Deb-21

balik ke Deb-20>>|lanjut ke Deb-22>>

Laman: 1 2

Telah Terbit on 22/10/2011 at 16:28  Comments (74)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/deb-21/trackback/

RSS feed for comments on this post.

74 KomentarTinggalkan komentar

  1. pertamanya amankan dulu

    salam kenal …..dan salam salut untuk cersilnya

    saya seorang penggemar cersil

  2. nuwun sewu….permisi pak IS,

    • matur nuwun, 2 rontal sekaligus PECAH….!!??

      hikss, sangu melekAN ngge kadang2 sing buJANG,

      • selamat sore kadang sedaya….selamat malem MINGGONan.

  3. Sampai jam segini kok baru Pak Gundul yang ngisi absen

    pada pelesiran ayake

    • kulo nderek absent PKS ….
      *Pak liK Satpam

  4. Selamat siang ……….derek abseeen….

  5. weleh rontal 20 nya dimana

    • he he he …
      sudah ketemu?
      di halaman 2 gandok ini Nyi

      • adaaaaaaaaaa… 20 and 21 yuuhuuuu..
        trims yeee pak IS, & Satpamwati๐Ÿ˜› hi hi

  6. Ini dari padepokan sebelah
    “MENGAPA MENUNDA PERNIKAHAN?

    “Rosulullah pernah berkata kepada Ali ra:
    Hai Ali, ada 3 perkara yang jangan kamu tunda-tunda pelaksanaannya, yaitu
    Shalat apabila tiba waktunya,
    Jenazah apabila sudah siap penguburannya,
    dan wanita bila menemukan pria sepadan yang meminangnya (HR. Ahmad)

    Kalau kita tanya seseorang pemuda/pemudi, Mengapa belum menikah?
    Maka jawabanya antara lain:

    1.Masih kuliah/menuntut ilmu.Dikhawatirkan bila menikah akan mempengaruhi prestasi belajar danmempengaruhi persiapan masa depan.
    Hal ini sesungguhnya tergantung dari manajemen waktu, waktu yang biasanya dipakai untuk hura-hura setelah waktu kuliah, diganti dengan mencari nafkahatau bercengkrama dengan keluarga.Disisi lain, bisa menghemat sewa kamar (kost- kost an), dapat saling membantumengerjakan tugas (kalau satu bidang studi) atau dapat memperluas wawasandiskusi interdisiplinermisalnya suami studi ilmu komputer dan istri akutansi maka diskusi komputasi akutansi akan nyambung, atau biologi dengan kimia diskusi tentang biokimia.

    2.Bila menikah akan terkekang tidak bisa bebas lagi, tidak bisa kongkow- kongkow ( jalan- jalan santai ) di mal setelah pulang kuliah atau kerja bertambah beban tanggung jawab untuk memberi nafkah istri dan anak.
    Sedangkan Rosul bersabda: “Bukan golonganku orang yang merasa khawatir akan terkungkung hidupnya karena menikah kemudian ia tidak menikah” (HR.Thabrani)

    3.Belum siap dalam hal materi/rezeki.
    Banyak yang beranggapan kalau mau menikah harus siap materi, yang berartiharus punya jabatan yang mapan, rumah minimal BTN, kendaraan dll, sehinggabila belum terpenuhi semua itu, takut untuk “maju”.Sedangkan Allah menjamin akan memberikan rizki bagi yang menikah sepertidalam firmanNYA:Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orangyang patut (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang perempuan.Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan AllahMaha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. 24:32).Rasulullah SAW bersabda : ” Carilah oleh kalian rezeki dalam pernikahan โ€(dalam kehidupan berkeluarga)” (HR Imam Dailami dalam musnad Al Firdaus).

    4.Tidak ada/belum ada jodoh.
    Dibawah ini adalah pesan Rosul SAW: Imam Thabrani meriwayatkan dari Anas binMalik r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda :”Barang siapa menikahi wanita karena kehormatannya (jabatan), maka Allah SWThanya akan menambah kehinaan; Barang siapa menikah karena hartanya, makaAllah tidak akan menambah kecuali kefakiran; Barang siapa menikahi wanita karena hasab (kemuliaannya), maka Allah hanya akan menambah kerendahan. Dan barang siapa yang menikahi wanita karena ingin menutupi (kehormatan) matanya, membentengi farji (kemaluan)nya, dan mempererat silaturahmi, maka Allah SWT akan memberi barakah-Nya kepada suami-istri tsb”.Imam Abu Daud & At Tirmidzi meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda :”Tetapi nikahilah wanita itu karena agamanya. Sesungguhnya budak wanita yanghitam lagi cacat, tetapi taat beragama adalah lebih baik (dari pada wanita kaya & cantik tapi tidak taat beragama)”.Bukan berarti Rasulullah SAW mengabaikan penampilan fisik dari pasangankita, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:”Kawinilah wanita yang subur rahimnya dan pecinta ” (HR Abu Daud, An Nasai &Al Hakim).”Tiga kunci kebahagiaan suami adalah: Istri yang solehah yang jikadipandang membuat semakin sayang, jika kamu pergi membuat tenang karena bisamenjaga kehormatannya dan taat pada suami”.5.Mungkin masih ada alasan lainya, yang tidak akan dibahas disini misalnya:-Karena kakak (apalagi wanita) belum menikah-Karena orang tua terlalu selektif memilih calon mantu.

    MANFAAT MENIKAH DI USIA MUDA:

    1.Menjaga kesucian fajr (kemaluan) dari perzinaan serta menjaga pandanganmata. (QS 24: 30-31).

    2.Dapat melahirkan perasaan tentram (sakinah), cinta (mawaddah) dan kasihsayang (rahmah) dalam hati.(QS 0:21).

    3.Segera mendapatkan keturunan, dimana anak akan menjadi Qurrata A’yuninpenyejuk mata, penyenang hati (QS 25:74)Karena usia yang baik untuk melahirkan bagi wanita antara 20-30 tahun, diatas umur tsb akan beresiko baik bagi ibu maupun sang baby.

    4.Memperbanyak ummat Islam.Seperti yang dipesankan Rosul beliau akan membanggakan jumlah ummatnya yangbanyak nanti di akhirat.Kemuliaan menikah: ” Barang siapa menggembirakan hati istri, ( maka ) seakan-akan menangis takut kepada Allah. Barang siapa menangis takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya dari neraka. Sesungguhnya ketika suami istri saling memperhatikan, maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat.Manakala suami merengkuh telapak tangan istri ( diremas-remas ), makaberguguranlah dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jarinya.” (HR.Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri r.a.)Juga dapat ditambahkan, bahwa Islam memberi nilai yang tinggi bagi siapayang telah menikah, dengan menikah berarti seseorang telah melaksanakanSEPARUH dari agama Islam!, tinggal orang tsb berhati-hati melaksanakan yangseparuhnya lagi agar tidak sesat.

    Rosul SAW bersabda:

    Barang siapa menikah, maka dia telah menguasai separuh agamanya, karena itu hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi (HR Al Hakim). Kehinaan melajang/membujang: “Orang yang paling buruk diantara kalian ialahyang melajang (membujang) dan seburuk-buruk mayat ( diantara ) kalian ialah yang melajang ( membujang ) ”
    (HR Imam, diriwayatkan juga oleh Abu Ya’la dari At

    • haduuuuuu eyang ngece aq๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ

      • Hallo…he iki Mita tho ?
        ..duh..kangen rek…ro sing lagi sumuk..eh..sibuk !

        • iya kek, … gmn kbrna ALONso ? wikikiki๐Ÿ™‚

          • kakek kmn aja? …. sibuk jg ya? sibuk ‘towo’ batubara๐Ÿ™‚

          • eh dulu wkt kcl tuh pernah maen ke tmpt sdr di jkt …. ada yg jual minyak tanah, ‘towo’ne gini : ” nyooooaaaak minyooooaaaaaaak ” … klo towo batubara gmn yah?๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

          • He’eh..Mit…sibuk nggolek-i Mita koq….nganti rong ngewu kutho lho…
            jebul…teklek kecemplung kalen…xixixi

            towo batubara ?….kuwi lho koyo iklan neng tv sing lagune ngene ayak-e..its very good..enak diemut…ngono Mit ..๐Ÿ˜€

          • mosok batubara diemut? …. ireng kabeh kaleee๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    • kulo ditampik terus je ki….

      frifun cobi…?

      • koq ditampik ?….๐Ÿ˜€

    • Mita, ……….. kepriben kabare? Ayah kangen neh. Ayah jadi curiga kok datengnya bareng mBah Wid seh, …………. opo bar diajak liburan keliling dunia?

      • njih to ki…..wah-wuah, pak Komandan tambah kendAL ae,

      • waalaikumsalam eyang๐Ÿ™‚ …. lah eyang ditangleti teng jdbk mboten dipun jawab๐Ÿ˜ฆ ……

  7. Sehabis nonton tabrakan di Sepang yang menyebabkan Marco Simonceli tewas, gantian nonton Rugby di Yuselan.

    Melihat pasukan HITAM TOTAL melawan pasukan negeri Napoleon kok mirip dengan waktu Ki Rangga ANATRAM mimpin pasukan Mataram nglurug ke Madiun ya….?
    Walaupun banyak perlawanan dan lawan amat merepotkan tapi tetap menang tipis……!!!!!!!

    Selamat Ki AM…..!!!!
    Bisa tolong dijlentrehkan kenapa pakai gelar All Blacks…???

    Sugeng dalu para kadhang sedaya.

    • selamat jalan Marco Simoncelli

      motogp berduka satu lagi…..pembalap muda bertalenta, nyentrik dan sedikit mbelink meninggal setelah kecelakaan fatal di Sirkuit Sepang Malaysia,

      • selain pak Doktor ROSSI…..si MARCO punya daya tarik
        tersendiri di Motogp,

        cantrik suka gaya nyleneh-nya, mbelink-nya

  8. selamat pagi pak ISMOYO, pak Djojosm, pak Gembleh dalah para
    kadang padepokan sedaya.

    lapor pak…..!!??
    2 rontal keng Panembahan telah TUNTAS cantrik sinau-ni, hari ini
    cantrik SIAP apabila ada wejangan anyar keng pak ISMOYO.

    • Selamat pgi Ki Gundul

      lagi lgi minta bantu ni…
      rontal Dendam mpu Barada 10 dimana ea
      heheheheh di urek urek ra ktemu
      hehehehehh

      • pagi ki Adji,

        On 20/10/2011 at 04:38 Bu Satpam said :
        dititipkan ke Nyi DewiKZ di gandok Deb-09
        atau bisa sedot langsung link ini :

        http://gajahkencana.files.wordpress.com/2011/10/deb_10.odt

        • maturnuhun, trima kasih, kamsia,
          heheheheh
          bakal minta lontong lgi ni Ki…
          maklum pada saat jatah ngunduh
          modem lgi uiiik uiiiik
          hehehhehe

          • ngestoaken ki…..heheheheh ugi

          • slamat tengah malam Ki
            hehehh lontoooooooooooooooooooooooong
            g ktemu ktemu KI rontal 17 dan 20 hehehehheh
            dimana yg Ki ?
            ” Kerugian kawin muda = heheheheh kalau tau rasanya hmmm koyok ngono rasane hmmmmm lebih enak kmaren kmaren aja kawin nya ” rugiiiii rugiii “

          • selamat pagi ki Adji,

            rontal deb-17 di titipke sama priyayi keng NZ, komen nomer loro
            baris atas dewe :

            On 15/10/2011 at 13:55 Anatram said:
            Nomer siji diamankan duluโ€ฆ(anatram-e njenengan dudul, dijamin
            rontal bakal gogrok), ndudul-e teng gandok deb-17 lho ki…)

            rontal deb-20 di simpen pak ISMOYO, teng gandok deb-21 hal 2
            monggo….”PECAH” (lha di siNU tempat rontal di singidkan ki…)

          • maturnuhn Ki
            …………

  9. matur suwun ping kalih ki Ismoyo….

    • matur nuwun….matur nuwun,

      HADIR pak IS, punopo gandok deb-22 kunci-ne keri ning
      CANGKULan njih….!!??

      • Sajak’e mBoten Ki Menggung,
        yen mBoten lepat kala wingi dislempitke
        Ni Sinden,
        duka teng bagian pundi.

  10. Hadir ……………………….

    • siap nDAN…………………..

    • nDaaaaan,…………………..
      Siapppppp,………………….

      • siap juga nDan

        • Lemper-e isih turah ….. sopo sing pingin ngatjeng? Sopo sing ora iso ngatjung?

          • bukan saya nDAN…..

  11. Assalamu’alaikum, selamat pagi menjelang siang…

    • Wa’alaikumsalam Nona, …………
      Apa kabar neh?

      • Pak De Truno, kulo badhe nyuwun pirso…

        Ngendikanipun poro pinisepuh, nikah niku enake mung 1%…..punopo leres Pak De ?

        • enake mung 1%……U-enake 99%, ngendikane manten AnyaR

      • Yo kuwalik nduk, …………………..
        Penake 99% rapenake 1%, ……
        Bikinlah komitmen sebelum nikah, …….

        Nona : Mas, …….. seminggu lagi kita nikah yo!
        Mas : Iya dik, ……. wah masmu wis gak sabaran lho dik!
        Nono : Gak sabar apanya sih Mas?
        Mas : Lha ya’ opo to yo dik, …….. selama ini mas hanya bisa membayangkan koyo opo sih rasane, koyo opo sih modelle, koyo opo seh ambune! Seperti waktu pertama kali Ki Truno menginjakkan kaki di Masjidil Haram dan melihat wujud Ka’bah.
        Masya Allah, ………. jantung bergetar, mulut ternganga, kaki terpaku, …………. Sementara itu sebelumnya setiap hari lebih dari 5 kali setiap shalat kita selalu membayangkan menghadap Ka’bah seperti di gambar2 dan foto2, ……… ternyata aslinya lebih menggetarkan hati.
        Nona : Oooooh gitu yo Mas, …………… nek aku ngebayanginnya kok serem mas. Membayangkan ono pentungan satpam gitu loh.
        Mas : Tapi nyatane dik, ……. berdasarkan survey, …… nek wis dadi pasutri, ……. kebanyakan ibu-ibunya justru yang ketagihan. Dan bapaknya pura2 seperti gak butuh, ……… padahal ……..
        Nona : Padahal opo Mas?
        Mas : Padahal nek seminggu gak dikasih, ……… bisa klumpungan.
        Nona : Lho Mas kok tau, …….. sememang sudah mengalami?
        Mas : Lha itu katanya yang sudah ngalami. Seperti kalo manten baru itu katanya “tiada hari tanpa ML”, …….. jajal sopo sing bilang nikah itu gak enak?

        Nona : Yo yo wis mas, ……. itu dari satu sisi, dari sudut kebutuhan sexual. Tapi katanya juga tergantung kepandaian kedua individu pasangan itu dalam mengelola romantisme berhubungan badan.
        Nah sekarang dari sudut hubungan individu pasangan itu. Ada ketakutan di pihak wanita akan dijadikan budak lelaki. Contohnya, lelaki minta dilayani segalanya, dari minuman, makanan, kebersihan rumah, segala cuci setrika sampai ke tempat tidur. Menurut Mas gimana?

        Mas : Ya itu memang model rumah tangga jaman dahulu.

        Nona : Kalo jaman sekarang gimana Mas.

        Mas : Mari kita bikin komitmen bersama.
        Apa tujuan kita berumah tangga? Mencari kebahagiaan bersama bukan? Nah jadikanlah itu tonggak atau monumen pada mahligai perkawinan kita. Setiap kita ada perselisihan, ……… ingatkanlah kepada monumen tersebut. Sedapat mungkin hasil dari perselisihan menghasilkan sesuatu yang membahagian semua pihak. Win-win solution lah!
        Sebab kata Foltair, seorang filsuf Perancis : Perkawinan itu ibarat pertemuan dua faktor yang tidak pernah bertemu, ………….. seperti sepasang besi rel kereta api yang tiak pernah bersilang. Kalo dua batang besi itu bertemu, maka tiak jadi rel kereta api. Perkawinan juga demikian. Walaupun dua sejoli itu sehati, tapi nyatanya berangkat dari dua individu yang memiliki sifat dan watak berbeda, serta dari latar belakan keluarga yang berbeda. Makanya orang Jawa menginginkan, kalo mencari jodoh hendaknya yang sekufu, artinya dari latar belakang keluarga yang setaraf, utamanya seagama. Jangan sampai anak konglomerat bertemu dengan anak kampung kumuh. Walaupun kalo sudah berjodoh apa mau dikata.

        Nona : Kalo gitu mari kita bikin komitmen ya Mas. Apa perlu ditulis?

        Mas : Gak ditulis juga gak popo dik, ………. yang penting kita komit untuk mentaati komitmen tersebut.

        Nona : Koyok bikin Kabinet saja ya Mas.

        Mas : Yo, ……. aku presindennya dan kamu wakilnya, …. mau?

        Nona : Mmmmmmmmmmmhhhhhh

        • Ki TruPod iki fasih dalam bidangnya ternyata, tenanan
          tapi kog yo jenengku sing dijadikan contoh yo..
          hiksss

          • anak-anake sing jadi rakyatnya…

            Kalau presiden dan wakil lagi asyik-asyikan, rakyat terlantar kelaparan…

  12. Jaman dulu ketika gila membaca di puncaknya, …………….
    Klo baca buku SHM, begitu pegang pantang ditaruh, …….
    Klo ditaruh pasti lenyap.

    Klo baca Kho Ping Ho, ……..
    Skali sewa 20 jilid, …….
    Dibaca semalam suntuk amblas, ……..
    Makanya kalo mau sewa mesti harus memastikan besoknya libur.

    Sekarang sudah nggak gila lai donk, ………
    Baca novelnya Djatilaksana satu jilid terkadang berhari-hari.
    Nah biar gak lupa ingatan ketika membaca tapi harus kepotong kegiatan lain, ………………………
    Kita harus mengingat halaman berapa ditinggalkan.
    Untuk mengingat, ……… ini yang Ki Truno lakukan.
    Maklum zona memori sudah hampir penuh.
    Maka ada halaman2 pengingat yaitu :
    hal.7, hal 11, hal 14, hal 21, hal 24, hal 31, hal 34.

    Adakah rekan2 memiliki cara yang sama?
    Sangat ditunggu komentar balasannya!

    • nek kulo milih diwacakke ki…

      opo maneh nek sing macakno kuwi Mita opo Nona

      • kalo cantrik rontal gumandul langsung cantrik GleK ki…!!??

      • Wegah, capek macakke buat ki PA.
        wong novel wae mbaca nang bis ra beres beres…

    • Kalo gitu kesempatan Ki Pandan diwacakan Nona tinggal sebentar, karena bentar lagi durennya sudah dipanen. Demikian juga Mita bentar lagi khan dilamar P Satpam?

      Wah kalo begitu brojol langsung tangkep mah enak, …… hanya saja kalo Ki Ismoyo suwibuuuuk, …………. bisa klimpungan kayak kemarin 2 Minggu Ki Ismoyo nganglang jagad, ….. Ki Gundul pasti klimpungan. Lha kalo saya cuma jadi simpenannya menipis je!

      • ki Truno buat gosip
        hadu …….
        lha mbak Mita sekarang sedang “jatuh cinta” pada Paksi Pamekas je

        • Paksi Pamekas itukan nama laen pak SATPAM…..ngaKU !!??

          • SATPAM = Satrio Pamekas..???

          • looh ternyata dik satpam tu orang madura ya? …. satria pamekasan?๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

          • Betul betul betul…
            HAYOOO NGAKU….??!!!

          • dik satpam tuh adek sy mbak๐Ÿ™‚

          • eh kok dadi ngaku2 adik ta? … kaya vale ama super sic, … semoga nasibnya beda๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

          • AWALnya adik-kakak….lama-lama….hem-heeemmm !!!

            email-mu apa MIT,

      • loooh pada lupa ya ama kemungkinan bahwa mita tu cuman membo membone satpam ? …. ben bloge laris ?๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

        eh apa mita sekarang pake nama samaran aja ya ?
        tapi apa ya? …….. mmmm …..
        klo memes gmn? ……. meibi membo2ne satpam?๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

        • belom tidur MIT, apa dapat tugas nemani jaga mas Satpam,

          hi-hi-hiiii…..ra parenk nGAMBEK,

          • nemenin adek ndiri kan gpp๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

            eh jadi mikir ni, ….. ntar klo dik satpam dah nikah ama pergiwonya, apa ga kasian ya istrinya? ……. salah2 dikit, bisa dipentung๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

          • koq dipentung๐Ÿ˜

  13. Selamat makan siang……
    hmmmmm pasti maknyoss dengan seleranya massing masing.

    Maturnuhun Ki Is, Ki Gundul, dan smua para sesepuh
    rontal udah tuntas di sedooooot sampai 21
    mak nyoss lapang jembar

  14. Sugeng siang menjelang sore.. .

    Ngomong2 komitmen menjelang nikah, mungkin salah satu aspek yg terlewatkan adalah masalah pengelolaan keuangan post-bulan madu…

    Mungkin poro pinisepuh dan pinigojeg ada yg bisa menjlentrehkan.?

    Kalau dari pengalaman pribadi dan melihat pengalaman tetangga, teman kiri kanan, sebagaian besar berkata bahwa istri adalah sebagai bendahara. Cantrik pribadi juga pusing mikirin uang, mending urusan itu diserahkan kepada ahlinya..

    Kebetulan oleh keluarga, cantrik dididik bahwa yg memegang kendali keuangan adalah sang istri.. Paling si suami hanya memegang sekedar gembolan untuk beli bensin, beli rokok.. beli mobil ..eh nggak kalau yg ini…

    Lain lagi dengan teman sekantor. Kalau dia, kartu ATM gaji dipegang si istri, tetapi kalau ada honor, uang lain-lain maka menjadi hak suami…

    Ada lagi cerita, si istri dari jawa, si suami dari sumatera.. semua sama-sama kerja, rupanya sebelum menikah semua pembagian keuangan sudah diatur sedemikian rupa sampai detil..
    Pada pokoknya, kalau urusan suami, maka si suami yg mengeluarkan uang, kalau urusan terkait si istri, maka si istri yg mengeluarkan uang..

    Pernah, suatu saat si istri dan teman sekantornya pergi ke bandung. Si suami ikut dan bertindak sebagai sopir. Waktu mau bayar tol, si suami berkata, – Ma, mana uang tol nya?. Jawab si istri, – pakai uang papa dulu.. Si Suami, – tidak mau, ini kan urusan mama, Mama yg harus keluarin uang…

    Walhasil, di sepanjang jalan pp, si suami tidak mau mengeluarkan sepeser pun untuk karcis tol, bensin, makan dll…

    Cantrik juga pernah ngobrol dengan dosen dari negeri korea, rupanya secara umum (karena budaya) urusan uang dipegang sang istri..

    Lain cerita, ada keluarga campuran (si wanita Indonesia, dan si lelaki bule), ternyata urusan uang juga masih dibagi masing-masing, meskipun secara umum si suami bertanggung jawab untuk cari uang (si suami tetap dominan dalam keuangan)..Wal hasil, untuk bersenang2 sedikit (pergi ngopi di coffee shop, misalnya) maka si wanita pun harus kerja…

    Entah kalau pengalaman Pak Ismoyo, Pak Truno, Pak Djojosm, Pak Widura, Pak Pandalas (lho istrinya siapa yg mengelola uang Ki PA ya?)…

    • Sing Pasti bukan istrine ki AM thok???
      masih aman…hehehe

      • Titipke Miss Nona hayake..???

        • asik cantrik ra di sebut ki AM…..dadi ya ra-sah melu CriTO,

    • @Ki Anatram ingkang dahat kinurmatan.

      Pengalaman Ki Truno, berumah tangga 28 tahun.

      Sejak dulu ketika gaji Ki Truno kecil, dan gaji Nyi Truno lebih besar, sampai kemudian gaji Ki Truno lumayan besar, dan gaji Nyi Truno ya cukup, ……………… semua penghasilan dipegang oleh Nyi Truno. Tapi tiap hari dompet Ki Truno selalu berisi cukup uang, untuk sebangsa nraktir2 makan siang beberapa orang ya cukup lah. Itu sebelum ada ATM. Setelah ada ATM setiap penghasilan (gaji) masuk tabungan, kemudian sebagian ditransfer ke Istri. Nah dari sisanya itulah uang saku Ki Truno adanya.

      Sebetulnya mengenai manajemen keuangan RT ini tergantung pada kemampuan dua belah pihak antara suami dan istri. Ada suami yang boros, ada istri yang boros.

      Untuk rumah tangga yang istrinya boros (tangannya panas kalo pegang uang, atau hobinya belanja : kalo ada uang harus belanja, dls) maka seyogyanya suami yang mengatur keuangan rumah tangga. Tapi jangan dikira mudah ngurusin keuangan RT. Ki Truno tergolong manusia yang gak suka ngurusin tetek bengek, maka lebih cenderung ngurusin tetek yang gak bengek. Sementara urusan yang besar2 seperti pemeliharaan rumah, mobil, dll itu urusan lelaki. (dll itu seperti Kebon, Empang, Rumah Kontrakan, Peternakan Semut, Istri Muda, yang kesemuanya itu Ki Truno gak punya je).

      Untuk rumah tangga yang suaminya boros seperti selalu ingin berfoya-foya, seneng hura2 traktir sana traktir sini, …….. sebaiknya Istrilah yang mengendalikan uang. Dan hati2 jika suami punya uang berlebih, biasanya cenderung pengin kawin lagi, ……… bhe he he!

      Udah yo, ……… hampir maghrib nih, …….

      Wassalamu’alaikum wr wb.

  15. he he he …

    aku ra reti, rung pengalaman


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: