsur-unsur pembentukanku.

Entah sudah berapa banyak aku mengembalikan ruh setiap makhluk di semesta ini. Dari kaum apa saja, dari ras apa saja. Yang baik-baik ataupun yang durhaka. Yang sedang sekarat ataupun yang sehat-sehat saja.

Pokoknya, yang berdiam disetiap sudut semesta, yang mengikuti proses sejak Kun Fa Yakuun difirmankan.

Aku sendiri, tentu saja menjadi bagian dari proses itu. Tapi karena kuasaNya, tugas kami memang cuma menjaga agar proses itu berjalan seperti yang Ia Kehendaki. KehendakNya adalah KemutlakkanNya. Maka kaum kami seringkali merupakan bagian dari apa yang disebut sunnatullah.

Aturan dan ketetapan-ketetapan yang menyertai kun fa yakuun, baik yang pasti atau tidak pasti.

Kenapa Aku? Kenapa aku yang ditugasi begitu? Ini ada sejarahnya. Kan tadi sudah kukatakan, bahwa aku dulu pernah mengambil debu dari bumi.

Ketika Dia hendak menciptakan Adam, moyangmu itu, Dia mengutus satu malaikat yang sebenarnya tugasnya memikul ‘Arsy untuk membawa debu dari bumi.

Ketika dia bersikukuh ingin mengambil debu dari bumi, Bumi berkata “Aku memintamu demi Dzat yang telah mengutusnya agar engkau tidak mengambil apa pun dariku sekarang yang neraka memiliki bagian darinya”.

Malaikat pemikul Arsy terkejut, maka dia pun batal mengambil debu bumi. Ketika ia melaporkan kepadaNya, Dia berfirman “Apa yang mencegahmu untuk membawa apa yang telah aku perintahkan kepadamu?”. Dia menjawab, “Bumi telah meminta kepadaku demi keagunganMu, sehingga aku merasa berat untuk menolak sesuatu yang meminta demi KeagunganMu”.

Maka Allah kemudian mengutus malaikat lainnya kepada bumi, tetapi bumi mengatakan alasan yang persis sama seperti sebelumnya. Demikian sampai entah berapa milyar tahun dalam ukuranmu sampai Allah mengutus semuanya. Akhirnya Allah mengutusku untuk mengambil debu.

Bumi pun mengatakan seperti sebelumnya. Tapi, sudah menjadi kehendakNya kalau segala sesuatu yang berhubungan dengan debu dan tanah liat akan ditugaskan kepadaku. Aku berkata kepada bumi, “Sesungguhnya Dia yang mengutusku lebih berhak untuk ditaati daripada kamu”.

Bumipun diam dan pasrah atas kehendakNya. Akupun mengambil dari permukaan bumi seluruh tanah yang baik dan buruk, semua unsur yang ada di Bumi yang mengandung Carbon, Hidrogen dan Oksigen, dan membawanya kepadaNya.

Lalu Dia mengucurkan air surga kekumpulan debu bumi itu sehingga menjadi lumpur hitam yang diberi bentuk yaitu min thiin dan darinya Ia menciptakan Adam.

***

Lan sayêkti têmên Ingsun wus anitahaké manuså såkå sulaalatin min thiin (sari-pathining lêmah);

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

Tumuli iku Ingsun dadèkaké nuthfatan fii qaraarin makiin nuthfatan fii qaraarin makiin (wijining urip ånå sajroning papan kang kukuh.)

Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

Tumuli wijining urip iku Ingsun dadèkaké såkå ‘alaqatan — (sawijining gawan kang nèmpèl) –, banjur gawan mau iku Ingsun dadèkaké ‘alaqata mudhghotan (daging saêrêb), banjur (ing sajroning) daging saêrêb iku Ingsun dadèkaké mudhghota ‘idzaaman (babalung), banjur balung iku Ingsun ‘idzaama lakhman (busanani daging), tumuli iku Ingsun thukulaké dadi titah séjéné; lah Mahabarkah Pangéran iku, Bêcik-bêciking Dzat Hang-Anitahaké.

Kemudian air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesutau yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

[Qs 23 Mukminin — Para angèstu — (23) : 12].

Ing ngriki tumitahipun manuså punikå dipun urut ngantos dumugi siti, inggih punikå saking sarining siti, amargi wijining gêsang ingkang wontên ing tirtå pulanghiyun makatên sarining têdhå, ingkang asalipun saking siti, sanajan awujud punåpå kémawon.

Kêdah dipun pèngêti, bilih sadåså ayat ingkang rumiyin, punikå ingkang dipun pangandikakakên bab tumuwuhing ruhaniyahipun manuså, déné bab tumuwuhing jasmaniyahipun manuså, kapangandikakakên wontên ing ayat ngriki.

Dados ingkang makatên wau atêgês namtokakên tatandhingan antawising tumuwuhipun jasmani lan ruhani.

Tataran warni-warni tumrap tumuwuhing jabang bayi anakipun manuså, ingkang kagêlarakên wontên ing ngriki, punikå cocog sangêt kaliyan panaliti-priksanipun kawruh.

Namung kémawon kêdah dipun èngêti bilih aksårå fa, têgêsipun tumuli, kados déné ingkang kagêm wontên ing dhawuh: banjur babalung iku Ingsun busanani …… punikå botên mêsthi mêngku suraos urutan-urutan ingkang makatên punikå sampun kacêthå wontên ing sasambêtanipun dhawuh, ingkang anêbutakên bilih ingkang rumiyin daging saêrêb, lajêng babalung ingkang rumiyin piyambak thukul wontên ing daging ngriku.

sawijining gawan kang nèmpèl” (sesuatu yang melekat)

Pelekatan ini disebutkan beberapa kali dalam Al Qur’an. Salah satunya ayat pertama dari surat 96 ayat 2.

Artinya: “Yang menciptakan manusia dari sesuatu yang melekat.”

Lazim diterjemahkan sebagai segumpal darah. “Sesuatu yang melekat” adalah terjemahan kata bahasa Arab: ‘alaq. “Ini adalah arti yang pokok.

Arti lain adalah “gumpalan darah” yang sering disebutkan dalam terjemahan al Qur’an. Ini adalah suatu kekeliruan yang harus kita koreksi.

Manusia tidak pernah melewati tahap “gumpalan darah.” Ada lagi terjemahan ‘alaq dengan “lekatan” (adherence) yang juga merupakan kata yang tidak tepat.

Arti pokok yakni “sesuatu yang melekat” sesuai sekali dengan penemuan ilmu pengetahuan modern.

Ide tentang “sesuatu yang melekat” disebutkan dalam 4 ayat lain yang membicarakan transformasi urut-urutan semenjak tahap “setetes sperma” sampai sempurna.

***

Itulah sebabnya kenapa aku ditugaskan untuk mengambil ruh manusia dan mengembalikannya ke Yang Berhak Menentukan Nasib.

Aku tak mengenal belas kasihan. Dulu, aku pernah berbelas kasih kepada manusia yang hendak kucabut nyawanya.

Namun, kehendak Allah mengandung rahasia-rahasia yang tersembunyi, sehingga akupun malu melakukan penentangan KehendakNya.

Suatu hari, aku diperintahkan mencabut nyawa seorang perempuan di padang pasir yang panas. Ketika kudatangi, dia baru saja melahirkan anak laki-laki.

Aku menaruh belas kasihan kepada perempuan itu karena keterpencilannya, dan juga kasihan terhadap anak laki-laki perempuan itu karena masih bayi namun tidak terawat di tengah padang pasir yang buas.

Namun fatal akibatnya, karena anak kecil dimana aku menaruh belas kasih itu ternyata adalah penguasa lalim dan tiran yang tak ada duanya di bumi. Dari situ, aku memahami bahwa “Mahasuci Dia yang memperlihatkan kebaikan kepada yang dikehendakiNya!”.

Ketika aku berbelas kasihan, maka aku tidak mencabut nyawa bayi itu, tapi aku kemudian menyesalinya karena apa yang kuanggap kebaikan ternyata benih kejahatan yang kubiarkan tumbuh karena aku salah menafsirkan kehendak Tuhan.

ånå toêtoêgé

Nuwun

Punåkawan

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52

Telah Terbit on 23/08/2013 at 13:37  Comments (24)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/dongeng-punakawan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

24 KomentarTinggalkan komentar

  1. Kulo ndherek ngangsu kawruh Ki
    kepareng nyantrik wonten ngriki
    namung wonten semangat …..
    (kadose kok kawulo teksih piyambakan)

    • Dongeng Punakawan

      On 13/03/2014 at 07:53 punakawan said:

      Nuwun

      NEGERIKU NUSANTARA INDONESIARAYA (IV)
      © Punakawan Sang Botjah Angon

      ………………………………………………………………………………..
      …………………………………………………………………………………….
      …………………………………………………………………………………….

      ånå toêtoêgé

      Nuwun

      punåkawan

      Sumånggå Adimas Putut Risang ….Sumånggå Ki Punakawan……

      …kadose mpun titiwancine………menyambut hari jadi Kemerdekaan
      Negara Kesatuan Republik Indonesia…..

      ….hehehe……

  2. Sumånggå Ki

  3. Ki Haryo Paran mbotên piyambakan Ki, Ki Haryo Paran dipun réncangi 4 punåkawan Sêmar, Pétruk Garèng lan Bagong, ingkang imut-imut lan lucu lho. 🙂

  4. nggih Ki Puna, sambil menunggu babaring bagian 4, he he he …..

  5. Makin nyaman Ki Puna, dah punya gandhok sendiri.
    Matur nuwun….

  6. Lanjutannya belum ya Ki Puna?
    Gak apa2, enak di akhir pekan saja biar waktunya agak longgar untuk mencerna ceritanya.

  7. lintang kemukus…..
    klo disini dianggap simbol pageblug… klo dibarat sana dipercaya dpt mengabulkan harapan….

  8. Nyuwun Sewu.
    Kulo gadhah usul, menawi ki Punakawan kerso nglanjutaken caritho “Hijaunya Lembah Hijaunya Lereng Pegunungan – SH Mintardja” engkang dereng paripurno.Setunggal meleh nyuwun ngapunten kalepatan kulo menawi usul kawula mboten dados ati kagem ki Punakawan lan kadang cantrik mentrik sedoyo. Matur suwun.

    • lho…..
      sampun wonten kok Ki Karijadi, silahlan kunjungi http://pelangisingosari.wordpress.com/HLHLP-119/ yang ditulis oleh Ki Kompor.

      jilid awal memang agak kaku, tetapi jilid-jilid berikutnya sudah mulai enak dibaca.

      tamat jilid 119, terus dilanjutkan dengan Sang Fajar Bersinar di Bumi Singosari, diteruskan dengan Kabut di Bumi Singosari, dan yang terakhir yang sedang berjalan, Tapak-tapak Jejak Gajah Mada, sedang jalan di jilid 5.

      coba diubek di http://pelangisingosari.wordpress.com

      • Katur Ki Karijadi,

        Matur nuwun kawigatosanipun Ki.

        Ada penulis dongeng berlatar belakang sejarah sebagai kelanjutan HLHLPnya Ki Dalang SH Mintardja, yang lebih mumpuni daripada saya Ki.
        Beliaunya sudah disebut oleh Adimas Putut Risang.

        Adapun saya cuman tukang gali tanah, yang sering tanya-tanya (sendiri :))

        Apa sih mangsudnya para orang-orang dulu bikin prasasti, candi, pyramid, umpak, patung lan sapituruté……….. mbingungi wong saiki

        Sumånggå Ki.

        Nuwun

        punåkawan

      • oh nyuwun ngapunten kawulo, ngertosepun gandok adbm kalehan gadhahipun ki punakawan. matur suwun

        • @ Ki Karyadi,

          Yang bahurêkså gandhok bukan saya Ki. Saya cuma seorang punåkawan.

  9. Alhamdulillah, dah punya gandok sendiri…
    daripada di protes terus…

    • senyum 🙂

      bukan diprotes kok jeng

      • ikutan senyum 😛 😛 😛

        • Saya sangka Adimas Putut Risang mau ikutan protes senyum lho.
          Tibaké malah ikutan senyuummmmmmm.

          Kalau senyum sudah diprotes juga. Lha gimana yaaaa
          Hiks…..

          • Kalau senyum diprotes, mendingan ketawa sekalian Ki Puna, he he he …..

  10. Nuwun

    Matur nuwun Dimas Risang, rontal-rontal sudah ditempatkan di tempatnya.

    Kepada sanak kadang, rontal-rontal tulisan saya ini bebas dicopy-paste, dan nggak usah mbayar, gratissss, asal dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk sesama.

    Untuk diketahui saja, bahwa di gandhok maya sini, gratis, ngopynya juga nggak memerlukan waktu lama.

    Berbeda dengan di dunia nyata, untuk “ndongeng” satu episode memerlukan waktu lama, bisa setahun atau lebih, lagi pula nggak gratisan, sebab kalo ndongeng, punåkawan dibayar mahal (mbayarnya pake uang juga). 🙂
    Tapi di sini punåkawan nggak minta bayaran. Sungguh !!!

    Nah åpå ora kêpénak di sini.

    Sumånggå

    Nuwun

    punåkawan

    • maturnuwun ki puna… moga keikhlasan ki puna mendapatkan pahala yg berlimpah…

  11. maturnuwun ki puna… moga keikhlasan ki puna mendapatkan pahala yg berlimpah…

  12. kula nuwun ki puna… kok sudah lama nggih ki puna tidak rawuh dhateng padepokan?
    apakah sedang sibuk ?
    mdh2an ki puna selalu dalam keadaan sehat wal afiat…

  13. matur nuwun kagem :
    Ki Punakawan
    lan
    jajaran pengasuh blog gagakseta.

    kulo nderek ijin ngangsu kawruh elmu sejarah
    ingkang adiluhung. mboten sembarangan tiyang saget ngaturaken kados ki Punakawan.
    ilmiah sanget.

  14. Hayu, Hayu, Hayu ….
    Mohon maaf saya pakai bahasa persatuan bahasa Indonesia dikarenakan perbendaharaan bahasa Jawa saya yang masih sangat kurang, meskipun saya asli tiyang Jawi, hehehe…. takutnya nanti jadi kurang sopan.
    Saya sangat mengapresiasi sekali tulisan2 di blog ini. Sejak lama sebenarnya saya sudah mengikuti blog ini (dan juga blog ADBM dan PDLS), namun sebatas sbg silent reader kemawon, terutama untuk mendownload koleksi buku2nya alm SH Mintardja (sebatas untuk koleksi bacaan pribadi). Melalui komen ini saya ingin berterima-kasih yang sebesar2nya. Ngapunten baru sekarang sempat mengucapkannya (menulis komen tepatnya).
    Sekaligus juga dengan ini saya mohon ijin untuk mengcompile tulisan2 pribadi panjenengan yang ada di sub-menu “Dongeng Punakawan”, saya jadikan satu file utuh ebook (format epub). Tentu saja masih dengan komitmen beretika untuk tidak mengkomersialkannya, hanya sebatas untuk koleksi pribadi, agar mudah bagi saya untuk membacanya lagi secara offline di kemudian hari
    Mekaten…
    Semoga berkenan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: