BdBK-03

Laman: 1 2

Telah Terbit on 20/01/2010 at 01:42  Comments (122)  

122 KomentarTinggalkan komentar

  1. Selamat pagi,
    Matur nuwun Ki Is, rontal BdBK-02 nya, golekane uaangel betul…………absen dan sabar menanti BdBK-03

    • Sudah lama saya tidak nomer satu.
      Hore…., dapat nomer satu.
      (sebelum didahului Ki Pandanalas atau Ki Widura)

      • Horee..nomer dua !!

      • Horeee…. nomer 0.000000000000001
        Sebelum didahului Ki Pandanalas …

      • Hore…nomer 3 sebelum didahului ki Pandan…

      • Sudah lama saya tidak nomer tidak satu.
        Hore…., dapat nomer piro…
        (sebelum mendahului Ki Arema atau Ki Widura atau ki Donoloyo atau ki Atrak DJ)

  2. Salam untuk warga pdpokan sedoyo
    salam juga untuk kesembuhan Ki Is

  3. Matur nuwun BdBK-nipun Ki Ismoto. kolo tampi ngagem tanggan kekalih, mugi ndados-no atot bebayu lan lereming ati. kulo tunggu suket teki-nipun ingkang nomer tigo.

    • Gara2 Ki Ismoyo gerah soca, ………… Ki Donoloyo langsung mengganti asmonya menjadi Ki Ismoto, ……
      he he he, ……..
      Ora pareng duko!!!

      • lah tinimbang ki Ismanto…blaik tenan …

      • Ki Ismanto..Ki Ismonto..terus Sinten malih njihh…tapi nek Ki Lurah Semar niku asmane pancen kathah koq….

  4. Selamat kepada yang sudah berhasil menemukan BdBK-02. Saya sudah ubek2 tiap posting yang dikirim oleh Ki YP, malah sejak di BdBK-01, tapi alhamdulillah belum ketemu. Tapi karena Ki Truno berjiwa patriotik, maka masih akan berjuang terus sampe ketemu.
    Mohon tambahan kata sandinya Ki!

    • panjenengan padosi wonten gandhok Bende Mataram, koment nomor setunggal ki Yudha.
      sugeng enjing ki TP, lan sedherek sedaya…
      Kooq tumnen Kyaine Mbelinks durung rawuh ya/

      • Kyaine mBelink lagi ikutan “YOGA” ki….
        dilanjutken minum ramuan “TOGA” :

        toga = tanaman obat penguat raga

        sugeng enjang ki Ismoyo……
        sugeng enjang sedulur sedoyo….

  5. oh BDBK-02, di mana gerangan berada? apakah dibawa Pangera Benawa dan Paksi Pamekas berkelana?

    • On 20 Januari 2010 at 10:01 wie Said:

      panjenengan padosi wonten gandhok Bende Mataram, koment nomor setunggal ki Yudha.
      sugeng enjing ki TP, lan sedherek sedaya…

      monggo…..njenengan ngikut komando ki Wie

      • Suwun Ki Yudha…
        kemringet….tenan

      • Suwun Ki Yudo, Jeng Nuknik!

  6. dengan perjuangan tak kenal lelah, akhirnya…akhirnya…ketemu juga..hehhh…hehhh (tersengal-sengal nafasnya)
    matur nuwun ki ..

  7. Matur nuwun, setelah menunggu tambahan petunjuk dari pagi akhirnya ketemu juga kitabnya ..

  8. sugeng siang..

    tanpa perjuangan (nggaya jee..hehehehe..) bdbk-02 sudah diunduh..
    sekarang jadi maskumambang untuk bdbk-03..

    matur nuwun ki is..
    cepet sembuh nggih..🙂

  9. Aloow para kadang, hayuuu yang belum silahkan berlomba ngolet angkot 02 yang ditarik sama Ki Yudha, sang sudah silahkan tunggu angkot 03 disini yang akan ditarik Ki/Nyi ………., ABSEN Siang Ki Gagakseta.

  10. sekedar guyonan……hanya “bledek-bledekan”

    Bentuknya memang kecil, bisa dibilang pas-pasan
    “DIA” berada diantara besar————–kecil.
    dibelakang ada yang nyeletuk gini “besar-kecil
    gak jadi masalah, yang penting bermanfaat dan
    berdaya-guna”

    -“DIA” berada hampir disemua tempat, kecuali
    Antartika (takut dingin…..mengkeret)
    -“Dia” tidak suka sendiri (makan-mandi-tidur)
    tapi lebih suka berkoloni (keroyokan-uyel2an-
    dempet2an-dhusel2an)
    -“DIA” menjalani empat tahap kehidupan, ihik2
    (bayi-anak2-remaja-dewasa)yang ini guyon…..
    -dekat “DIA” gemetar (antara takut2-berani) ter-
    *****t dia rasanya(gatal2-sakit)……5 huruf
    buat ketemu dia, eeehh hampir lupa *****t nya
    bisa untuk terapi…..?????

    monggo di “BLEDEK”……..ning ALAS lebih
    sering ditemui,

    • tawon sanes ki?
      sing jelas sanes rawon ta?

      • saya seneng Rawon ki….ireng
        anget-anget, nambah empal apa
        boleh ki…???

    • semut nggih ki??

      • ojo2 cilik2 ni……..semute di
        besarkan dulu biar gagah dikit.

        semut malah gak berani tinggal di
        hutan ni……..hiks, nyuwun sewu
        ki PA (hutan lho ki …bukan ALAS)

    • Matahari !!!

      • matahari (ki Karto seneng panas njih),
        kenapa gak pilih bulan ki…….bulan
        isi kacang ijo, bulan isi ketan ireng,
        bulan datang (hiks).

    • Melu Bledekan, “SOCODINO”
      selamat malam….

    • Melu Bledekan, “SOCODINO”, sugeng ndalu poro sedulur…

  11. ehmm.. pangeran mangkubumi sudah muncul..
    sebenarnya babad giyanti ini adalah keadaan paling menyedihkan dalam sejarah mataram islam..
    hancurnya kekuasaan mataram yang besar karena kumpeni dan keserakahan, membuat mataram islam pecah menjadi 3 kraton yang kekuasaannya cuman sak dumik..hiks..
    kasian sutawijaya sama agung sedayu ya.. pasti sedih kalo tahu..hehehehe..

    • ya kasihan, gara2 amangkurat…akirnya trunojoyo marah istana di orak-arik, begitu juga jaman susuhunan…yg pro komponi, istana di orak-arik lagi sama Untung Suropati. Agung sedayu pasti sedih, menangis.bangsa mataram dhi-idhek2 walondo.Ya karena kesalahan pembesarnya sendiri.sekarang jadi 4 istana, yg 2 istanan masih eksis.apakah berakir sampai HB 10….?

  12. Ha ha ha, ……. Ki Is nggak dengan sengaja mendokok-kan di sini, ….. human error, salah pencet.

    On 15 Januari 2010 at 11:14 yudha pramana Said:

    Bangsal Pusaka Padepokan Gseta,
    Gandok BMataram….isih gres kinyis2 cling
    Hadir nomer siji nganyari gandok ooooiiiii

    selamat datang, sugeng rawuh sedulur
    Padepokan Gseta sedoyo,

  13. Hadir presensi… arep golek no 1 angel tenan…

  14. absenn

  15. Matur nuwun kitabipun Ki, siap siap antri BdBK 3.

    • yang dah dapet kitabnya jng lupa dikaji yach…! hehehe

  16. cantrik setia…….hadir !
    (maksude setia nggunduh thok, ora nate cawe2 babar blas)

  17. Sugeng dalu, para kadang n sedherek…
    Absen pertamaX wonten gandhok GS versi 2
    Kula badhe ingak-inguk teng wingking rumiyin, njih…😀

  18. Sugeng dalu Ki Ismoyo, nderek antri.

  19. sugeng ndalu ki absen hadir

    lho…, Ki Mukidi napa Ki Absen to njenengan niki.
    hikss….

    • Sing absen hadir tidak boleh ngunduh ….
      Sing hadir … boleh ngunduh …. hiks …

      KI Mukidi nembe gerah tha? Kok Absen!

    • Lha wong sedang memberitahukan kepada Ki Ismoyo bahwa Ki Absen hadir gitu kok.
      Yang memberitahukannya ya Ki Mukidi itulah.
      Jadi disini terdapat 2 (dua) person yaitu Ki Mukidi dan Ki Absen.
      Tapi namanya kok aneh sekali ya, lebih aneh dari nama Ki Mukidi.
      Yah mari kita do’akan agar Ki Mukidi dan Ki Absen rajin hadir.
      Jadi setelah hadirin mengetahui kehadiran kedua person yang baru hadir ini, marilah kita berdoa untuk kesejahteraan kita bersama kehadlirhat Allah swt.

      • ki mukidi kapok ra wani sowan absen maneh..

        kapok dipolosoro poro putut + senopati

  20. Esuk wis ono sing presensi maneh..?

    • Esuk wis ono sing presensi maneh..?

  21. sugeng enjang ki Ismoyo
    sugeng enjang Gseta sedoyo

    Ki Is…..obate diminum dulu, istirahat
    cukup, ra sah mikir liyo-liyane (ckp satu)

    nyuwun sewu…..Bdbk-03 dereng wedar njih,

    • sugeng enjang ki Ismoyo
      sugeng enjang Gseta’ers sedoyo

      Ki Is…..obate diminum dulu, istirahat
      cukup, ra sah mikir liyo-liyane (ckp satu)

      nyuwun sewu…..Bdbk-03 dereng wedar njih,

      • Yen gerah soco meniko, wonten tlatah alas donoloyo gampang obate, tindakan nitih turonggo ngubengi alas sing mung sekepel, ngrungok-e ocehan-e manuk bethet, mirsani godong2 kang ijo royo2 sing ngrembul ono kanan kiring, trus yen radi sayah, thenguk2 ono bok sinambi mangan puli lan tempe, ngenteni mbakayu sing dodol jenang grendhul sing isih kinyis2 yen kulo biasane manthun loro moto-ne, yen Ki Ismoyo kiro2 dangan mboten ngih yen ngangge resep coro alasan

      • panjenenganipun Panembahan Ismoyo, namung cekap mateg aji semar-mesem…

        dijamin, kabeh kecanthol..ora mung sing dodolan jamu,…jamune wae iso katut ngetutke kiaine

      • Kulo nate miring bilih kyai-ne ugi taksih kagungan aji semar-mesem,semar medhem…lha niki blai…iso mendhem terus ra medar-medar, kojur cantrik-e

      • sementara Panembahan Ismoyo belum
        bisa scan rontal….(sensitif sinar)

        sementara scan rontal dipasrahken
        sama Panembahan Ismanto…..sepupu
        muda Kyaine,

      • Sugeng sonten ki Yudha, Ki Pandan.
        kulo ajrih mangke yen Panembahan Ismanto medar, mangke gek ngangge srono ; nopo srananipun ngih? (bocah cilik sing ngregetake punopo prawan sing manis eseme?)

      • sugeng sonten ki Donoloyo,
        kulo milih srini kemawon…..

        srono bagiane ki Pandan sing
        milih,…..

  22. Selamat pagi Ki Ismoyo, selamat pagi para kadang padepokan gagakseta, selamat hari kamis, ayo bahas sesuatu biar rame lagi….

    • pilihan topik hari ini :

      1.kenapa mentrik2 Padepokan jarang mechungul
      2.ramuan jamu “gendong” bagi kesehatan

      • mentrik jarang mechungul puniko, yen krungu rerasining mbakyu jamu.si-mentrik lagi blajar
        nge-ndong.
        ngendong menopo ngih…?

      • ngegendong calon kakange

      • Yen kulo kok seneng sing ngendong…rasane pripun ngih, tranyah2 nyendal pancing.

  23. Kulo nyuwun duko Panembahan…
    mboten kasengojo anyebut Ki Ismoto, maksud kulo Ki Ismoyo.
    Mugi tinebih-no saking duko panjenengan.
    Mugi2 lekas dangan soca-nipun lan monggo dhipun wedar aji jaya kawijayanipun kulo ngenteni aji semar-mesem ipun (niku menurut ki Pandan lho)mboten pareng duko

    • Kyaine……mesam-mesem (gak pa2 ki Dnly)
      saya memang lagi sakit mata, minggu yg
      kemaren terlalu sibuk menyelesaikan tugas
      cangkulan.

      jadi kurang istirahat…..kurang tidur,
      dan rupanya si “mata” protes sama saya.

      nyuwun sewu,Panembahan ra parenk duko njih

  24. Matur Suwun Ki Ismoyo ….
    Kula pamit rumiyen menikmati ‘makan besar’ …

    • ki WID……tumben cantolane gak
      dipasang sekalian…..loepa njih

  25. hadir di pagi menjelang siang yang cerah rada panas (neng Pekanbaru)
    salam kagem sedaya kemawon ingkang sampun hadir.

    • cernas……..cerah panas
      cerdik……..cerah dik (cuuantik)

      • nek mboten cuantik boten cerah njih ki?

      • bener ki…..namanya

        mudik….muuuanis dik (sedep)

  26. 1. hadiiirrr
    2. ngisi presensi
    3. medal saking gandok
    4. nggarap cangkulan..

    sugeng kepanggih mangke jam makan siang…🙂

  27. HadiRR …
    Matur Nuwun ah Ki Ismoyo ….

    • Matur nuwn juga ki Arema …

      • ikut ngisi daftar hadir disiang hari dibelakang ki Zacky … cuaca cerah …
        eh ki Zack nggak sekalian woro2 kalau di bangsal pustaka adbm fb sdh tersedia kitab Kembang Kecubung ext djuv lengkap alais tamat kiriman ki Truno Prenjak … he3 … monggo sami mampir …

      • waduh.. sipp dech…
        matur nuwun ki laz, ki zack dan ki trupen..

        tetep semangat.
        hiks..masio kepalaku muter gara2 cangkulan..

      • Lha mendingan Jeng Nunik, yang muter cuma pikiran. Lha kalo saya muter beneran, jadi pas seminggu lalu bangun pagi, mau duduk, eeeh tempat tidur seperti biduk ditengah samudera, berputar-putar. Kemudian kita terbanting kembali ke tempat tidur disertai dengan gerak putar yang cepat sekali.
        Kemudian perut mual dan yah tahu sendiri, ……… semua isi perut yang sudah bersemayam satu malam keluar lagi. Dan anehnya belum dicernakan. Aneh khan?
        Tapi alhamdulillah sekarang sudah ilang, kata dokter itu cuma kelelahan. Apa iya?

      • waduh.. kacian ki trupod..
        mutere kabeh…

        makanya jangan capek2.. udah sepuh…
        hehehehe…

  28. Durung marem njaluk tulung ning gandok sebelah, tak balenane neng kene:

    Para kadang mudha, mbok tiyang gaptek menika ditulungi! Kados pundi nggih, carane ngowahi extensi file wonten windows 7? Kula menika sok lali, pas ngundhuh kitab, lali ngowahi jenenge dadi .djvu Lhaaa seprana-seprene nggoleki cara ngowahi ekstensi kok ya ora nemu-nemu. Dadi kepeksa dikopi neng flash disk terus diowahi neng kompi lawas sing esih nganggo windows XP. Jan ngisin-isini tenan!
    Kados pundi para kadang? Wonten ingkang saged mbiyantu tiyang bodho menika?

    • ngentosi mechungulipun mentrik simbolik-heprbolik-similikithik…mesthi pirsone…lah wong wasis saestu…nanging kedah ngatos2..priyiyine radhi se*si

      • ..O.. Ki Pls jan sampun cetho tenan nek priyiyinipun jan S**si tenan njihh Ki…

        Wah ..mbok kulo trak melu nginjen sithiiik..

    • Yen kulo kok gampange wae, kulo owahi wonten DOS promt.di ketik ren ?*.* ?*.djvu, beres niku yen ngannge XP lho wonten accessories wonten DOS promt-ya

    • aku wis tuwo……gak termasuk yg disebut ki GW

      seingat saya jalannya lurus, ada pertigaan belok
      kiri sekitar 50 meter….ada bangunan besar ki !!

      depan rumah ada papan nama berbunyi begini :
      “jual kusen dan jendela model terbaru”

      ra parenk nesu ki GW, lha saya sendiri blm pke

      • tak kiro neng “Panti P**** Jari Indah”

      • hahahaha…….siang2 gini khawatir
        ki PP lewat ki,…….. 😀

  29. Ikut absen Ki…..
    Maaf baru bisa sowan sekarang

  30. absen siang…..

    • Ki Mukidi, kitab bdbk3 dereng diwedar toh??

      • kutemukan arti diantara spasi
        yang mengerti isi hati
        bukan sekedar pemenggal
        nyata berisi rontal….

      • mlaku2 tengah alas
        dumadakan ketemu macan
        kian lama makin cemas
        nunggu senopati release wedaran

      • sepertinya belum ki djojosm. apa aku yangg keliru??

  31. Hadir di malam hari…
    Rasanya sudah lama tidak menyapa Poro bebahu…
    Rasanya sudah lama bertegur sapa dengan sanak kadang sedoyo.. karena kesibukan, cuma presensi terus ‘ilang’… Sambil nggondol unduhan…

    Maturnuwun..

    • Ketingalane jan sibuk sanget Ki Anatram…
      Sugeng ndalu !

  32. Catatan minggu ini :
    @Poro Sutresno Ki SHM,
    Ternyata Ki SHM memikirkan pula latar belakang nafas keagamaan di masa pemerintahan Demak, justru berbeda dengan karya2nya yang berlatar belakang setelah Demak, seperti Pajang dan Mataram. Ki SHM di ADBM lebih suka menggunakan sebutan Tuhan Yang Maha Agung ketimbang sebutan Allah SWT
    Ini adalah cuplikan dari Rontal Istana Yang Suram :

    Nyi Upih mengangguk-angguk, iapun mengerti bahwa tidak untuk selamanya kedua orang itu akan tetap berada di istana terpencil itu. Tetapi ia tidak dapat mengatakan apapun juga selain menundukkan kepalanya.
    “Tetapi baiklah kita tidak perlu memikirkannya sekarang Nyai,“ Berkata Raden Ayu Kuda Narpada “Kita pasrahkan saja kepada Allah Subhanallahi Wata”ala”

  33. absen malam ..enyong hadir ki, selamat malam para sedulur

    • Wis diomehi Ki Widura wolak walik, Kang Mukidi konsisten terus ngagem istilah absen untuk ungkapan hadir. Padahal soko bahasa asline, absent kuwe jere artine mangkir/tidak hadir. Dadi ukara pangandikane Kang Mukidi nduwur kiye angger kata absen diganti mangkir, dadi unine kaya kiye :

      “Mangkir wengi ….. enyong hadir ki, selamat malam para sedulur.”

      Monggo Kang Mukidi cobi dipun penggalih, ……. ora pareng duko!

  34. Kulo sowan malih Ki Ismoyo. Namung badhe nuweni,
    BdBK Jilid 3 sampun dipun wedhar menopo dereng.

    • kulo nggih sami ki arga

      • idem ditto..😀

  35. jejer pagi sebelum Ki Pandan Alas…

    • hiks…

      • hikss….

  36. Kangen nggae gunungan…
    Kangen penekan gunungan..
    Kangen nyabuti suket padang karautan..
    Kangen nglangen-ciblon neng bulumbangan..

    • Kangen nggae gunungan…
      Kangen penekan gunungan..
      Kangen nyabuti suket padang karautan..
      Kangen nglangen-ciblon neng bulumbangan..

      copy paste dari gandok atas….hikss
      kenapa “KUTIP” bisa hilang njih…???

      • Gunung menopo to…ki
        Kok ngangeni….?

      • kenapa “KUTIP” bisa hilang njih…???

        nyuwun pirsa Ki Senopati…..he he he.

  37. Hadir,langsung Unduh…
    Matur Suwun…BdBK-3 nipun ki IS….

    • ngunduh nomer 2…..antri disamping ki SAS

      • Aku sing wedar …..
        NGunduh Nomer SIJI …

      • hiksss……absen ngunduh

  38. Panembahan…..resep yg kemaren belum dicoba njih,

    resep tradisional/obat sakit mata (cuplikan dari- buku kuno ki AR***) semoga ada manfaat-nya :

    Mata sakit, berair, dan perih sangat mengganggu, Selain mengganggu kesehatan, juga dapat mengganggu proses scan rontal Pdls maupun rontal Mdbk.

    Caranya pengobatan (resep-1) adalah :
    1. Ambillah beberapa lembar daun sirih, cuci hingga bersih dan re-buslah dengan ditambah sedikit garam dapur sampai mendidih…..(lombok dan trasi jangan
    sampe ikut terebus).
    2. Seteiah itu angkat dari perapian dan tunggulah sampai dingin, ke-mudian saring dengan menggunakan kain yang bersih.
    3. Gunakan air saringan tersebut untuk mencuci mata yang sakit se-tiap hari 3 kali.

    Caranya pengobatan (resep-2) adalah :
    menghilangkan rasa sakit/bengkak sesudah menyapih bayi ( meneteki)…….

    Daun salam segar secukupnya,
    Bakar, tapi jangan sampai jadi abu,
    Taruh di mangkok,
    Beri air putih,
    remas-remas (daun salamnya) jangan yang lain…..
    kompreskan berkali-kali selama masih bengkak atau terasa sakit.

    jika resep ini meragukan bagi kisanak, tolong jangan ditiru ataupun dicoba……khusus aki-aki

    • Remas-remas yang lain…!!???!!
      Emang ada yang laen to ki…hiks

      • wah…ternyata ada bagian yg menarik

        resep 1 : sing ambu trasi ojo direbus
        resep 2 : remas2 juga yg laen…

        iki resep opo tho ki Tmg.

      • resep obat “mata” ki…..(betul ki saya
        gak bohong) hiks2

    • Ki Tmg,

      resep obat sakit mata, kok dicampur obat sakit tetek, takutnya keleeeru.

      • ki Ismoyo……selamat siang,

        yang poin 2 hanya sebagai sarana memper-
        cepat penyembuhan ki…..(orang tua-tua-bilang medeni penyakite)😀

      • nek mung resep meremas-remas…aku tiap siang ngrahabi lho..

        lunch nasi remas

  39. Ooooohhh…..😀

  40. kompreskan berkali-kali selama masih bengkak atau terasa sakit.

    maksudnya yang meng-kompres-ken suaminya ???

    sendika dhawuh ki, …

  41. Ketinggalan nyabuti suket teki maneh….

  42. Matur sembah nuwun Ki Ismoyo.

  43. matur nuwun ki is kitabnya sampun di donlot

    • ikutan download ya….
      caranya gimana nich??

      Ki Jabon,

      klik ke halaman-2…..klik BDBK-03 yang hurufnya warna merah…langsung unduh…..selesai…..monggo.

  44. Selamat pagi para kadang, sampai ngos-ngosan ngejar para kadang dan beruntung masih tidak terlalu jauh. Terimakasih Ki Is, kitab sudah diunduh.

  45. mampir nich KI…

    Monggo Ki Cahsiji,

    cara ngunduh sama seperti uraian pada Ki Jabon…..monggo.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: