AMSKH-4

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 10/08/2010 at 18:18  Comments (76)  

The URI to TrackBack this entry is: https://cersilindonesia.wordpress.com/amskh-4/trackback/

RSS feed for comments on this post.

76 KomentarTinggalkan komentar

  1. Selamat malam Ki/Nyi/Ni Sanak semua…….

    Atas nama pribadi dan seluruh saudara/saudari, Ki/Nyi/Ni Sanak-kadang gagakseta kami memohon maaf kepada seluruh sanak kadang adbm, pdls dan gs, atas kesalahan-kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja pernah kami perbuat.

    Bagi umat yang melaksanakannya “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1431-H”.

    • cantrik hadir no.1

      (idem) sama yang diTULIS Panembahan
      Gagak Seta….!!

      • Hadir nomer loro,

        Menjiplak dengan persis apa yang dingendikakne Ki Panembahan dan yang di(idem)in oleh Ki Menggung.

        • Tak njajal nggonceng ki gembleh, arep mlebu dewe kok dicegat pak satpam! Ngaturaken sugeng ngayahi ibadah sasi ramadan. Mohon ma’af atas segala dosa dan kesalahan.

          • ..mbonceng boleh Ni ?…

            Sugeng siam…..

          • Bulan Puasa …
            Tidak baik … boncengen karo metrik .. Hiks …

            Ora kuat pasa, tha?

          • derek boncengan nggih…๐Ÿ™‚

          • Monggo….

  2. “selamat menjalankan ibadah puasa”

  3. selamat menjalankan ibadah puasa

  4. sama-sama,ki.kita bergembira dengan datangnya bulan suci ini,tapi memang terasa berat rasanya disaat mengahadapi bulan suci ini tanpa kehadiran sanak saudara maupun anak istri apalagi di negeri yang non muslim,dan saya bersyukur kepada ALLAH yang memberi saya kekuatan iman dan ketabahan sehingga saqya bisa bertahan hampir 9 tahun.dan selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1431H bagi saudara saudaraku di padepokan.

    • sama-sama ki,
      Selamat menjalankan Ibadah PUASA buat
      ki Tambak Manyar,….di Negri Sebrang

  5. sugeng dalu ki ISMOYO
    sugeng rawuh kadang GSeta

    “Marhaban Ya Ramadhan”
    Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1413-H

    • hikss,
      tulisanku ning dhuwur kleru temen….he3

      sing bener :
      โ€œMarhaban Ya Ramadhanโ€
      Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1431-H

  6. sugeng ndalu ki Is lan para sedulur, selamat menunaikan ibadah puasa

    • sugeng dalu ki Mukidi,

  7. “Megengan Sambut PUASA”
    di Kampoeng cantrik biasane bawa APEM ning Masjid
    atau Mushola.

    MEGENGAN adalah salah satu tradisi masyarakat Jawa menyambut bulan suci Ramadan.
    Tradisi ini sering pula disebut sebagai ritual mapag atau menjemput tanggal. Maksudnya, menjemput tanggal satu bulan puasa yang dilakukan setelah padusan
    (mandi keramas) sebagai syarat bersuci diri.

    Dalam buku Bauwarna Adat Tata Cara Jawa karangan
    Drs R Harmanto Bratasiswara megengan diartikan sebagai kegiatan puncak persiapan menyongsong hari pertama puasa.

    Ada tiga kegiatan yang biasa dilaksanakan, yaitu mandi keramas yang disebut sebagai padusan, membersihkan tempat hunian dan menata perabot rumah tangga, serta menyediakan sesaji di rumah untuk arwah para leluhur. Di Wonogiri sebagian warga memilih mandi keramas di Sungai Kahyangan Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo yang diyakini sebagai petilasan pertapaan Panembahan Senapati, pendiri Dinasti Mataran Islam.

    Ada juga yang memilih ke Sendang Siwani di Kecamatan Selogiri yang dipercaya sebagai bekas pertapaan Pangeran Sambernyawa pendiri Dinasti Mangkunegaran.

    Ritual megengan lebih mengukuhkan tiga hal. Pertama, sebagai sarana memohonkan maaf atas dosa-dosa arwah para leluhur. Kedua, mengenang dan menghormat leluhur dengan segala kebaikan, keluhuran, dan kebesarannya.

    Ketiga, menyatakan siap menyongsong kedatangan bulan suci Ramadhan. Ritual itu juga disebut sebagai unggah-unggahan karena bernuansa permohonan dan harapan kepada Allah.

    sumber “suara merdeka”
    perekat komunitas bang tengah

    • “APEM”

      Apem tidak bisa lepas dari tradisi “megengan”…, Apem adalah jenis makanan dari tepung beras yang dikukus.

      selamat menCOBA,

      • diCOBA malem ini ki, sesuk PUASA…he3

        • Sudah Ki….memang enak !

          • ki Menggung nyoba “apem”
            yang mana….??

          • apem notosuman…empuk..

          • lho menawi ingkang menika naminipun SrABi Ki Menggung KartoJ, sak ngertos kula ApEm langkung methuthuk tinimbang SrABi.
            rak nggih leres to Ki Menggung YuPram….?

          • mirip !..tapi lebih empuk…

  8. Ngaturaken sugeng ngayahi ibadah sasi ramadan. Sedaya kalepatan mentrik Padmi nyuwun dipun paringi sih pangaksami.

  9. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1431H.
    Mohon maaf lahir dan batin bila ada tulisan saya yang kurang berkenan di hati dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah Nya kepada kita semua, Amiiin.

  10. sugeng enjan,
    sinambi nenggo sahur, sinambi ndedonga, mugi ing sahur ingkang kapisan angsal kintunan lawuh amskh…amin

    :ngarep mode on

    • Sahur…sahuuuuurrr…sahuuuuurrrrrrrr…….

  11. Hadir..
    Meskipun di cover masih ada pukul-pukulan, semoga puasa ini dimulai dengan kedamaian.. Amin…

  12. Nderek nunggu wedaran kitab.
    Senadyan durung biso moco, idep-idep kanggo tandon.
    Sugeng enjang Ki Ismoyo.
    Sugeng saum.

  13. HADIR ki…!!

    • hadir juga walaupun telat. nembe wangsul saking padukuhan wetan mriku, ningali sabin .

      • selamat siang Ni,

        lapor ki ISMOYO :
        bang wetan sisi UTARA cuaca panas,
        di-jalan2 terlihat lancar tak ada
        ANTRI-an panjang.

  14. Ndherek Absen , kulo pun Haryo Mangkubumi ngaturaken sugeng ngibadah SIAM kagem poro kadang ingkag hanglampahi mugi andadosaken ganjaran ingkang makaping-kaping Saking GUSTI jang AMURBENG GESANG dumateng kito sedoyo … Amin

    Nuwun …….

  15. sudah dibuka tah, …
    tak ikut antri di belakang saja.

    • melu ki…

  16. kok sepi

    opo do lemes, tenggleng mergo puasa
    semangat … dunk … SEMANGAT

    ( semangat nunggu rontal : p )

  17. Saat adzan maghrib….untuk bang WETAN
    dan sekitarnya,

    • selamat BERBUKA PUASA…!!

      • Di sebelah gandhok gs, buka puasa jam 18.15 wib…..bentar lagi.

        Selamat berbuka puasa,
        Selamat malem kamis Ki/Nyi/Ni Sanak semua…..

  18. kok sepi ya? pada kewaregen ya? he..he..he…

  19. Di tlatah Lendhut Benter ada seorang tukang pangkas rambut yang biasa mangkal di bawah pohon asem.
    Tukang cukur ini doyan sekali berbicara, semua hal dikritisi dan selalu dimulai dari sudut pandang yang pesimis, karena itu dia dijulluki sebagai Mas Pessy.
    Suatu hari Gembleh mendatangi tempat potong rambut SORSEM untuk minta dicukur oleh Mas Pessy.
    Terjadilah dialog ini :

    MAS PESSY said :
    Wah Ki Gembleh tyumben potong rambut, ada angin baik apa nih ?

    GEMBLEH said :
    yah biar rapi, soalnya saya mau ke nJakarta.

    MAS PESSY said :
    Ke Jakarta…..?
    wah jangan deh, di Jakarta itu banyak copet, udah gitu jalannya pada macet lagi.
    Buang2 waktu aja kalau ke nJakarta, tapi sebenarnya ada perlu apa sih kok kelihatanya mantap sekali mau ke nJakarta…..?

    GEMBLEH said :
    Saya kepengen ketemu dengan Bapak Habibie, beliau kan termasuk salah satu orang Indonesia yang pinter toh….?

    MAS PESSY said :
    Walah, buang2 waktu saja…..! Pak Habibie kan orang sibuk, bisa menunggu berhari=hari untuk bisa ketemu.
    Lha terus sampeyan mau naik apa ke nJakartanya…..?

    GEMBLEH said :
    Yah, biar nyaman saya sudah pesen karcis maskapai Perkutut.

    MAS PESSY said :
    Ya ampun……! kasihan bener sampeyan ini. Perkutut itu waktu terbang gampang jatuh dan pelayananya sangat tidak memuaskan.
    Jangan coba2 deh…..!

    setelah beberapa hari berlalu, Gembleh lewat di dekat tukang cukur Sorsem dan langsung ditanya oleh Mas Pessy.

    MAS PESSY said :
    He….he….he….. piye kabare Ki Gembleh ?
    Jadi pergi ke nJakarta….? Rekasa to…..?

    GEMBLEH said :
    Ya jadilah Mas, ternyata nJakarta itu sangat indah dan jalannya lebar2 serta mulus. Wah lalu lintasnya lancar banget, soalnya saya kan datang di nJakarta pas ada liburan tiga hari.
    Nah sewaktu saya naik Perkutut, kebetulan tempat duduk saya di kelas ekonomi di upgrade ke kelas eksekutip, wuah jan uenak tenan……..!
    Kebetulannya lagi, Bapak Habibie juga pas naik Perkutut juga…! wah saya bisa duduk bersebelahan dengan beliau yang sangat ramah dan kami bisa ngobrol nalor ngidul…..pokoke uenak wis to…!
    Malahan sebelum turun dari Perkutut beliau sempat menjawil saya sambil menanyakan hal yang sangat pribadi.

    MAS PESSY said :
    Pak Habibie menanyai sampeyan…..? soal pribadi…..?
    Wah jan hebat tenan…lalu apa yang beliau tanyakan….?

    GEMBLEH said :
    Wah ya ndak enak kalau saya omongin ke sampeyan to…..! ini kan soal pribadi….!

    MAS PESSY said :
    haiyah…..mBok ndang dicritain to Ki Gembleh….!

    GEMBLEH said :
    Ya wis tak kandani,
    Pak Habibie bilang, sampai jumpa lagi ya, tapi ngomong-omong Ki Gembleh cukur dimana sih, kok potonganya jelek amat….!

    • Satu kalimat untuk mengatakan betapa tidak bonafide nya perusahan-e si tukang cukur.

      Tapi Ki gembleh mengemasnya dengan uraian dialog yang ciamik…..he he he.

    • sebuah pengakuan yang jujur dari ki gembleh, di mana beliau cukur.

    • hikss,

      lokasi mangkal mas PESSy kok sama persis
      seperti yang motong rambutku ki,….he5x

      SORSEM barber….!!

    • wakakakakak………lucu banget ki…sampai ngakak enyong, lai ngebayagin tuh tukang cukur wakaka…..

  20. wal ramadhan (10 hari pertama), Adalah rohmat, Kasih sayang… Yang mana Allah (juga) sengaja gelontorkan racun2 dalam tubuhmu lewat puasamu! Maka jangan heran, Kalau lapar, aus, bahkan lemas dan/ mata berkunang2 terjadi pada 10 hari pertama๐Ÿ™‚

    slmaat pagi smuanya…

  21. b’doa dulu ah

    Menelusuri kembali peta surga yang sempat terlupakan… ^_^

    ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ุตููŠุงู…ูŠ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ุตููŠุงู…ูŽ ุงู„ุตู‘ุงุฆูู…ูŠู†ูŽ ูˆูŽู‚ููŠุงู…ูŠ ููŠูู‡ู ู‚ููŠุงู…ูŽ ุงู„ู‚ุงุฆูู…ูŠู†ูŽ ุŒ ูˆูŽ ู†ูŽุจูู‘ู‡ู’ู†ูŠ ููŠู‡ู ุนูŽู† ู†ูŽูˆู’ู…ูŽุฉูุงู„ุบุงููู„ูŠู†ูŽ ุŒ ูˆูŽู‡ูŽุจู’ ู„ูŠ ุฌูุฑู…ูŠ ููŠู‡ู ูŠุง ุงูู„ู‡ูŽ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†ูŽ ุŒ ูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู‘ูŠ ูŠุง ุนุงูููŠุงู‹ุนูŽู†ู ุงู„ู…ูุฌุฑูู…ูŠู†ูŽ . ูˆ ู‚ูŽุฑูู‘ุจู’ู†ูŠ ููŠู‡ู ุงูู„ู‰ ู…ูŽุฑุถุงุชููƒูŽ ุŒ ุจูุฑูŽุญู…ูŽุชููƒูŽ ูŠุง ุฃุฑุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ุงุญู…ูŠู†ูŽ

    • Yaa Allah, jadikanlah puasaku di bulan ramadan puasa orang-orang yang berpuasa, dan sholatku di dalamnya sholat orang-orang yang sholat, dan cegahlah aku di bulan ramadan itu dari tidurnya orang-orang yang lalai, dan karuniakan kepadaku (ุฌูุฑู…ูŠ) wahai Ilah seluruh alam, dan ampunilah akau wahai pengampun para pendosa, dan dekatkanlah aku di bulan ramadan kepada keridaanMU, wahai penyayang yang paling penyayang.

      btw, dapat doa dari mana ki? Mohon pencerahan, setahu saya ( ุฌูุฑู… ) itu artinya dosa, atau bisa juga badan, atau ukuran. Jadi kalau ูˆูŽู‡ูŽุจู’ ู„ูŠ ุฌูุฑู…ูŠ apa artinya apa?

      • Lho, aku salah ngetik alamat email kok tetep bisa masuk ya?

        • pasti bisa…

          • he3…bisa apa kiMenggung

          • diteruske mengko sore !…xixixi

          • kesuwen,…hehe3 !!

        • Ki ISMOYO ra wani Nyekal Ni KP,
          apalagi megang tangan….he5x

          jeneng PODO avatar bedo titik.

          • Apik sing ndhuwur ya ki?

          • sing ngisor ah !…

          • he3…podo ah !!

          • Tenane ki?

          • He.eh.!

          • dhe-
            rek..

            he-eh

  22. Sugeng enjing Ki Ismoyo,
    sugeng enjing poro kadang sedoyo,
    Kulo sowan ndherek antri rontal.

  23. Sugeng enjing ugi Ki Ismoyo,
    sugeng enjing juga poro kadang sedoyo,
    Kulo also sowan ndherek antri rontal.
    Kulo ngunduh rontal tambien, Ki Ismoyo
    Gracias!

    • Apakah saat ini Selamat Malam Ki Widura
      kira-kira jam berpa dan sudahkan waktunya berbuka puasa…..?

      • Garis internasional yang menjadi batas hari berada tidak jauh di sebelah barat Kepulauan Samoa. Karena itu pada saat di Washington pukul 12 tengah malam dan di Samoa pukul 6 petang hari Minggu, di Jakarta atau di Indonesia bagian barat sudah pukul 12 siang hari Senin di musim dingin, dan pukul 11 di musim panas.

        Ada wilayah dimana berlaku waktu yang sama dengan waktu Mountain Zone Amerika Serikat, dan ada wilayah yang bersamaan dengan waktu Pasifik Amerika Serikat, jadi kalau di L.A. (Los Angeles) dan San Francisco pukul 9 malam, di Washington sudah pukul 12 tengah-malam.

        Kalau begitu selamat berbuka puasa Ki Rangga.

        • Ki Is,
          Kulo nembe nyicipi Pelem Arum Manis ..
          Legi saestu lho ……

          Mie sedap juga terasa sedap sekali …

          Hiks …..
          Disini senang-2 … di sana ngelih …….

        • Wekdal kulo keri 14 jam …. Ki,
          Dadi termasuk orang yang ketinggalan zaman …

  24. HADIR di pagi hari….!!!

    matur nuwun ki ISMOYO, rontal amskh-04
    mpun tergembol.

    • cuaca redup, kondisi gandok AMAN tentram
      antrian ngunduh rontal “tertib”….ra ono
      srobot2-an…..!!

  25. Sugeng enjang Ki Ismoyo.
    Matur nuwun sampun ngunduh. Kangge tandon Insya Allah pun waos bibar Idhul Fitri. He.. he yen kuat poso ora moco lho.

  26. sugeng siang…
    selamat berpuasa hari ke-2…

    • 4,5 jam lagi saat berBUKA….!!

    • Nderek bela sungkowo Jeng Nunik… atas Ayahandanya yang telah berpulang 3 minggu yl….

    • cantrik Turut Berduka dan bela Sungkawa,

      atas meninggalnya Ayahanda Ni Nunik semoga
      mendapat tempat yang baik di sisi ALLAH,

      amin, amin

      • maturnuwun nggih ki..

  27. lumayan, hari kedua ada temannya ngabuburit.
    matur nuwun.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: