Deb-30

balik ke Deb-29>>|lanjut ke Deb-31>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 07/11/2011 at 18:19  Comments (110)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/deb-30/trackback/

RSS feed for comments on this post.

110 KomentarTinggalkan komentar

  1. he he he he he yg pertama toh

    • he he he he he kedhisikan ki Waskita toh

  2. cantrik hanya dapat menyampaikan rasa TERIMA KASIH, atas kerelaan pak ISMOYO ataupun pak TRUNO PRENJAK yang sudi
    ber-bagi rontal2 yang tersimpan di bangsal PUSAKA panjenengan
    berDUA.

    Matur Nuwun Ki,

  3. kapan punya library kek pak truno yee ??

    • Terkadang aku turut berbangga hati, …… namaku banyak disebut-sebut. Walaupun aq tau itu nama keluarga Truno, ………. lha nama belakangna tentu bedha, ………… lha wong perpustakaanku tidak selengkap Mas Bro. Tapi sedulur2 harus yakin bahwa para pembaca di padepokan ini pasti punya perpustakaan di rumah masing2 dengan buku2 sesuai kegemarannya disamping file djvu tentunya.

      Hayoo siapa yang mau sedikit berbagi cerita tentang kekayaan intelektual di rumah masing2. Pasti seruuuu!!!

      Ki Ismoyo, …………. saya kok mau nawar agak rikuh, ………. bagaimana kalo Djatilaksana dan Herman Pratikto tayang bareng. Tetapi apapun keputusan Ki Ismoyo dan usulan teman2 saya tetap setia menerima dengan rasa syukur.

      Nuwun

      • lha kados pundi mbok bilih lebah (atau lembah, lupa…., sepertinya pernah dicritani Ki Arema) madu? urun rontal
        he he he …., satpam siap medar lho Ki.

      • satujuuuu, biar editan tambah banyak😛 hi hi, males ngedit KHP ama novel, cersil mandarin teyusss

  4. HADIR….sugeng dalu para kadang padepokan GS sedaya

    • Sugeng dalu Ki Is, Ki Truno Podang, Ki Gun dan segenap cantrik padepokan.
      Seminggu kemarin membaca ulang beberapa episode Agung Sedayu di ADBM. Episode AS vs SG kayaknya paling menggelitik demikian juga pertarungan AS melawan teluh Tunda Bantala.

      • Leres Ki Djojos,…menggali ingatan kembali,

        melihat di FB, banyak komentar pro dan kontra soal akan ditanyangkannya ADBM di Indosiar.
        Ada yang komentar pemainnya itu-itu saja, dikhawatirkan oleh komunitas adbmers, skenario tidak sebagaimana di rontal adbm.

      • Iya benul Kisanak. Sekarang saja ada tayangan yg bercerita jaman tempo dulu di Indosiar (kalo gak salah Tutur Tinular opo yo?), tapi kok pakaian dan make up-nya tidak menyesuaikan dengan jamannya. Jadi mau nonton jadi males.Padahal sesungguhnya saya rindu suasana jaman dulu, ……. kayak apa pasarnya, kayak apa rumahnya, kayak apa manusianya, dls. Saya pernah nonton film Thailand, lha kok malah suasananya sangat mirip kehidupan di Jawa jaman Mojopahit.

        • Kulo pesen Thailand chicken njih

          • Kulo pesen lanjutan Ong Bak 2…

          • loh dah sampek 3 looh ki …….. kok seneng pilem gelut ta?🙂

  5. Betul Ki Is

    beberapa hari yang lalu satpam minta Ki Arema hubungi Ki Truno, barangkali kagungan Suramnya Bayang-Bayang, karena koleksi Ki Arema tidak lengkap.

    lha dalah, tidak sampai berganti hari, mak bedunduk…. paket sudah hadir di pelangisingosari. Jan………

    Jadilah…, rencana wedar SBB versi djvu di pelangisingosari setelah tamatnya JDBK.

    hmmm……………

    • Memang benul P. Satpam,

      Koleksine Kyai-ne memang buaanyak sekaleee.
      Saya pernah lamat-lamat mendengar bisikan Ki Laz…memang koleksinya beliau komplit…plit…plit.

      • Sugeng enjang Pak Ismoyo… apakah Ki Laz = Ki Trupen, njih? Rodo ketinggalan jaman kulo…

        Wah dengan komplitnya cersil, semacam cantrik ini yg bisanya cuma mbaca ikut selalu bersyukur dan berdoa supaya Ki Trupen, Ki Ismoyo, Ki Arema, Lik Satpam selalu mendapat dilimpahkan kesehatan dan ganjaran yg setimpal…

        Sekali lagi maturnuwun dengan kebaikan poro sesepuh….

        • ki Laz sanes ki Trupen ki……….

          Mbok menawi kadang sepuhipun ki Trupen badhe pareng pangandikan…..monggo ki Trupod

          • Baru ingat, apakah Ki Laz yg suka ngileke banyu pliridan ya..

          • Sepengetahun saya, dan alhamdulillah ke dua2nya saya pernah ketemu (lihat foto di face book ADBMer), Ki Laz tinggal di Jakarta dan Ki Trupen tinggal di Semarang. Kalo Ki Laz guwanteng, kalo Ki Trupen Bagus.

            Nuwun

          • Guwanteng karo Bagus bedone opo yo
            Ki TruPod???

  6. Kisah Pejantan di sarang Betina

    Neng peternakan ono 25 sapi wedok karo sitok sapi lanang tuwo. Mat Pithi mutusno tuku sapi sitok maneh, sing jik enom.
    Sapi tuwo mau rumongso kalah saingan barek sing enom, terus nyedaki sapi enom : “Dik, masiyo awakmu jik gagah, yok ojok serakah, mosok wedok selawe mbok pek kabeh!”
    “Sak karepku…”jare sapi enom.
    “We lah, aku biasa numpak sapi selawe, mosok sitok wae ra kumanan babarblas” batine sapi tuwo

    “Wis, ngene wae…yok opo nek nganakno pertandingan…sing menang oleh nnumpaki selawe sapi kuwi..” jare sapi tuwo nantang.

    “Gak salah tah ki?, katik pertandingan opo?” jare sing enom
    “Balapan Mlayu!” sapi tuwo njawab..”syarate mung siji, aku dak mlayu ndisik, nek wes kacek 10 mtr, kaet kon mulai mlayu”…..
    “Mung 10 mtr ?, lah masiyo 50 mtr tetep menang aku”batin sapi enom.

    Sapi tuwo mulai mlayu ndisik-i, bar kacek 10 mtr sapi enom nguber…tambah suwe tambah cedhek, sapi tuwo ambegane wis senin kamis, mlayu tapi gak iso banter…bareng karek 1 meter maneh, ujug2 onok sworo bedhil “DHORRRR”……sapi enom njengkang klejetan…endase pecah…sing nembak Mat Pithi …
    Mat pithi nyedaki bangkene sapi enom mau, terus ditendang2 karo misuh2..”SAPI JANCUKAN, wes peng sepuh sak wulan iki aku mateni sapi enom, Angger2 tuku mesthi kleru sapi homo. Ga gelem numpaki sapi wedok, malah nguber2 sapi2 lanang tuwek !”

    Haahahhahahahahahahahaaaaaa………………….

    • ha ha ha mosok kurban sapi homo…. ha ha…

    • Aku ra mudeng blass?

      • nderek mboten mudeng njih🙂

        • Sing crito pakare per………..an jadi pas.

          • Hehehe pas pas pas

  7. Sugeng siang merayapi sore……

    Kalau di tanah air, pada nguber-uber sapi atau kambing korban yang ucul.. lha pengalaman kemarin, cantrik malah nguber-nguber sholat iedul adha..

    Rencana sholat ied di masjid An Nur biar rame …meskipun mushola kampus juga berencana mengadakan sholat ied. Karena oleh teman di informasikan bahwa di masjid, takbir akan mulai dikumandangkan mulai 7.30 maka berangkatlah rombongan dari rumah jam 7.30 setelah sebelumnya nyamperin beberapa teman…Eh, baru setengah jalan, ditelpon teman kalau sholat ied di masjid sudah selesai…

    Akhirnya tancap gas menuju masjid/mushala milik tetangga sebelah (malaysia), yg agak berdekatan lokasinya …setelah diubek2 tidak ketemu jua tempatnya… mana lingkungan sekitar masih sepi karena sholat rencana dimulai jam 8.30 (lagian belum pernah ke mushala tetangga tsb. sih…).. mau kontak juga nggak punya hp orang2 malaysia ha ha…
    Karena tidak ketemu, jam 8.10 akhirnya ngebut balik langkah ke mushala di kampus…he he..dan alhamdulillah belum telat…

    • he he he ….
      belum telat, tetapi sudah kotbah

      • piye ta dik satpam iki? …. sholat ied kan sholat dulu baru khotbah😦 …. kok dipadakke jumatan😦

        • eh.., kadingaren jam segini bisa nongol..

          he he he ….
          nggih jeng….., eh… neng…
          artosipun, niku nggih pun telat banget jenenge😛

          • looh ki anat ngendika mboten telat jeeee😦

            niki saweg teng jkt kok🙂

          • weh…weh…weh…
            lagi nglencer to iki
            apa wis rampung UTS-e

          • dewe-an Mit….aja suwe2 ning Jkt MIT, Jkt akeh nyamuke….!!!???

    • Kalo di Tanah Air shalat ied pukul 6.30 ki. Filosofinya, Iedul Adha dipagikan karena setelah itu harus menyelenggarakan pemotongan heiwan. Nah kalau Iedul Fitri disiangkan karena zakat fitrah harus kita tunaikan sebelum shalat ied.

      Nuwun

      • assalamualaikum eyang🙂

        • waalaikum salam……

          Solo mu ngendi tho MIt

          • Solo Jawa Tengah ki…..sanes Solovenia, HIKSS

          • sing digoleki lagi dolan jakarta…

        • Wa’alaikumsalam Mit, ………… kabarku apik. Angger lagi nang Jakarta mbok ya mampir Bekasi Mit, ………. wis pedek lho! Mengko tek suguhi sambel tlenjeng.

          • wis pedek lho…?? he-hee-hee, kulo
            dherek pedek ki,

          • waaah maturnuwun sanget eyang …. ada saudara yg mengadakan acara lamaran …… biasanya kan milihnya hari2 libur …. eeee lhaaa saudaraku tu malah milih hari ultahna ….. marahi repot wae😦

          • biar hemat x ya ? …. tiap ngrayain hari lamaran sekalian ngrayain ultah biar budgetna ga dobel😦

          • klo mita ntar dilamar pas hari apa ya enakna?🙂

          • pas idul adha aja ya ? ….. biar pas selalu banyak daging🙂🙂

          • tp paksina masih nglemboro nggoleki cincin bermata 3😦😦 …… bapake nganyelke bangeeeeet😦😦

          • Emangnya udah ada yg mau nglamar?

          • yang enak itu pas bulan puasa saja, di siang hari agar tidak nyuguhi.😛

          • Tapi…
            Paksina puasa apa gak ya?

  8. cantrik HADIR ki,

    sugeng dalu para kadang padepokan sedaya,

    • genk ndalu
      hadiir isi absen

      • Arep mlumpat gandhok, kuncinya masih disimpen…..

        dimana haah aha dimana….
        geng ndalu….

  9. Sugeng endang menjelang siang….

  10. wilujeng enjing ki/nyi sanak sadayana….

  11. Ki Sanak…

    cpu jebrol…effeknya nggak bisa scanning rontal menunggu diperbaiki dulu. Jadi beberapa hari rontal belum bisa wedar…nanti dirapel saja jika cpu sudah baik…kiranya menjadikan maklum…nuwun.

    • huwaaaa…………..nangis njenger2
      nderek belosungkowo ki

      • Halah Ki PA gayane…
        wong ra moco wae….
        Hikss

    • Ki Pandan aja mung nangis, ……. wis gageyan tindak toko elektronik mundut bae CPU cap Gajah sing Anti Jebol, …….. terus kirim via JNE atau TIKI maring daleme Ki Ismoyo.. Oke, …… deal yo?

      Nuwun s3wu Ki Is, ………….. namung glewehan mawon.

      • CPU : Cing Paling ayU….. tjap Nona Mita

        • waaaa meksooo😦 …… cpu kuwi koyone cowo paling usil🙂

      • Biasane Cap Jagung utowo Cap Jambu Alas…
        Ayo ndang, Ki Pandan….

    • mboten punapa2 pak IS….cantrik sabar nunggu si cPU selesai
      di perbaiki,

      nuwun sewu mangke sak mantune di dandani, si cPU digaweke
      tanggul kemawon Ki….tanggul napa pembalut, hi-hiiii cantrik rd
      kesupen.

      sugeng DALU,

  12. Assalamu’alaikum, selamat siang….

    • Waalaikum salam, ono kenyo ayu uluk salam dienggurke wae

      • weeeh mengko diseneni ki gun looh🙂

        • weeeh mengko diSELASAi ki gun looh🙂

  13. Ngomong2 tentang CPU jadi ingat cerita Komputer Destop Pentium 3 di rumah yg sekarang mangkrak hasil BARTER.. (betul-betul barter alias tukaran) dengan mobil…

    Tahun 2000-an sewaktu komputer pentium 4 baru muncul, yg populer adalah komputer pentium 3. Cantrik waktu itu juga student di negeri kiwi. Sebagai student juga dengan biaya terbatas, cantrik pengin menjual gerobak yg ada dengan niat diuangkan untuk membeli komputer..

    Ndilalah di koran lokal, ada iklan dijual komputer pentium 3 destop atau tukar dengan mobil. Iseng2, ditelponlah nomer yg terpampang. Ternyata orangnya suka dengan mobil cantrik dan kebetulan cocok dengan komputernya.. Jadilah deal tukaran, aku serahkan kunci dan surat jualbeli mobil, komputer pun diangkut ke rumah..

    He he opo tumon di negara maju masih ada sistem barteran…

    • Wah wah wah, …………… kalo di jaman Mojopait, itu sama saja tukeran kuda sama keris yo Ki?

      • Wah wah wah, ……… kalo di jaman Mojopait, itu sama saja tukeran blangkon sama keris yo Ki?

        • Leres Ki Truno…sampai sekarang juga masih ada … kadang2 ada orang ngiklanin jual barang, ditawar orang untuk tukar dengan barang.. misal mobil seken ditukar PS3.. laptop dengan home theater, dsb.. lha wong harganya mirip mirip…

          • Hehehe kayak motor vespa + sespan aku ditawar orang ditukar ma BMW, hikss

    • yup di kalangan tertentu biasa tu om.
      2 bln lalu ku barteran 2 doz USG gel ku punya, trus kuminta tukar desk-ecg 3 channel buka bungkus😛 dapettttt

  14. Behubung Si Pe U kagunganipun ki Is nembe watuk2…..monggo sami regejegan teng gandok mriki…..

    • NOna ana ning gandok mriki ta Ki……!!??

      kangen dHUseL je,

  15. ning gandUK mriki dewe-an…..tolah-toleh ra ana kanca-nya,
    ki PA wes mblayu ning padepokan sebelah….hem-heeem.

    malem ini hujan lebat di sekitar ganduk, lebat suekaliiiiii…!!!

    • mriki nggih udah..tambah tintrim suasane… Malam Ki Gundul, Ki Truno…

      • Yee…jarene Nyi Dewi,

        walau grondat…grandet tapi selesai juga scanning rontal ke-30, sekarang sedang loading ke format dejavu, bentar lagi bisa wedar… he he he.
        cpu belum sempat dibawa ke bengkel, pulang dari cangkulan sudah sorean, tapi masih bisa dipakai scane, sementara wedarnya menggunakan laptop…ditunggu bentar lagi.

  16. trims pak is deb-30.docnya dapetttttt😛 hi hi

  17. ehh 30.pps

    • Nah.. Nyi dewi cepet sekali dapat rontal.. Eh, jangan2 deb 30 dibarter usg gel…hiks

  18. Terima kasih…. tit-nya ki.

  19. Assalamu’alaikum, selamat pagi…
    isuk2 wis me-Rapat maneh….
    mblayu sek yo….

    • Waalaikum salam wr. wb… iki map honor rapate e keri…!!
      kapan rapat nang gandhok kene ya..??

  20. Setelah ngunduh rontal deb-3, iseng-iseng mendorong intu gandok 31
    he he he … ada jawaban: Maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria Anda.
    nggih sampun…
    eh…, hampir lupa…, matur sueun Ki Is tit 11.00 ipun.

    • halah, kliru pisan…,
      maksudnya matur suwun, sanes matur sueun.
      ngapunten….

      • Aku rodo bingung….
        Raden Wijaya sampe nyesel, kenapa nggak dulu-dulu berkelana ke Sriwijaya…. Lha iki, Ki PA sing wis ‘ubek-ubek’ wilayah Sriwijaya malah ngoyak-oyak sing nang solo..??? ……..

        • Sing teng Solo Kyai Slamet?

          • kagungan e Mat Pithi….

  21. MERDEKAAAAA!!!!!

    10 November 1945,
    Banjir darah di mana-mana,
    Di Kota Churabaya.

    Kalo kita hidup sebagai pemuda di saat itu,
    Jadi apakah Kita!
    Jadi Pejuangkah?
    Jadi Pecundangkah?

    Mari kita mantapkan dalam hati,
    Kapan dan di manapun pun kita berada,
    Jiwa pejuang harus snantiasa kita tanamkan,
    Kepada diri kita,
    Kepada keluarga kita,
    Kepada anak keturunan kita.

    Mari kita jadi Raden Wijaya versi Djatilaksana,
    Mari kita jadi Patih Raganatha versi yang sama,
    Mari kita jadi Wanakerti versi yang sama juga,
    Mari kita jadi Singa Ludira, Rara Sedayu, Mahisa Mundira,
    Ken Sora, ………. dll.

    (Jangan niru Raden Wijaya bojone okeh!)

    • Nadyan mlaku timik-timik…akhirnya sampe juga….11.00 wib…tit.

      monggo……………….

      Lha yang ini juga perjuangan yang luar biasa!

      • Banyak yg niru Aragani.. apalagi Kuda Panglulut…..he he..

        Sugeng Sore Ki Is.. Ki Truno… nunggu jam 5 wib titik…..

    • Ho oh, betul betul betul

  22. Kalo Bung Tomo hidup pada jaman ini mesti pidatonya kayak gini :

    Saudara saudara, …………….. mari koruptor kita jadikan musuh besama. Karena koruptor telah menyengsarakan bangsa kita. Bangsa Indonesia yang telah merdeka dengan cucuran darah dan air mata.

    Mari arek-arek Suroboyo, arek Malang, arek Meduro, Cah Solo, Cah Yoja, Bocah Mbanyumas, anak Betawi, anak Lampung, anak Medan, …………………… seluruh pemuda bangsa Indonesia, …….. mari angkat senjata melawan koruptor.

    Koruptor ada di mana-mana. Di Kelurahan2, di Kantor2 Bupati Kantor2 Kecamatan, Kantor2 Walikota, Kantor2 Gubernement, Kantor 2 Dinas, Kantor2 Wilayah, Kantor2 Departemen, Kantor2 Perusahaan BUMN, Kantor2 Perusahaan Swasta,

    Mari Saudara2, ………… sikat semua koruptor, …… kapan lagi Saudara bisa membuat jasa bagi negara bangsa dan agama kalo bukan saat ini.

    Kita telah melihat Saudara2, …….. kita melihat dengan mata kepala sendiri, …….. existensi mereka semakin kuat, semakin merajalela, ……… sementara aparat hukum sebagai garda terdepan melawan korupsi makin mandul saudara2. Beberapa koruptor bermilyar rupiah dengan tuntutan jaksa puluhan tahun, ……. telah secara nyata demi hukum; katanya, ……. dibebaskan oleh Hakim.

    Mari Saudara2 yang berjiwa pejuang, saudara2 yang berjiwa ksatriya, hancurkan mereka.

    Kutuk mereka jadi monyet, kutuk mereka jadi babi, kutuk mereka jadi blatung, ………………

    Rasain luh!!!

    • cantrik dherek prihatin….semoga kondisi “parah dan bobrok”
      hanyut bersama turun-nya hujan malem ini,

      • matur nuwun pak IS, rontal gandok sini cari sedOT.

  23. Assalamu’alaikum, selamat pagi…

    • Wa’alaikumsalam wr wb:

      Gagakseta-2
      MELESTARIKAN CERITA SILAT INDONESIA

      Maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria Anda.

      NGINGUK GANDHOK

      • maksud penjenengan ?

      • Momgg0 Penarak!

      • Si Pe Yu nipun Ki Is taksih rawat inap
        he he he ….

        • si Mita meh tak rawat inap…ngeles poreper

          • Haduuu, ……… kasihan Dik Mita, ……… jadi OP-nya Ki Pandan terus. Mosok disuruh ngelas koper, ……

            Apa kabar Ki PA, ………… Bekasi mendung jadi hawane puanas neh!

      • Kalo diganti Si Pi Yu Padi pasti enak.

  24. 11-11-’11 jam 11:11

    Renungan Jum’at :

    Carane piye mas kalo saya melihat orang korupsi?
    Laporkan!!!
    Lha wong yang korupsi wonge apik karo aku.
    Laporkan, titik!!!
    Lha wong sing wis liwat pengadilan aja dibebasaken.
    Semprul, sontoloyo!!!

    Carane piye mas kalo saya diajak korupsi?
    Sekali dapet, gaji bulanan selama 60 tahun lewat.

    Bisa beli rumah di mana-mana,
    Punya mobil mewah lima untuk tongkrongan di garasi,
    Bojo 4 cacahe ayu-ayu – klimis-klimis – manja-manja,
    Bisa nyumbang mbangun mesjid, nyantuni anak yatim,
    pergi haji dan umrah berkali-kali.

    Menolak?

    Menerima.

    Menolak?

    Menerima.

    Jere Aa Gym, umahe akeh perlune mung sepethil,
    angger turu ya mung nyempil nang pojok amben.
    Sidane sing menikmati umah mewah Mas Penjaga
    Umah dan keluarganya.

    Mobil akeh ora bisa ditunggangi kabeh, kebutuhane
    ya mung siji, supaya sekeluarga bisa ngriung bareng2
    angger lungan. Buntut2e sing menikmati mobil mewah
    malah Kang Supir.

    Bojo papat jalukane werna-werna kudu dituruti. Sabeb
    ndinane dadi sibuk ngurusi jejalukane wong wadon.
    Alih-alih kepenak, malah diketiplak.

    Nyumbang mesjid, nyantuni bocah yatim, lunga kaji bolak-
    balik nganggo duwit haram. Duwite bermanfaat tapi ibadahe
    tertolak. Wis ngonoh takon pak usthadz angger ora percaya.

    Monggo!!!! Masih ragu?

    ingat, ………….

    SURGA DUNIA, CUMA SEBENTAR
    NERAKA JAHANAM, SELAMANYA

    Klilan,
    Truno Podang

    • Semangaattt!! Isen aku maring Ki Truno sing semangat……

      Sugeng sonten merayap malam, Ki Truno…..

    • 11-11-11
      yang sudah diberitakan (di TV), ada kabupaten/kota? (satpam lupa) menolak permintaan nikah hari ini, karena keterbatasan penghulu.
      hanya tanggal tanggal perkawinannya mudah diingat?

      selintas, di angkot satpam mendengar ada ibu-ibu yang cerita anaknya mungkin akan operasi sesar di hari ini
      agar tanggal kelahirannya mudah diingat?

      hayoo…, siapa mau survei?
      berapa peningkatan jumlah perkawinan hafri ini?
      berapa jumlah kelahiran hari ini?

      • wah…… !?
        sungguh…..,! gak dipas-pasno
        hari ini wedar ADBM versi teks buku 2 jilid 11 atau jilid 111
        he he he ……

        kalau begitu, meskipun rencananya mau istirahat seminggu, nanti malam saya buka pendapa dan gandok baru ah….. di pelangisingosari
        SBB-01.

        • hadu……
          t
          ernyata tidak bisa
          satpam belum siap wedar malam ini
          uba rampe bangun pendapa belum siap

          ngapunten…….

      • wah repot… Lik Satpam nunggu kawin 12-12-12 tahun depan….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: