Dongeng Punakawan

punakawan

Dongeng Ki Punakawan, sebagaimana dongeng Ki Bayuaji sangat menarik untuk dikaji. Sayangnya, tercampur dengan gandok yang telah ada.

Sudah beberapa lama Satpam berpikir untuk membuat gandok sendiri untuk menampung dongeng beliau, agar siapa saja yang terlambat membaca dapat mengetahui semua tulisan Ki Punakawan.

Hanya, dimana Satpam harus meletakkannya? apakah buat gandok baru disini atau di gandok Dongeng Arkeologi di Padepokan Pelangi Singosari.

Semoga Ki Punakawan berkenan, tulisan beliau Satpam buatkan gandok di padepokan ini. Naskah tetap dituliskan di gandok TADBM, kemudian Satpam pindahkan ke gandok ini dengan mencantumkan link pada box comment yang dipindahkan.

Sumangga

Lereng Gunung Kawi Agustus 2013

Satpampelangi

DAFTAR ISI

  1. Ki Juru Kithing
  2. SEMARAK RAMADHAN & IDUL FITRI dalam KEARIFAN BUDAYA LOKAL (bagian 1)
  3. SEMARAK RAMADHAN & IDUL FITRI dalam KEARIFAN BUDAYA LOKAL (bagian 2)
  4. SEMARAK RAMADHAN & IDUL FITRI dalam KEARIFAN BUDAYA LOKAL (bagian 3)
  5. SEMARAK RAMADHAN & IDUL FITRI dalam KEARIFAN BUDAYA LOKAL (bagian 4)
  6. MUDIK. PULANG KAMPUNG PERJALANAN KEMBALI MENUJU KE SANGKAN PARANING DUMADI
  7. SANG SAKA GULA KELAPA, SANG SAKA MERAH PUTIH (BAGIAN 1 = PROKLAMASI)
  8. SANG SAKA GULA KELAPA, SANG SAKA MERAH PUTIH (BAGIAN 2)
  9. SANG SAKA GULA KELAPA, SANG SAKA MERAH PUTIH (BAGIAN 3)
  10. SANG SAKA GULA KELAPA, SANG SAKA MERAH PUTIH (BAGIAN 4)
  11. DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI MATARAM (Bagian 1)
  12. DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI MATARAM
    1. (Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode Pambuka)
    2. Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode: Pasunda Bubat — “Mada Jiwana Pita”. (Parwa ka-1)
    3. Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode: Pasunda Bubat — “Mada Jiwana Pita”. (Parwa ka-2)
    4. Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode: Pasunda Bubat — “Pasca Perang Bubat”. (Parwa ka-3)
    5. Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode: Pasunda Bubat – Menggugat Perang Bubat – (Parwa ka-1)
    6. Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode: Pasunda Bubat – Menggugat Perang Bubat – (Parwa ka-2)
    7. Sirnå Ilang Kêrtaning Bumi. Sandyakalaning Majapahit: Episode: Pasunda Bubat – Menggugat Perang Bubat – (Parwa ka-3)
    8. …. masih menunggu lanjutannya
    9. Perempuan dari Jepara: Ratu Kalinyamat. Bagian Pertama: Tåpå Wudå Asinjang Rikmå
    10. Perempuan dari Jepara: Ratu Kalinyamat. Bagian Kedua: Tunggul Panantang Sang Haryå Jipang
    11. Perempuan dari Jepara: Ratu Kalinyamat. Bagian Ketiga: Gagakrimang kudanirå Sang Haryå Jipang
    12. Perempuan dari Jepara: Ratu Kalinyamat. Bagian Keempat: Sang Ratu Kêramas Gêtihé Haryå Pênangsang & Analisis Sejarahnya
    13. Perempuan dari Jepara: Ratu Kalinyamat. Bagian Kelima (penutup): Rainha de Japara, Senhora poderosa e Rica, de Kranige Dame
  13. Lintang Kêmukus Dini Hari September 1965
  14. Empat buah artefak koleksi Museum Nasional Jakarta hilang dicuri
  15. Sejarah Minangkabau,
  16. Lintang Kemukus Dini Hari: Mengenang empat puluh delapan tahun peristiwa Luban
  17. Arane wektu
  18. Situs Megalitik Gunung Padang Cianjur
  19. KESULTANAN CIREBON, MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA & ADZAN PITU
  20. SOEMPAH PEMOEDA
  21. ORI — OEANG REPOEBLIK INDONESIA
  22. Ngudarasa
  23. Dongeng ayam goreng
  24. Tahun Baru 1435 H
  25. Soerabaja Nopember 1945
  26. Namaku Izrail – 1
  27. Gusti Ora Sare
  28. Cantrik dan Mentrik
  29. Aja dumeh, aja kagetan, aja gumunan. aja getunan, aja aleman
  30. Namaku Izrail – 2
  31. Wanita
  32. Namaku Izrail – 3
  33. Namaku Izrail – 4
  34. Namaku Izrail – 5
  35. Hari Ibu
  36. Negeriku Indonesia Raya – bagian 1
  37. Negeriku Indonesia Raya – bagian 2
  38. Negeriku Indonesia Raya – bagian 3
  39. Negeriku Indonesia Raya – bagian 4

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52

Telah Terbit on 23/08/2013 at 13:37  Comments (22)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/dongeng-punakawan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

22 KomentarTinggalkan komentar

  1. Kulo ndherek ngangsu kawruh Ki
    kepareng nyantrik wonten ngriki
    namung wonten semangat …..
    (kadose kok kawulo teksih piyambakan)

  2. Sumånggå Ki

  3. Ki Haryo Paran mbotên piyambakan Ki, Ki Haryo Paran dipun réncangi 4 punåkawan Sêmar, Pétruk Garèng lan Bagong, ingkang imut-imut lan lucu lho.🙂

  4. nggih Ki Puna, sambil menunggu babaring bagian 4, he he he …..

  5. Makin nyaman Ki Puna, dah punya gandhok sendiri.
    Matur nuwun….

  6. Lanjutannya belum ya Ki Puna?
    Gak apa2, enak di akhir pekan saja biar waktunya agak longgar untuk mencerna ceritanya.

  7. lintang kemukus…..
    klo disini dianggap simbol pageblug… klo dibarat sana dipercaya dpt mengabulkan harapan….

  8. Nyuwun Sewu.
    Kulo gadhah usul, menawi ki Punakawan kerso nglanjutaken caritho “Hijaunya Lembah Hijaunya Lereng Pegunungan – SH Mintardja” engkang dereng paripurno.Setunggal meleh nyuwun ngapunten kalepatan kulo menawi usul kawula mboten dados ati kagem ki Punakawan lan kadang cantrik mentrik sedoyo. Matur suwun.

    • lho…..
      sampun wonten kok Ki Karijadi, silahlan kunjungi http://pelangisingosari.wordpress.com/HLHLP-119/ yang ditulis oleh Ki Kompor.

      jilid awal memang agak kaku, tetapi jilid-jilid berikutnya sudah mulai enak dibaca.

      tamat jilid 119, terus dilanjutkan dengan Sang Fajar Bersinar di Bumi Singosari, diteruskan dengan Kabut di Bumi Singosari, dan yang terakhir yang sedang berjalan, Tapak-tapak Jejak Gajah Mada, sedang jalan di jilid 5.

      coba diubek di http://pelangisingosari.wordpress.com

      • Katur Ki Karijadi,

        Matur nuwun kawigatosanipun Ki.

        Ada penulis dongeng berlatar belakang sejarah sebagai kelanjutan HLHLPnya Ki Dalang SH Mintardja, yang lebih mumpuni daripada saya Ki.
        Beliaunya sudah disebut oleh Adimas Putut Risang.

        Adapun saya cuman tukang gali tanah, yang sering tanya-tanya (sendiri :))

        Apa sih mangsudnya para orang-orang dulu bikin prasasti, candi, pyramid, umpak, patung lan sapituruté……….. mbingungi wong saiki

        Sumånggå Ki.

        Nuwun

        punåkawan

      • oh nyuwun ngapunten kawulo, ngertosepun gandok adbm kalehan gadhahipun ki punakawan. matur suwun

        • @ Ki Karyadi,

          Yang bahurêkså gandhok bukan saya Ki. Saya cuma seorang punåkawan.

  9. Alhamdulillah, dah punya gandok sendiri…
    daripada di protes terus…

    • senyum🙂

      bukan diprotes kok jeng

      • ikutan senyum😛😛😛

        • Saya sangka Adimas Putut Risang mau ikutan protes senyum lho.
          Tibaké malah ikutan senyuummmmmmm.

          Kalau senyum sudah diprotes juga. Lha gimana yaaaa
          Hiks…..

          • Kalau senyum diprotes, mendingan ketawa sekalian Ki Puna, he he he …..

  10. Nuwun

    Matur nuwun Dimas Risang, rontal-rontal sudah ditempatkan di tempatnya.

    Kepada sanak kadang, rontal-rontal tulisan saya ini bebas dicopy-paste, dan nggak usah mbayar, gratissss, asal dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk sesama.

    Untuk diketahui saja, bahwa di gandhok maya sini, gratis, ngopynya juga nggak memerlukan waktu lama.

    Berbeda dengan di dunia nyata, untuk “ndongeng” satu episode memerlukan waktu lama, bisa setahun atau lebih, lagi pula nggak gratisan, sebab kalo ndongeng, punåkawan dibayar mahal (mbayarnya pake uang juga).🙂
    Tapi di sini punåkawan nggak minta bayaran. Sungguh !!!

    Nah åpå ora kêpénak di sini.

    Sumånggå

    Nuwun

    punåkawan

    • maturnuwun ki puna… moga keikhlasan ki puna mendapatkan pahala yg berlimpah…

  11. maturnuwun ki puna… moga keikhlasan ki puna mendapatkan pahala yg berlimpah…

  12. kula nuwun ki puna… kok sudah lama nggih ki puna tidak rawuh dhateng padepokan?
    apakah sedang sibuk ?
    mdh2an ki puna selalu dalam keadaan sehat wal afiat…

  13. matur nuwun kagem :
    Ki Punakawan
    lan
    jajaran pengasuh blog gagakseta.

    kulo nderek ijin ngangsu kawruh elmu sejarah
    ingkang adiluhung. mboten sembarangan tiyang saget ngaturaken kados ki Punakawan.
    ilmiah sanget.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: